Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Gatal-gatal pada Testis? Kenali Beberapa Penyebabnya

Gatal-gatal pada Testis Kenali Beberapa Penyebabnya

INDOZONE.ID - Para pria tentu sering merasakan gatal-gatal pada daerah alat reproduksinya. Bahkan hal tersebut lumrah terjadi. Namun, jika gatal yang diderita tak kunjung reda atau bahkan makin menjadi-jadi, hal ini perlu dicurigai.

Baca Juga: Apakah Aman Menelan Sperma Saat Berhubungan Badan Bersama Pasangan Sah?

Dilansir dari The Sun, ada sejumlah alasan yang hadi penyebab gatal-gatal pada testis. Berikut penjelasannya:

1.  Jock itch

Penyakit yang disebut sebagai tinea cruris ini merupakan infeksi jamur yang sering terjadi di area tubuh yang lembap dan hangat, seperti di lipatan kulit.

Umumnya jamur ini tumbuh pada kulit bagian paha dalam, sekitar kelamin, dan bokong. Infeksi ini dapat menyebabkan testis gatal.

2. Intertrigo

Intertrigo merupakan ruam yang umumnya berkembang di lipatan kulit. Gejalanya berupa ruam berwarna merah atau cokelat, gatal, mengeluarkan cairan, dan kulit berkerak.

Selain itu, kondisi ini juga dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Penyakit ini paling sering terjadi di antara jari kaki dan jari tangan, ketiak, paha bagian dalam, selangkangan dan skrotum, lipatan leher dan bokong.

3. Dermatitis kontak

Jika testis mulai gatal setelah menggunakan detergen atau sabun baru, mungkin dermatitik kontak penyebab gatalnya.

Dermatitis kontak adalah jenis eksim yang dipicu oleh kontak dengan zat tertentu. Ini menyebabkan kulit menjadi merah, melepuh, kering, dan pecah-pecah.

Reaksi ini biasanya terjadi dalam beberapa jam atau hari setelah terpapar iritan atau alergen.

4. Herpes

Herpes masuk dalam kategori infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Gejalanya yang muncul adalah lepuh gatal menyakitkan di alat kelamin dan area sekitarnya, termasuk testis.

Ini adalah kondisi kronis, dan virus tetap ada di tubuh selama sisa hidup penderita. Virusnya pun dapat aktif kembali. HSV menular dan dapat ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom.

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar