Novel
Genre → Sejarah Sedang Berlangsung
Juliana & Muhidin
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Novel ini berkisah tentang seorang pemuda desa yang berpenampilan sederhana namun sangat pendiam bernama Muhidin serta gadis pirang bermata coklat bernama Juliana Sylviana Huguenin. Tokoh lainnya di dalam novel ini adalah seorang prajurit Jepang berpangkat Kapten Infantri bernama Ishigiro Yamada.

Muhidin bersama ayahnya awalnya pernah bekerja pada ayah dari Juliana yaitu Tuan Andrian Johanes Huguenin seorang administratuur perkebunan teh berkebangsaan Belanda . Sehari-harinya Muhidin bertugas mengasuh kakaknya Juliana yaitu Peter Nickolaus Huguenin hingga anak-anak Belanda itu menjalin persahabatan yang erat dengan pengasuhnya tersebut. Ketiga insan beda bangsa itu harus terpisahkan pada saat pendudukan Jepang karena keluarga Huguenin ditawan oleh pasukan Dainippon di kamp penyiksaan Jepang yang kejam di bekas Pekebunan Teh dan Kina Ramawatie Sukabumi .

Ketika dalam perjalanan menuju ke Perkebunan Ramawatie, dalam sebuah tragedi jatuhnya pesawat pemburu Jepang yang ditembak jatuh pasukan KNIL, Juliana dan ibunya, Maritje yang terpisah dari Ayah dan Kakaknya berhasil meloloskan diri kedalam hutan hingga mereka akhirnya dapat diselamatkan oleh pasukan Marinir Belanda dan diterbangkan ke negeri kincir angin itu lewat Darwin Australia.

Muhidin pada saat pendudukan Jepang lalu bergabung dalam Pasukan Pembela Tanah Air (PETA) dan menjalin persahabatan dengan Yamada, seorang Kapten Dainippon dari kesatuan infantri yang awalnya sangat bengis dan sempat menjadi musuh sang pemuda pribumi tersebut. Muhidin dan Yamada awalnya sempat bertarung hidup dan mati hingga Muhidin hampir kehilangan nyawanya. Namun seiring dengan waktu, mereka tersadarkan akan arti persahabatan yang sesungguhnya

Ketika berada di Belanda, Juliana mendengar kabar kematian Ayah dan Kakaknya yang tragis dieksekusi oleh Jepang, namun mayat keduanya seolah hilang tak berbekas hingga mengakibatkan Juliana nekad bergabung dengan Polisi Militer Belanda agar ia ditugaskan di Sukabumi dengan tujuan agar bisa mencari dimana ayah dan kakak kandungnya dimakamkan. Pada saat kembali ke Sukabumi tahun 1947, Juliana mendapatkan kenyataan pahit bahwa dia harus berada dalam kubu pasukan Polisi Militer Belanda yang saat itu sedang mencari Muhidin dimana kini sang pemuda pribumi tersebut menjadi pejuang kemerdekaan RI serta menjadi buruan paling dicari karena melakukan perlawanan kepada Belanda dan Sekutu dengan sengit. Gadis pirang bermata coklat itu kini dihadapkan pada pilihan sulit ketika Juliana yang telah berpangkat letnan polisi militer diberikan tugas oleh atasannya untuk memburu pejuang nan tangguh itu dalam keadaan hidup ataupun mati.

Cerita novel ini selain dibumbui oleh kisah romantika kehidupan pada masa kolonial dan pasca kemerdekaan RI dengan latar belakang perkebunan teh yang indah di Sukabumi, juga dibalut oleh sepenggal kisah penuh misteri nan menegangkan yang dilatarbelakangi oleh kisah kekejaman pasukan Dainippon.



Tokoh Utama
Muhidin
Juliana
Kapten Yamada
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
0
Dibaca
77
Tentang Penulis
Rangga Suria Danuningrat
Rangga Suria Danuningrat merupakan penulis kelahiran Sukabumi yang juga penggemar berat novel-novel sejarah dan bergenre perang. kegiatan sehari-harinya berprofesi sebagai pemred di swaratani.com serta ketua komunitas sejarah Soekaboemi History.

Disela-sela senggangnya, Rangga selalu memanfaatkan waktu untuk membuat karya fiksi seperti novel dan cerpen serta buku sejarah. "Soekaboemi (Kenangan dari Masa ke Masa)" adalah karya buku pertamanya yang berhasil naik cetak dan dijual di kalangan terbatas pada komunitas Soekaboemi History. Disusul dengan beberapa cerpen perjuangan dan sejarah serta cerpen-cerpen yang menggambarkan kehidupan masa kolonial.

Selain gemar menulis cerita bergenre perang dan sejarah, Rangga juga hobi nonton film perang dan dokumenter sejarah serta mendengarkan lagu-lagu lawas. Sekarang, Rangga tinggal bersama keluarga kecilnya di Sukabumi dan memilih untuk tinggal di sebuah pegunungan yang jauh dari perkotaan agar bisa terus berkarya dan menulis dalam suasana yang tenang dan damai.
Bergabung sejak 2021-11-21
Telah diikuti oleh 0 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 72,791 kata
Rekomendasi dari Sejarah
Rekomendasi