Ibu

Banyak wilayah di Indonesia, dimana setiap wilayah mempunyai ciri khas masing - masing dan kehidupan yang berbeda. Seperti halnya dengan masa kecil Key dimana keluarganya mempunyai cara mendidik yang keras. Meski tidak semua kehidupan yang keras berdampak negatif terhadap perkembangan psikologi seorang anak. Namun tidak semua anak juga mampu untuk menghadapi cara yang demikian.

Ayah dan Ibu Key hanya ingin anaknya mengerti bahwa Dunia ini kejam, karena kedua orang tua Key telah mengalami kehidupan yang sangat kejam. Namun Dunia dan jenis pergaulan terus bergeser, tidak selalu sama. Hal tersebut tidak bisa dipahami oleh para petani atau kalangan menengah ke bawah.

Key tidak bisa menerima cara didikan keras tersebut, bahkan di usia remaja nya Key malah menjadi nakal dan brutal. Sering bolos sekolah dan bahkan ikut belajar hidup bebas, namun semua itu terhenti karena peran sahabatnya. Selama Key terjerat kehidupan yang keras tersebut key selalu mengecewakan Ibunya, key selalu membuat Ibunya menangis, pendidikan Key juga anjlok. Ibunya kehilangan rasa percaya terhadap Key yang selalu mengecewakan.

Hingga saat Key berhasil melanjutkan pendidikan sebagai mahasiswa, pada saat itulah ia menyadari segalanya, mempelajari psikologi tentang masa kecilnya, mempelajari dirinya sendiri dan Key benar-benar mengerti bahwa Ibunya membutuhkan kebanggan terhadap anaknya. Namun selama ini Key selalu memberikan kekecewaan. Meski perubahan telah dilakukannya sejak duduk di SMA namun perubahan tersebut belum mampu menyembuhkan luka serta membuat Ibunya bahagia.

Key teringat dengan adiknya yang sebentar lagi masuk SMP, saat itulah Key berfikir agar adiknya tidak mengalami Hal serupa seperti yang di alami dirinya. Mungkin hanya melalui Dandi adiknya, ia mampu mengobati kerinduan sang Ibu atas anaknya yang membanggakan.

Key pulang kekampung, berharap bisa melakukan sesuatu dan memiliki arti hidup dalam keluarganya.

"Dik, sekarang sudah kelas 6 semester 2 awal. Bisa tidak mengejar peringkat 1." Key berbicara kepada Dandi.

"Berat kak, sejak kelas satu sampai kelas 6 semester 1 ini, Naila selalu juara satu. Balas Dandi.

Naila anak seorang yang memiliki pola hidup dalam keluarga penuh kasih sayang, dan keadaan ekonomi mereka cukup baik.

" Dik, dengarkan kakak, percayalah kamu pasti bisa, jika usaha dan doamu sudah layak, Tuhan pasti memberikan kelayakan itu untukmu." Key terus berbicara dan berharap adiknya mau belajar lebih extra.

Pada hari pembagian rapot Key berada dibelakang dan melihat Ibunya mendapat penghargaan untuk anaknya Dandi yang mencapai peringkat 1. Key menangis setidaknya meski bukan dirinya, Ibunya telah mendapatkan kebanggaan. Saat Dandi akan menempuh sekolah menengah pertama, Key kembali pulang demi adiknya. Karena Key paham pergaulan di daerah mereka.

"Dandi, kakak berharap agar kau mau belajar dengan baik. Jika ada temanmu yang mengajakmu belajar merokok dan melakukan hal lain yang buruk, jangan mau. Jika mereka memaksa maka lawan mereka, jangan pernah takut, siapapun mereka. Jaga diri baik-baik, dan kakakmu siap berkorban apapun, bahkan kakak rela mempertaruhkan nyawa demi kehidupan mu yang layak. Kita lakukan ini bersama demi Ibu." Key hampir saja menangis.

"Baik kak, Dandi akan berusaha."

"Terimakasih Dandi, janji ya kita harus mempersembahkan sesuatu untuk Ibu."

Dalam hati Key "terimakasih sahabatku Rafnas."

15 disukai 14 komentar 3.5K dilihat
Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Makasih kak, hadir dalam cerita miniku,
kasih ibu sepanjang masa, meskipun terkadang kejam tapi maksudnya baik.
Sama2, semoga berkenan
Terimakasih mas atas masukanya, saya sangat menyadari akan hal tersebut. Kalau ada masukan lainya monggo mas, demi kebaikan saya dalam berkarya.
Pada dasarnya ceritanya bagus. Imbang antara narasi dan dialog. Izin kasih masukan ya, Mas :
Mohon diperhatikan tanda baca dan penggunaan huruf kapital. Meski tidak terlalu mengganggu kenikmatan selama membaca, cuma lebih sempurna kalau hal-hal yang sifatnya teknis juga diperhatikan. Salam literasi.
Kebetulan kehidupan diwilayahku mendukung untuk di ungkap dengan tulisan, sedikit tambahan yang mungkin membuat lebih menarik. Makasih ya Romha..
Wah keren nih, menceritakan sisi kehidupan ya g berbeda
Atau bisa cek status saya, baru saja dibikin, terimakasih.
Atau langsung baca Skenario dengan judul tersebut. Makasih ya, sudah berkunjung..
https://www.kwikku.com/flash/view/176
Saran Flash Fiction