Telah Selesai
780 Disukai
17.5k Dibaca

Misteri Bait Astavacas: Petualangan Matematika & Simbol

Penulis : RK Awan
Favorit
QR Code
Bagikan
Blurb
Misteri Bait Astávacas: Petualangan Matematika dan Simbol, adalah sebuah kisah yang menggabungkan unsur fantasi dengan unsur non-fiksi, khususnya dalam bidang matematika, simbol-simbol, dan sejarah.

Kisah di suatu dunia yang mirip dengan dunia kita, namun terdapat beberapa orang yang disebut rasayanas, yang mampu melakukan pugaba -semacam sihir. Tidak seperti kebanyakan di kisah lain untuk bisa mempraktekan pugaba, harus memahami konsep-konsep matematika.

Diceritakan tokoh utama Caturtus, dan temannya Ragunanzu, dua orang rasayanas. Diceritakan bagaimana mereka membuat emblem penghargaan sebagai lulusan terbaik Akademi Rasayana, emblem dari konsep dalil Pythagoras serta dari magic square dan magic circle dalam matematika. Diceritakan bagaimana mereka menghadapi berbagai misi, termasuk melawan musuh misterius yang mengirim tantangan Bait Astávacas. Diceritakan kalung dari spiral matematika yang diberikan tokoh utama kepada gadis tunangannya.

Melalui kisah ini, kita akan menjumpai banyak hal: Sir Isaac Newton dan karya-karyanya seperti buku Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica dan terjemahan teks alkemi "Tabula Smaragdina", teorema Thales, problem dalil Pythagoras, magic square dan magic circle dalam matematika, simbol Batu Filsuf, operasi matriks matematika, simbol Sepow yang merupakan salah satu dari simbol-simbol Adinkra dari Afrika, spiral-spiral matematika, bahasa Arin, Epitaf Kematian matematikawan Diophantus, dan sebagainya.

Novel ini juga telah dilengkapi ilustrasi-ilustrasi pendukung untuk memudahkan pembacaan cerita.
Tokoh Utama
Caturtus Mardikanggakara Askaraskara
Ragunanzu Supena Pawana
Rekomendasi