Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Takut Kolesterol Naik saat Makan Seafood? Yuk Ikuti Tips Sehat Ini

Takut Kolesterol Naik saat Makan Seafood Yuk Ikuti Tips Sehat Ini

INDOZONE.ID - Buat kamu yang memiliki kolestrol, seafood adalah salah satu makanan yang dihindari. Padahal makanan laut ini mengandung nutrisi, omega-3 dan protein yang sebenarnya baik untuk kesehatan.

Pengidap kolesterol menghindari mengonsumsi seafood karena makanan laut ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Nah buat kamu yang memiliki kolesterol tinggi tapi mau makan seafood, masih bisa menikmatinya kok. Gimana caranya?

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (10/8/2020), berikut tips sehat makan seafood tanpa takut kolesterol naik. Simak ulasannya ya.

1. Memasak dengan Cara yang Tepat

Takut Kolesterol Naik saat Makan Seafood? Yuk Ikuti Tips Sehat IniIlustrasi memasak seafood. (freepik/bearfotos)


Biar kolesterol nggak naik saat makan seafood, kamu perlu memerhatikan cara memasaknya. Cara paling aman untuk memasak seafood adalah dengan dipanggang, rebus, kukus atau tumis menggunakan minyak zaitun atau canola.

2. Tambahkan Perasan Jeruk Lemon

Takut Kolesterol Naik saat Makan Seafood? Yuk Ikuti Tips Sehat IniIlustrasi menambahkan perasan lemon. (freepik/dashu83)


Selain mengurangi rasa amis pada seafood, menambahkan perasan jeruk lemon juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat lho. Hal ini karena, jeruk lemon mengandung vitamin C dan flavonoid yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Konsumsi dengan Makanan Berserat

Takut Kolesterol Naik saat Makan Seafood? Yuk Ikuti Tips Sehat IniIlustrasi konsumsi seafood dengan makanan berserat. (freepik/jcomp)


Saat makan seafood jangan lupa untuk menikmatinya bersama makanan berserat seperti sayuran, kacang polong, buncis, tahu, dan tempe. Hal ini karena makanan berserat mampu menyeimbangkan kadar kolesterol dari seafood dan juga bisa menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu.

4. Tambahkan Banyak Rempah

Takut Kolesterol Naik saat Makan Seafood? Yuk Ikuti Tips Sehat IniIlustrasi memasak seafood dengan banyak rempah. (freepik/valeria_aksakova)


Saat memasak seafood, tambahkan banyak rempah, salah satunya bawang putih. Selain menggugah selera, dilansir dalam laman Web MD, bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 mg/dL.

5. Batasi Porsinya

Takut Kolesterol Naik saat Makan Seafood? Yuk Ikuti Tips Sehat IniIlustrasi makan seafood. (freepik/vershinin89)


Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Karena itu, jika hendak makan seafood batasi porsinya. Kalau kolestrol kamu cukup tinggi, menurut American Heart Association sebaiknya asupan kolesterol per hari tidak lebih dari 300 mg. Jika kamu mengonsumsi lebih dari yang dianjurkan, kolesterol jahat akan menumpuk di pembuluh darah dan berisiko mengalami penyakit jantung dan stroke.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar