Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Deretan Manfaat Curcumin yang Dianggap Bisa Cegah Virus Corona

Deretan Manfaat Curcumin yang Dianggap Bisa Cegah Virus Corona

INDOZONE.ID - Sebelumnya banyak beredar berita di media sosial terkait virus corona yang bisa dicegah dengan mengonsumsi curcumin.

Diketahui, curcumin merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada jahe, kunyit, sereh dan temulawak. Sebagai zat aktif, curcumin merupakan antioksidan yang kuat.

Berikut Indozone lansir dari berbagai sumber, Selasa (3/3/2020), deretan manfaat curcumin yang dianggap bisa mencegah virus corona.

Ilustrasi wanita tengah sakitIlustrasi wanita tengah sakit (freepik)

1. Menurunkan Peradangan

Curcumin merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang poten. Selain itu, curcumin dapat menurunkan kadar beberapa enzim dalam tubuh yang menyebabkan inflamasi.

Ilustrasi wanita yang mengalami sakit perutIlustrasi wanita yang mengalami sakit perut (freepik)

2. Mengobati Nyeri Lambung

Dalam penelitian dari Jurnal Pharmacognosy Reviews menyebutkan, curcumin mampu mengobati peradangan dan meningkatkan produksi lendir dinding lambung. Selain itu, curcumin juga bisa mengendalikan produksi asam lambung berlebih.

Ilustrasi curcumin yang dicampur dengan tehIlustrasi curcumin yang dicampur dengan teh (freepik)

3. Meningkatkan Kapasitas Antioksidan

Manfaat curcumin selanjutnya untuk kesehatan yakni dapat meningkatkan kadar hormon brain-derived neurotrophic factor (BDNF) dalam otak. Biasanya orang yang kekurangan BDNF akan mengalami depresi atau penyakit Alzheimer.

Curcumin efektif menunda atau bahkan meniadakan penurunan fungsi otak dan penyakit otak yang berkaitan dengan usia.

Penyintas kankerPenyintas kanker (freepik)

4. Menyembuhkan Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan, curcumin mampu memengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran kanker pada tingkat molekuler. Selain itu, curcumin juga dapat mematikan sel kanker, mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor) dan metastasis (penyebaran kanker).

Ilustrasi orang mengalami sembelitIlustrasi orang mengalami sembelit (freepik)

5. Cegah Peradangan Usus Besar

Manfaat curcumin selanjutnya untuk kesehatan yakni mampu mencegah peradangan usus besar. Curcumin memiliki efek antioksidan dan antiradang yang mampu melancarkan kerja otot dalam pencernaan. Selain itu curcumin juga mampu menyeimbangkan cairan tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar