Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Benarkah Daun Sirih Bisa Digunakan untuk Mencegah Virus Corona?

Benarkah Daun Sirih Bisa Digunakan untuk Mencegah Virus Corona

INDOZONE.ID - Sejak kemunculannya pada Desember 2019 lalu, virus corona masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang hingga detik ini.

Bagaimana tidak, virus ini telah menelan ribuan korban jiwa dari seluruh penjuru dunia. Di AS misalnya, per Sabtu (28/3/2020), tercatat ada sebanyak 104.205 orang yang terinfeksi corona. Sedangkan jumlah kematian di AS karena corona mencapai 1.701 orang.

Semakin bertambahnya jumlah korban akibat virus corona ini, tentu saja menimbulkan ketakutan dalam diri banyak orang.

Berbagai cara pun dilakukan agar tubuh terhindar dari wabah penyakit ini. Mulai dari menerapkan social distancing, sering mencuci tangan hingga mengonsumi makanan atau obat herbal yang bisa menangkal virus corona.

daun sirihIsi pesan WA yang menyebut bahwa daun sirih bisa sembuhkan corona. (ANTARA)

Baru-baru ini, beredar sebuah pesan di aplikasi chatting WhatsApp yang menyebutkan bahwa mengunyah daun sirih bisa menangkal virus corona.

Informasi tersebut diklaim berasal dari seorang dokter di Singapura. Dalam pesan itu disebutkan, bahwa dokter tersebut menyarankan untuk mengunyah daun sirih setidaknya satu kali sehari di pagi hari.

Daun sirih dinilai mengandung antiseptik yang bisa menangkal paparan virus corona. Kandungan itu juga diketahui dapat membersihkan tenggorokan, yang menjadi tempat pertama virus corona.

Tapi, benarkah daun sirih bisa digunakan untuk menangkal virus corona?

daun sirihIlustrasi daun sirih. (Amazon.in0

Terkait dengan informasi ini, Ketua Himpunan  Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prof. Dr. Arif Sumantri mengatakan, daun sirih memang mempunyai fungsi sebagai antiseptik alami untuk membunuh mikrobakteri jahat, termasuk juga virus penyebab corona.

Meskipun begitu, penggunaan daun sirih untuk antiseptik pencuci tangan harus memperhatikan ukuran, dosis dan konsentrasi secara tepat, agar tak mengalami resistensi.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengunyah daun sirih bisa mencegah virus penyebab corona.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar