J_astor Menulis artikel
@jastor

Ini Dia Sisi Positif Kehadiran Internet dan Kemajuan Teknologi

Ini Dia Sisi Positif Kehadiran Internet dan Kemajuan Teknologi
Teknologi dan internet, hadirnya memang banyak membawa dampak bagi kehidupan manusia. Tidak hanya dampak buruknya, ada banyak hal positif akan kehadirannya bagi kehidupan manusia.
Cocok buatmu

Dengan menggunakan smartphone, masyarakat dunia menjadi terbantu pekerjaannya. Kehadiran teknologi, ditemukannya internet dan gadget sedikit banyak berpengaruh terhadap kehidupan nyata manusia. Di sisi lain akan sangat menguntungkan dan membantu dan disisi lain membawa bencana, terutama yang kebablasan memanfaatkannya.

Dibanding membahas dampak buruk yang kebanyakan diakibatkan oleh kontrol diri yang rendah dalam penggunaannya. Mari kita lihat beberapa manfaat besar adanya kemajuan teknologi khususnya internet bagi kehidupan manusia :

1. Meluasnya pasar usaha menengah dan mikro

Kwikku, Meluasnya pasar usaha menengah dan mikro
Sumber: nusabali.com

Berkat adanya internet, pengusaha-pengusaha kecil yang tadinya tidak dapat menjangkau pasar luas karena biaya iklan media yang mahal tidak lagi merasa kesulitan. Hadirnya internet mampu memangkas biaya iklan yang terlalu mahal, lewat media sosial dan platform marketplace yang mudah dijangkau banyak orang, produk-produk rumahan bahkan dapat menguasai pasar dalam waktu yang singkat. Tanpa iklan di televisi atau media besar lainnya.

2. Membantu meringankan tugas kantor

Kwikku, Membantu meringankan tugas kantor
Sumber: blog.docoblast.com

Hadirnya email, juga membawa dampak yang bagus bagi pekerjaan-pekerjaan administratif. Mengirim dokumen tidak harus melalui pos dalam bentuk hardcopy. Hanya butuh koneksi internet dan gedget, email pun bisa jadi sarana pengirimannya.

3. Menepis jarak

Kwikku, Menepis jarak
Sumber: livesize.com

Jarak yang secara riil menjadi kendala bagi orang untuk bisa berkomunikasi dulu, kini bisa ditepis. Hadirnya fasilitas video call di beberapa aplikasi canggih smartphone bisa menjawabnya. Dua orang dengan jarak berjauhan bisa berbincang secara real time tanpa harus bertemu langsung.

4. Memudahkan berbelanja

Kwikku, Memudahkan berbelanja

Tidak perlu repot mengeluarkan biaya transport saat membeli peralatan rumah tangga misalnya. Secara online, barang pesanan kamu bakal sampai di rumah tanpa harus berdesak-desakan dan antre di kasir dengan pembeli lainnya. Ibu-ibu yang juga wanita karier psati terbantu dengan fitur ini.

5. Dapat memperoleh informasi secara cepat dan murah

Kwikku, Dapat memperoleh informasi secara cepat dan murah
Sumber: elearningindustry.com

Jika dahulu untuk bisa memasak atau merias harus kursus berbulan-bulan, maka internet juga mampu memberi solusi. Sekarang ini banyak unggahan-unggahan tutorial mengenai berbagai macam hal yang kamu butuhkan. Semua itu dapat dengan mudah diakses oleh kita. Jika seseorang mampu bijak memanfaatkan kehadirannya, bukan tidak mungkin orang tersebut akan menjadi ahli tanpa budget berlebih. Pun demikian dengan informasi dan berita yang dibutuhkan.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar