Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

#KAMUHARUSTAU Ini Beda Kista dan Tumor, Jadi Jangan Sampai Salah

KAMUHARUSTAU Ini Beda Kista dan Tumor Jadi Jangan Sampai Salah

INDOZONE.ID - Sekilas kista dan tumor memang hampir sama, bahkan sulit untuk orang awam membedakan kista dan tumor, apalagi keduanya sering ditemukan di tempat yang sama.

Tapi tentu saja kista dan tumor dapat dibedakan. Kalau menurut laman Healthline, kista merupakan kantung kecil berisi udara atau cairan, sementara tumor mengacu pada area jaringan ekstra yang tidak biasa.

Untuk kista sendiri selalu bersifat jinak, sedangkan tumor bisa jinak atau ganas. Tumor jinak umumnya terletak di satu tempat, sedangkan tumor ganas akan tumbuh dan menyebabkan tumor baru yang akan berkembang di bagian lain.

Ads in here

Ukuran tumor dapat menjadi cukup besar dan ini tergantung di mana benjolan terletak, dan tumor akan memberikan tekanan pada jaringan sekitar.

Tumor jinak bentuknya hanya disatu tempat saja, dia tidak akan menyebar. Sedangkan tumor ganas berpotensi menjadi kanker, karena dapat menyebar ke jaringan terdekat.

Nah, sedangkan kista ketika dilihat dengan mata telanjang maupun dalam gambar diagnostik, hampir selalu jinak. Saat komponen padat, itu bisa jadi tumor jinak atau ganas.

Untuk mengetahui benjolan yang tumbuh itu tumor atau kista kamu dapat melakukan biopsi. Biopsi ialah pembedahan untuk mengambil contoh jaringan dari benjolan, disini dokter  akan memeriksa jaringan tersebut di bawah mikroskop untuk mengetahui apakah itu kista, tumor, atau kanker.

Kista dan tumor jinak sendiri tidak memerlukan perawatan khusus, jika mengganggu dokter dapat mengeluarkan cairan yang ada di dalamnya, hanya saja kista dapat tumbuh kembali.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar