Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Peneliti Temukan Hiu Hampir Dimusnahkan Sekitar 19 Juta Tahun Lalu!

Peneliti Temukan Hiu Hampir Dimusnahkan Sekitar 19 Juta Tahun Lalu

INDOZONE.ID - Lebih dari 19 juta tahun yang lalu, lautan terbuka di dunia benar-benar punah dengan hiu, kira-kira 10x lebih banyak dari hari ini. Kemudian, tiba-tiba, predator laut besar ini hampir semuanya menghilang. 

Peristiwa kepunahan massal yang menghancurkan dan misterius ini baru saja ditemukan baru-baru ini lewat serangkaian penyelidikan yang tidak disengaja,dan dari bukti yang dimiliki sejauh ini, masih belum jelas apa yang menyebabkan kepunahan begitu banyak spesies secara tiba-tiba.

"Saya mempelajari mikrofosil gigi ikan dan sisik hiu di sedimen laut dalam, dan kami memutuskan untuk menghasilkan catatan kelimpahan ikan dan hiu selama 85 juta tahun, hanya untuk mengetahui seperti apa variabilitas normal populasi itu. dalam jangka panjang," ungkap paleoceanographer Elizabeth Sibert dari Yale University. 

Ketika tim bandingkan rasio dentikel hiu purba dengan gigi ikan lain yang terkubur hingga 5.700 meter di dasar laut, mereka melihat perubahan yang jelas dalam kehidupan laut yang terjadi sekitar 19 juta tahun lalu. Sebelumnya, sampel sedimen mempunyai banyak dentikel dan gigi, yang secara alami jatuh dari tubuh ikan dan mendarat di dasar laut. 

Pada Miosen awal, antara 16 dan 20 juta tahun yang lalu, sedimen laut terbuka berubah dari menyimpan satu fosil hiu per lima fosil ikan menjadi satu fosil hiu per 100 fosil ikan. Penurunan teduga dalam kelimpahan hiu ini dua kali lebih besar dari yang ditemukan pada peristiwa kepunahan Cretaceous-Paleogene. 

Setelah transformasi mendadak ini, yang mungkin terjadi dalam waktu kurang dari 100.000 tahun, keragaman hidu di lautan Bumi tidak pernah sama. Sementara itu, banyak spesies hiu laut yang terbuka menghilang selama peristiwa kepunahan ini, hiu pantai sedikit lebih beruntung. Garis keturunan hari ini sebagian besar berasal dari mereka yang selamat.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar