10. Ternyata Dia

FADE IN:

INT. KAMAR RAWAT INAP VIP REYKO — NIGHT

Reyko, Keykan, Gleo, Anya, dan Ust. Kurniawan sudah berkumpu di ruangan, bersiap mengintrogasi Farah yang akan datang bersama Hastu.

KEYKAN
Ust, maaf ya saya minta tolong kehadiran ust lagi di sini. Padahal tadi sore ust baru aja pulang dari sini. Kami perlu ust agar kami jadi tidak salah kaprah memahami 'ain ini. Dan kami tidak ingin punya spekulasi yang semakin liar terhadap satu sama lain.
UST. KURNIAWAN
Tidak apa mbak, in shaa allah selama saya bisa bantu, akan saya bantu. Bagaimana kondisi anak mbak?
KEYKAN
Babysu masih belum sadar ust.
UST. KURNIAWAN
Sudah coba melakukan saran saya tadi sore?

FLASHBACK:

INT. LORONG PICU ROOM — DAY

Mama Keykan dan Lusi membawa sebaskom kecil berisi air bekas wudhu mereka masing-masing. Air tersebut nantinya akan digunakan untuk membasuh babysu yang diduga terkena 'ain.

MAMA KEYKAN
Kamu yakin key cara kayak gini bisa ampuh?
KEYKAN
In shaa allah mah, kalau memang 'ain itu berasal dari mama atau Lusi, kata Ust. Kurniawan in shaa allah akan ada reaksi.
MAMA KEYKAN
Ah aneh aneh aja sih cara pengobatan orang zaman sekarang.
KEYKAN
Ini malah cara pengobatan zaman Rasulullah mah. Kita aja yang baru tahu.

Lusi berjalan di belakang Keykan dan mamanya dengan penuh lirikan benci. Sesekali Keykan melirik balik ke arah Lusi dengan perasaan yang tidak nyaman.

LUSI
Saya sudah lama tahu. Itukan ilmu dasar dalam berkehidupan sosial yang seharusnya dipahami semua orang. Terkhusus orang-orang sosialita seperti ibu.
KEYKAN
Oh, begitu??? Makanya kamu sengaja meneror kami dengan itukan?!
MAMA KEYKAN
Mulai deh. Mama gak ngerti lagi ya. Kenapa sih kalian jadi saling ketus begini?
KEYKAN
Karena belakangan ini dia emang mencurigakan mah. Dia selalu natap aku, Rey, dan babysu dengan nanar yang penuh dengki. Belakangan aku juga sering mimpi buruk. Dan aku yakin itu karena dia terus berada di sekitar aku!

Lusi yang merasa geram dengan tuduhan Keykan pun langsung berjalan mendekati Keykan. Tanpa berkedip dan tanpa ekspresi Lusi memberikan baskom miliknya kepada Keykan.

LUSI
Silahkan pakaikan ke babysu. Toh nyatanya Pak Reyko juga bisa pulih tanpa bekas apapun dari saya. Ternyata bukan hanya pekerjaan anda yang penuh imajinasi. Bahkan kehidupan anda pun sama saja. Pantas tidak punya empati!!

CUT TO:

INT. KAMAR RAWAT INAP VIP REYKO — NIGHT

Keykan selesai menjelaskan kronologi sore tadi kepada Ust. Kurniawan.

KEYKAN
Dan seperti saran ust. Saya lalu membasuh babysu dengan air bekas wudhunya mama dan Lusi secara terpisah. Dijeda antara keduanya sekitar tiga puluh menit. Tapi sama saja. Semuanya tidak menunjukkan reaksi apapun.
UST. KURNIAWAN
Subhanallah. Lalu dimana Mbak Lusi sekarang?
REYKO
Lusi pergi gak tahu kemana ust. Sampai sekarang belum dapat info. Saya sudah hubungi satpam di rumah dan katanya Lusi bahkan belum kembali ke rumah.
ANYA
Yaudahlah ilang juga gak masalah. Toh gak penting juga buat kita gak sih? Yang penting udah dicoba buat ngobatin babysu.
GLEO
Baby, please be nice.
UST. KURNIAWAN
Segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk itu harus diselesaikan dengan yang bersangkutan langsung mbak. Karena Allah akan terus menangguhkan pengampunan dosa itu, sampai yang bersalah berikhtiar untuk menyelesaikan masalahnya. Seperti mrminta maaf dan mengakui kesalahan.

CUT TO:

INT. PICU ROOM — NIGHT

Farah, Hastu, dan Lusi keluar dari mobil setelah mengantar Aqlan dan Zein pulang ke rumah. Hastu yang mengendarai mobil. Mereka lantas bergegas turun dan terlihat Lusi memandu perjalanan menuju ruang PICU tempat babysu tergeletak. Farah membawa sebungkus kurma. Ketiganya lalu berpapasan dengan Mama Keykan di depan PICU Room.

MAMA KEYKAN
Lusi? Kamu kemana aja?! Kenapa bisa sama Farah dan Hastu???

Mama Keykan lantas menyembunyikan tangannya waktu Farah mendekat dan hendak menyalimi. Hastu menguatkan Farah.

FARAH
Tante, boleh saya izin masuk ke dalam? Saya baru dengar dari berita kalau saya penyebab Reyko lumpuh. Jadi, kalau diperbolehkan saya mau coba memberi bekas juga kepada babysu.
LUSI
Atau babysu sudah sembuh dengan salah satu bekas dari kita berdua tadi bu?
MAMA KEYKAN
Belum sih. Yaudah sana coba. Tapi awas ya kalau cucu saya semakin kenapa-napa?!
FARAH
In shaa allah bu.

Lusi, Farah dan Hastu yang sudah sama-sama paham tentang 'ain ini pun bergegas memasuki ruang PICU dengan didampingi seorang suster. Lusi membuka sebungkus kurma yang dibawa Farah, dan memberikan sebiji kurma kepada Farah untuk dikunyahnya sampai halus. Setelah dikunyah sampai halus, Farah mengambil sedikit kunyahan dari mulutnya itu untuk dioleskan ke mulut babysu. Dan tidak selang dua menit setelah itu, babysu langsung terbangun dan menangis. Dokter datang memeriksa, lalu dia kaget mendapati fakta bahwa kondisi babysu baik-baik saja. Suster lalu melepas alat PICU dan Lusi segera menggendong babysu agar berhenti menangis.

CUT TO:

INT. KAMAR RAWAT INAP VIP REYKO — NIGHT

Reyko, Keykan, Anya, Gleo dan Ust. Kurniawan masih terlihat serius berdiskusi tentang 'ain. Tiba-tiba Gleo tersentak mendapati berita korupsi Hastu di beranda sosial medianya.

GLEO
Guys guys guys, setel TV sekarang coba!
ANYA
What's up beb?
GLEO
Hastu ketangkep KPK!
REYKO
Sumpah?

Reyko lalu menjangkau remote TV di dekatnya, dan segera mencari saluran berita. Semua terkejut mendengar isi breaking news itu, kecuali Ust. Kurniawan yang tidak mengenal Hastu.

ANYA
Gila banget ya si Hastu. Pantesan istrinya begitu. Susah emang jadi OKB!
KEYKAN
Nyaa.. pleaselah
ANYA
Sumpah, gue gak nyangka kehidupan mereka sebusuk itu ternyata. Kerudungnya menipu!

CUT TO:

Farah, Hastu, Lusi, Mama Keykan dan Babysu tiba-tiba memasuki ruang rawat inap Reyko.

FARAH
Lu benar Nya. Rumah tangga gue dan mas Hastu emang gak sebaik apa yang kalian pikir. Mungkin karena itu gue gak sengaja iri dan ngirim 'ain ke kalian. Dan gue juga gak bisa salahin kalian yang selalu pamer kebahagiaan ke gue; because i know that i never try to tell you about my real life. So that's why you both will never understand how broken my heart sometimes.
KEYKAN
Farah?
MAMA KEYKAN
Key, babysu...
KEYKAN
Babysuuuu

Keykan berlarian menuju babysu dan mengambilnya dari gedongan Lusi sambil berderai air mata. Reyko ikutan bangkit. Menyusul Keykan dan merangkul Hastu yang terlihat loyo di balik punggung Farah.

REYKO
Masuk bro. I'm sorry to hear that news.
HASTU
Thanks Rey!
GLEO
I'm so shock man. That's true?
HASTU
Yeah, it's totally my fault.

Berbeda dengan suasana para perempuan yang canggung. Para laki-laki justru lebih terlihat hangat dan bersolidaritas. Keykan yang merasa empati dengan Farah pun langsung menarik tangannya untuk duduk di ranjang pasien bersama Keykan dan babysu. Sementara Anya dan Ust. Kurniawan duduk di kursi samping ranjang. Adapun Reyko, Gleo, Hastu, Lusi, dan Mama Keykan duduk di sofa yang juga tidak jauh dari ranjang pasien.

FARAH
Nya, Key, gue minta maaf banget kalau ternyata selama ini gue yang udah bikin kalian merasa diteror semistis itu. Sumpah gue gak ada niat jelek apapun ke kalian. Dan tadi gue sengaja matiin HP karena ada hal-hal yang emang mendesak dan gak bisa gue jelasin ke kalian.
ANYA
Kenapa gak bisa? Ceritain aja kali kalau emang lu bukan bermaksud kabur dari tanggung jawab lu tadi.
FARAH
Sorry Nya, ada beberapa prinsip yang mungkin berbeda di antara kita. Tapi bagi gue menjaga kehormatan suami dan menyembunyikan masalah keluarga itu bagian dari komitmen.
ANYA
Terus, lu merasa 'oke' gitu kalau kita justru tahu semua kebusukan suami dan keluarga lu dari berita-berita mainstream itu? Lu anggap kita bestie atau netizen sih?
KEYKAN
Nya, please...
FARAH
Sorry Nya... Oh iya, Ust. Kurniawan... Apakah mungkin kalau Zein juga kena 'ain? Anak bungsu saya mengalami celebral palsy sejak lahir. Apakah dia bisa pulih kalau saya memberinya bekas saya?
UST. KURNIAWAN
Apakah hasil labnya bisa dijelaskan secara medis?
FARAH
Bisa ust.
UST. KURNIAWAN
Apakah Zein menerima asi langsung dari mbak?
FARAH
Iya ust.
UST. KURNIAWAN
Berarti in shaa allah itu bukan 'ain mbak. Karena umumnya dampak 'ain tidak bisa dijelaskan secara medis. Lagipula asi yang selalu Zein dapat dari mbak pun in shaa allah sudah cukup sebagai perantara penyembuhan 'ain jika memang Zein terkena 'ain dari mbak.
FARAH
Lalu kenapa Zein bisa seperti itu ya ust?
UST. KURNIAWAN
Sejatinya setiap manusia akan mengalami ujian dan peringatan. Ujian itu diberi untuk menguatkan iman seorang makhluk kepada Allah. Sementara peringatan adalah cara Allah untuk mengembalikan iman seorang hamba yang mulai melenceng dari Allah. Dan dua-duanya in shaa allah baik selama dengan ujian atau peringatan itu orang tersebut semakin bersusah-payah memperbaiki kualitas imannya. Mbak Farah dan suami bisa bermuhasabah berdua atas apa-apa saja yang sedang kalian hadapi saat ini. Bertaubat dan berkomitmen untuk saling membersamai di dalam kebaikan. In shaa allah nanti pasti ada jalan.
FARAH
Jazakallahu khairon ust. Hastu memang sudah mengakui keharaman harta yang mengalir dalam darah saya dan anak-anak selama setahun terakhir ini. Mungkin itu juga yang mengurangi keberkahan kehamilan Zein dalam kandungan saya. Hingga akhirnya Allah menghukum kami dengan celebral palsy ini. Rumah tangga kami juga carut-marut pasca mas Hastu korupsi. Tapi kami malah tetap bermewah-mewahan di atas harta haram itu. Jadi wajar kalau sekarang Allah menghukum kami dengan hujatan dari para netizen.
UST. KURNIAWAN
Hukuman itu hanya berlaku bagi mereka yang sudah tertimpa peringatan namun tidak juga melakukan perbaikan. Sedangkan apa yang dilakukan mbak dan suami setelah menyadari semua kekeliruan itu in shaa allah sudah terhitung sebagai 'ikhtiar perbaikan'. Fokus saja dengan itu dan selalu berprasangka baik terhadap takdir Allah mbak.

Farah dan Hastu menangis mendengarkan nasihat dari Ust. Kurniawan. Gleo dan Reyko merangkul Hastu. Sementara Farah hanya dirangkul Keykan. Anya masih terlihat gengsi.

FARAH
Btw Nya, apa yang bisa gue bantu buat ngilangin efek 'ain yang lu dapet dari gue?
ANYA
Hah? Em... I... itu..
KEYKAN
Oh iya ya, lu gimana Nya? Eh, O demam lu masih tinggi gak? Terakhir lu batal flight juga karena tiba-tiba demam tinggi tanpa sebabkan?
GLEO
Iya waktu itu. Tapi begitu pulang langsung oke sih. Ini gue malah baru balik ke Indo.
REYKO
Aneh... Berarti bukan karena Farah ya?
HASTU
Sembuhnya kenapa?
GLEO
Nothing special sih. Just kissing.
REYKO
Astaga bukan itu juga kali pointnnya.
HASTU
Hahaha, gak sopan lu, ada ust dan mama Keykan!
GLEO
Lha? serius. Habis itu demam gue hilang.

Anya sudah mulai sadar bahwa sebenarnya dialah yang menjadi sebab 'ain atas dirinya sendiri dan Gleo. Tapi Anya terlalu malu untuk mengakui kesalahannya. Terlebih dia sudah terlanjur menyalahi Farah sedemikian parah. Jadi, sebisa mungkin Anya berusaha mengalihkan tuduhan ke arahnya.

ANYA
M..m..mungkin netizen! B..bisakan ust?
UST. KURNIAWAN
Bisa jadi mbak. Seperti yang pernah saya bahas sore tadi. Public figur berpotensi kuat untuk mendapat 'ain dari followersnya. Sebab itu tadi saya sudah menyarankan agar mbak-mbak bisa lebih bijak untuk memposting sesuatu di sosial media agar sesuai dengan kebutuhan saja.
GLEO
Kalau dari netizen gitu, gimana nyembuhinnya Ust? Kan random banget pelakunya. Gak mungkin juga bisa kita mintain bekas mereka satu-satu. Apalagi kalau followersnya ribuan.
UST. KURNIAWAN
Betul, oleh karena itulah efek 'ain yang dirasakan pun umumnya lebih awet, atau lama untuk sembuh. Tapi in shaa allah tetap bisa kita ikhtiarkan dengan membentengi diri. Seperti dengan menjaga sholat, menjaga wudhu, membaca al-qur'an, membaca a-ma'tsurat, atau minimal membaca dzikir.
GLEO
Itu bisa langsung sembuh ust?
UST. KURNIAWAN
Wallahu'alam mas. Beda kadar 'ain yang dirasakan, maka akan beda juga efek pemulihan yang dirasa dengan ikhtiar-ikhtiar tersebut. Ada yang bisa langsung merasa lebih baik, tapi ada yang baru sebatas merasa 'ada beban yang berkurang'. Yang penting tetap diikhtiarkan untuk dilakukan setiap hari. Mendekatkan diri dengan Allah adalah benteng terbaik untuk mencari perlindungan dari gangguan jin sekuat apapun. Dengan mendekatkan diri kepada Allah, kita juga bisa meminimalisir dampak 'ain yang kita kirim terhadap diri sendiri.

FLASHBACK:

  1. Keykan teringat tulisan 'AL-MA'TSURAT' di layar ponsel Farah waktu malam-malam ketiganya terjebak di dalam mobil mama keykan, saat hendak membawa Anya ke rumah sakit.
  2. Keykan teringat waktu ia melihat Anya memuji-muji kecantikannya di sosmed sesaat sebelum gelas yang dipegangnya pecah.
  3. Keykan teringat waktu Gleo cerita bahwa ia sembuh dari serangan mistis di rumahnya setelah minum air bekas Anya di kamar mereka.
  4. Keykan kembali mengulang ingatannya waktu barusan Gleo bilang 'hilang setelah kissing'.

CUT TO:

INT. KAMAR RAWAT INAP VIP REYKO — NIGHT

Keykan belum cukup yakin dengan dugaannya. Tapi dengan polos, ia tetap mengungkapkan dugaan itu di depan semua orang.

KEYKAN
Nya... sorry to say.. Apa lu gak merasa kalau selama ini justru lu yang udah ngirim ''ain buat diri lu dan suami lu sendiri?
ANYA
Hah? S... serius lu m...mikir gitu? G..gue malah gak kepikiran lho!
KEYKAN
O... waktu serangan mistis pasca dinner. Lu mendadak sembuh setelah dikasih minum dari gelas bekas Anyakan?
GLEO
Iya...
KEYKAN
Apa yang dilakukan Anya sesaat sebelum lu sesak napas? sebelum sertifkat bisnis Anya yang terpajang di dinding rumah pada berjatuhan? sebelum Anya tiba-tiba nangis histeris tanpa sebab?

Gleo lalu mengingat moment itu. Malam dimana mereka pulang dinner dan Anya live IG sambil membanggakan suami dan kehidupannya. Reyko yang juga pernah mendengar cerita itu lalu kaget.

REYKO
Shit!! Bener juga O!
ANYA
T...tapi
KEYKAN
Nya nya nya.. inget gak yang malam-malam kita kejebat di mobil nyokap gue? Lu tahu kenapa tiba-tiba lu bisa berhenti histeris?
ANYA
........
KEYKAN
Farah muter al-ma'tsurat Nya!! Gue baca judul video yang dia puter di HPnya sebelum Farah keluar dan cari bantuan! Inget tadi kata Ust. Kurniawan apa? Al-ma'tsurat itu bagus untuk menjaga diri dari gangguan jin.
UST. KURNIAWAN
Betul, memang alangkah baiknya jika al-ma'tsurat atau dzikir pagi sore ini benar-benar diamalkan setiap hari, dengan dibaca di waktu pagi dan sore.
KEYKAN
Tuhkan!!! Coba-coba lu inget lagi Nya.. waktu gelas yang lu pegang di cafe itu pecah, lu juga lagi live sambil muji-muji diri lu sendirikan?! Terus tadi Gleo bilang malam itu demamnya ilang setelah kalian kissing!!
GLEO
Benar juga, di malam sebelum gue flight Anya emang sempat ngetag gue di postingan IGnya.
KEYKAN
Dan captionnya muji-muji lu?
GLEO
Yeah... as usual.. Damn.. That's really?!

CUT TO:

EXT. TAMAN RUMAH SAKIT — NIGHT

Anya yang mulai merasa terpojok dengan fakta-fakta itupun akhirnya berlari ke luar ruangan. Disusul Gleo. Keykan, Reyko, Farah, dan Hastu mengekor agak sedikit jauh di belakang Gleo.

GLEO
What's wrong baby?
ANYA
I'm just shame! Sebenarnya dari sore tadi aku udah mulai merasa kalau emang aku yang bikin kita berdua kena 'ain. But i'm so chicken to admit it! Aku malu karena udah terlanjur nuduh Farah dan bikin dia dibully netizen separah itu.
GLEO
Just say sorry to your bestfriend beb. Farah pasti maafin kamu. Lagipula 'Ain inikan hal yang baru bagi kita semua. So let's make this a lesson for all of us to be better.

Farah dan yang lainnya lalu mendekat dan ikut menenangkan Anya yang terlihat frustasi.

FARAH
Setuju. Gue gak marah kok Nya. Seperti yang udah gue bilang tadi, gue ngerti kalau akhirnya kalian semua salah paham sama gue, karena emang gue yang selalu tertutup dari kalian. Lagipula sekarang alhamdulillah semuanya sudah pulihkan? Jadi gak ada alasan lagi buat kita berantem.
KEYKAN
Iya Nya. Stop overthinking. Dunia gak harus seideal yang bayangin. Dalam sebuah persahabatan ada banyak kesepakatan gak tertulis yang bakal kita alami. Termaksud memahami dan memaafkan satu sama lain.

Anya menangis dan berlari kecil ke arah Keykan dan Farah untuk saling berpelukan.

ANYA
Gak ngerti lagi kenapa gue harus punya bestie senaif kalian berdua. So sorry for my bad side. I've regreted for all of this. Especially sama lu rah...
KEYKAN
Aduduuu, udah ah dramanya. Guekan lagi gak kerja. Relax dong gurls!
FARAH
Hahaha iya ah udah udah, ganti topik yang lucu-lucu aja. Kita gak cocok banget nangis-nangisan kayak gini.
KEYKAN
Ditampar netizen kayak apa rasanya rah?
FARAH
Wkwkwk awkward banget sumpah! Pengen marah tapi gak kenal. Pengen staycool tapi perih juga di pipi.
ANYA & KEYKAN
Hahahaha
ANYA
I'm so sorry rah
FARAH
It's okay, yang penting dapet asuransi perawatankan dari klinik lu?
ANYA & KEYKAN
Hahahaha bisaaa!

BLANK:

Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar