Novel
Genre → Drama Telah Selesai
LOVE, ANDRA
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp65,000
Premium
Blurb
"Cukup Bandung aja yang dingin, lo nggak usah ikut-ikut." Andra.

Ananda Irene Farasya adalah satu-satunya gadis yang bisa menarik perhatian Andra Dior Saputra. Gadis manis berhati dingin yang berlalu begitu saja tanpa mengucapkan apa pun saat Andra menyelamatkannya dari pengendara motor yang hampir menabraknya di depan sekolah. Satu hal yang Andra tahu, Irene tidak ingin diselamatkan.

Dari pertemuan pertama mereka, Andra mulai mengambil langkah untuk mendekati Irene. Kejutan demi kejutan selalu muncul saat Andra mengenal Irene lebih jauh, dari mulai Preman yang mengejar mereka di jalan Braga, sampai hampir ditangkap hansip karena tertidur sampai pagi di lapangan depan Gedung Sate. Satu hal yang masih Andra cari tahu, mengapa gadis itu bisa hampir menyerah dengan hidupnya?

"Terkadang kamu tidak sadar jika hal terbaik dalam hidupmu berada di sana, tepat di hadapanmu." Irene.

Jika ada hal yang Irene benci, itulah kehidupannya. Keinginannya untuk hidup seakan melebur begitu saja, saat keluarganya di ambang kehancuran. Hanya demi adiknya Sofia, ia bertahan. Di sisi lain, ternyata permasalahan itu berdampak besar pada pendidikannya dan prestasinya di sekolah. Irene harus berjuang mempertahankan Beasiswanya agar tetap bisa bersekolah.

Di tengah keterpurukan dalam hidup Irene. Andra, teman satu sekolahnya, datang. Kehadiran Andra yang awalnya Irene pikir adalah gangguan, ternyata bisa mengubah cara pandangnya tentang kehidupan. Andra yang memberikannya pesan manis lewat acara Radio di tempatnya bekerja berhasil membuat Irene perlahan mendapatkan kembali rasa optimisannya untuk berjuang dan meraih mimpi-mimpinya.
Tokoh Utama
Ananda Irene Farasya
Andra Dior Saputra
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Penulis berhasil membangun karakter-karakter yang kuat dan relatable. Irene adalah karakter yang kompleks dan relatable, dan Andra adalah sosok yang baik hati dan perhatian.
Dua hal yang aku kangen banget pas baca Novel ini... Pertama Bandung, kedua Radio. Tolong dong, kalo ada penyiar kaya Andra aku mau satukkk.
Salah satu Novel yang banyak banget dibaca, gue jadi penasaran. dan ternyata bener, emang bagus. Nuansanya anak muda dan konflik keluarga. Gue suka cerita yang menggambarkan hal-hal yang lokal banget dibandung, macem daerah sampe makanan-makanannya.
Kelebihan Novel ini sebenernya da di latar yah, penggambarannya jelas banget, alur, terus jalan cerita semua nyambung jadi satu. Agak kaget, ternyata penulisnya bukan asli Bandung, harusnya dengan penggambaran sebrilian ini penulis pasti punya kenangan spesial dibandung wahahahaa
Gue tuh udah bayangin, gimana kalo ini difilmin, gimana kalo di bukuin... semua orang harus tau gimana asiknya Andraaa, tulusnya Andra!!!
Sebagus itu sih kakak, aku suka banget semuanya.... Andra, Irene, Sofia, Bayu jugak, paling suka ramakuuu sayang ih.
Andra ini boyfriend material banget dah, tingkahnya, perhatiannya, cemburunya.

gue bisa liat transisi perasaan yang Irene laluin, dari ilfeel, biasa, suka, suka banget, sampe gabisa kalo ga liat Andra aduhhh please dong!
Jangan lupakan hey jude jadi awal pembuka novel ini. Irene punya musisi, makanya cocok sama penyiar seperti Andra
Ini tentang kamu yang jahil, moody, suka ngambek, tapi aku suka. Sayang, kamu cuma masa lalu...
Storylinenya, tokohnya, karakter, penggambaran tempat semuanya bagus kak. Aku suka banget sama Sofia yang bikin cerita ini makin hidup, sama juga kaya Bayu dan Rama yang bikin makin bagus ceritanya. Overall, 5 starts..
Aku bisa bayangin tidur di lapangan gedung sate kaya yang Andra sama Irene lakuin. Ya, sedalem itu cerita ini. Aku kaget juga pas baca, banyak kejutan-kejutan yang biki novelnya tambah asik. semangat terus kak, jangan lupa diterbitkan.
One of the best yang ada di kwikku sih, aku nggak nyangka jga kalau sebagus ini. Niat diterbitin nggak kak? aku mau beli bukunya pasti. Aku baca sampe berkali-kali loh, :') sangking sukaknya sama cerita kaka. Semangat terus yah, aku tunggu cerita yang lain. Patah hati seorang aktivis tolong dilanjutin yah wkwkwkkwk gasabar akutuh.
Gue sampe bingung jabarinnya, yang jelas ini sebagus itu. Ditunggu Andra-Andra yang lain, kalo boleh bagi satu wkwkkw. Gue jarang nemo penulis yang tokoh utamanya rasional banget, gue bisa bayangin Andra emang bener ada didunia nyata, nggak ngadi-ngadi yes.
Permainan katanya bagus bangt, diksi dan narasinya diramu dengan begitu apik. Ditambah, penjabaran latar yang jelas, membuat jiwa dalam cerita ini begitu nyata.
Gue kira Novel ini cukup lengkap yah, konfik keluarga emang selalu jadi masalah berat buat siapapun. Gue suka cara penulis menggambarkan suasana kota Bandung, gue berasa lagi jalan-jalan ke tempat-tempat itu. Lo asli bandung apa begimana? yang jelas gue enjoy sih bacanya.
Saya kira, dua karakter yang kuat bisa saling mendominasi, tapi Novel ini membuktikan jika saya salah. Karakter Andra yang jahil dan selengekan ini punya mental sekuat baja untuk mendekati Irene, dia nggak peduli mau Irene secuek apa pun, dia tetap maju. Di sisi lain, Irene yang tegas, acuh dan sinis ternyata membuat kejutan-kejutan yang bikin Novel ini jadi tidak membosankan. Semangat penulis, karyanya luarbiasa.
Gue nggak tau sih harus komen apa lagi soal Novel ini. Pokonya kalo dicetak, gue pasti beli! Secinta itu gue sama Andra dong. Gak usah jadi anak badung, gak usah jadi anak dingin, cukup lo kasih perhatian lebih ke cewek yang lo suka. Nah ini Andra kudu banget ditiru sama manusia-manusia jaman sekarang yes.
Saya suka banget sih, Novel ini punya nuansa klasik yang cuma anak tahun 90'an yang tahu. Zaman sekarang udah jarang remaja yang gombal lewat Radio kaya Andra ke Irene. Lagi-lagu di soundtracknya Andra juga nggak main-main, bagus semua. Saya langsung cari lagu-lagu yang ada di Novel ini, favorit sih Ada Band yah.
Saya suka banget tokoh Andra di sini. Tokohnya sangat realistis, laki-laki itu memang sudah seharusnya seperti Andra. Irene juga sangat terasa bagaimana putusasanya dia, bikin saya ikut kesal saat membaca mengenai problematika keluarganya.
Gue nggak nyangka sih kalau bakal sedalem ini ceritanya. Manis, tapi menyentuh, bikin gue keinget lagi masa-masa pas masih sekolah dulu di bandung.

Penggambaran lokasi yang tepat banget, asik juga perangaikan katanya. Good job buat penulisnya, kalau dibukukan gue pasti beli sih.
Disukai
3k
Dibaca
135.6k
Tentang Penulis
Embun Pagi Hari
a girl who loves reading lot of books and enjoying a cup of hot chocolate. She thinks writing is more than life itself.
Psychology 🎓Ice Cream Addict 🍦
Flowers lover 🌸
Find me on Instagram - @rumiarsya
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 1,404 pengguna
Sudah memublikasikan 3 karya
Menulis lebih dari 128,923 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi