Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Alasan Mengapa 'Negeri di Atas Awan' Mantar di Sumbawa Jadi Favorit

Alasan Mengapa amp039Negeri di Atas Awanamp039 Mantar di Sumbawa Jadi Favorit

INDOZONE.ID - Sumbawa Barat di Nusa Tenggara Barat memiliki destinasi 'negeri di atas awan' Mantar yang kian digandrungi wisatawan. Tentunya ada alasan mengapa destinasi wisata Mantar kerap didatangi wisatawan.

Mengutip Antara, Rabu (26/2), kepala desa Mantar, Asmono memaparkan segala keindahan alam dan daya tarik yang membuat Mantar begitu disenangi. Apalagi kata dia, Mantar merupakan salah satu spot wisata terbaik yang dimiliki Sumbawa Barat.

"Mantar ini adalah desa budaya dan pariwisata, pastinya memilki spot pariwisata yang membuat orang tidak mau pulang jika berada di sini," kata Asmono.

Salah satu lokasi di Mantar pernah jadi lokasi syuting film

Adalah film Serdadu Kumbang garapan sutradara Ari Sihasale menjadikan Mantar sebagai lokasi syuting para aktor. Hal itu wajar saja, sebab Mantar yang berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut itu memiliki pemandangan yang cantik dari segala sisi. 

mantarInstagram/anakgunungindonesia

Negeri Atas Awan yang Menawan

Posisinya yang berada di ketinggian membuat Mentara mendapat julukan sebagai Negeri di Atas Awan. Dari Mantar, wisatawan bisa melihat Pulau Lombok dengan Puncak Gunung Rinjani di kejauhan serta hemparan lembah hijau di kaki bukit yang menakjubkan. Belum lagi pulau-pulau kecil di sekitarnya yang bertebaran terhubung dengan lautan. Seperti Pulau Kenawa, Pulau Mendaki, Pulau Paserang, Pulau Belang, Pulau Ular, Pulau Nako dan Pulau Kalong.

Terdapat spot paralayang yang menantang

Di Mantar, terdapat spot landasan paralayang yang menantang. Bahkan, landasan di Mantar ini disebut-sebut sebagai salah satu spot parayalang terbaik di dunia. Itulah mengapa di tahun 2017 diadakan ajang Mantar Paragliding XC Open yang ketiga pada 18-24 Juli 2017, mempertemukan atlet lokal dan mancanegara perwakilan Asia hingga Eropa.

mantarInstagram/ahmed.kidding

Fasilitas penunjang wisatawan yang terus dikembangkan

Potensi Mantar sebagai destinasi wisata disadari oleh banyak pihak, termasuk pemerintah. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan, maka fasilitas juga dikembangkan. Akses jalan terus mengalami perbaikan. 

Tertarik berkunjung ke Mantar? Begini cara menuju lokasi

Jika berangkat dari Jakarta, kamu bisa ke Pulau Lombok terlebih dahulu dengan pesawat terbang. Setelah itu langsung menuju Pelabuhan Kayangan, dan menyebarangi laut sampai ke Poto Tano. Jika terlalu lelah, kamu bisa istirahat di tempat menginap seperti Grand Royal Hotel, Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari sini, Mantar bisa ditempuh dalam waktu 34 menit.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar