Larangan Cara Penggunaan Sumpit di Negara Asalnya Mau Tahu?

Larangan Cara Penggunaan Sumpit di Negara Asalnya Mau Tahu  - J astor larangan,cara,penggunaan,sumpit,negara,asalnya,tahu

Sumpit merupakan salah satu peralatan makan yang banyak digunakan di negara asia seperti China, Jepang, Korea, Vietnam, Thailand, Hongkong. Dibanding sendok dan garpu, mereka lebih senang menggunakan sumpit. Biasanya alat makan yg berupa batang stik lurus ini terbuat dari kayu, bambu, plastik bahkan besi.

Sumpit di China


Larangan Cara Penggunaan Sumpit di Negara Asalnya Mau Tahu  - J astor larangan,cara,penggunaan,sumpit,negara,asalnya,tahu

Alat makan yang sudah ada di China sejak 3000 sampai 5000 tahun lalu ini digunakan dalam acara makan karena menghindari perkakas yang tajam. Karena makan bersama adalah media yang dapat memepererat tali persaudaraan.

Dalam masa kekaisaran, sumpit dari bahan perak juga digunakan oleh para petinggi dan keluarga kerajaan. Bukan tanpa alasan, sumpit perak juga digunakan untuk mendeteksi sebuah makanan apakah ia mengandung racun atau tidak. Karena sumpit tersebut akan berubah warna ketika menyentuh racun.

Yang dilarang dalam penggunaan sumpit makan


Larangan Cara Penggunaan Sumpit di Negara Asalnya Mau Tahu  - J astor larangan,cara,penggunaan,sumpit,negara,asalnya,tahuChina sebagai negara asal punya larangan cara penggunannya, begitupun di Jepang dan Korea sebagai negara salah satu yang menggunakan sumpit juga mempunyai aturan tak tertulis penggunaannya yang serupa. Apa saja itu?

  1. Menuding dengan sumpit saat makan bersama juga tidak diperkenankan dilakukan, karena fungsi utama sumpit diciptakan adalah untuk memindahkan makanan.
  2.  Menjilat sumpit, juga bukan hal baik yang dapat dilakukan ketika kalian makan di negara tersebut, itu bukan tindakan yang sopan.
  3. Menusuk makanan dengan sumpit, Sashi bashi adalah istilahnya dalam bahasa Jepang. Hal tersebut dianggap menjadi sebuah yang tabu, dan tidak sopan. Seperti saat pemujaan roh dalam adat persembayangan, akan dianggap menghina.
  4. Oper makanan dengan sumpit, seperti estafet makanan dengan sumpit. Hashi watashi tidak boleh dilakukan saat berada di meja makan, karena hal tersebut sama dengan cara mengambil tulang jenazah yang telah di kremasi. Selain itu, memindahnya dengan sumpit yang telah digunakan juga dianggap tidak lagi higienis.
  5. Membuat sumpit untuk menabuh barang-barang di meja makan. Menciptakan bunyi-bunyian dengan sumpit dengan menabuhnya juga tidak baik. Karena penggunaannya hanya untuk memindah makanan.
  6. Menaruh sumpit diatas mangkok makanan. Meletakkan sumpit diatas piring/mangkuk makan saat makanan belum habis (Watashi-bashi) juga tidak boleh dilakukan saat makan bersama. Kalian harus meletakkannya di tatakan sumpit yang sudah di siapkan khusus. Jika ini dilakukan, maka akan dianggap telah selesai makan. Apabila makanan itu masih tersisa, kalian dianggap telah menghina, karena makanannya dikira tidak enak. JadI adat ini ditujukan untuk menghargai makanan dan yang menyajikannya.

Sebagai negara yang bukan menjadikan sumpit menjadi suatu budaya, Kalian harus tau dong penggunaannya. Jadi, saat berkunjung dan liburan ke negara-negara sumpit tidak akan dianggap tidak sopan.

idntimes.com, hipwee.com, tokopedia.com
Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
4 bulan 6 hari lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Film Tema Perjuangan Kemerdekaan Nih, Sudah Pernan Nonton Belum?
Nokia Jualan Sepatu, Inilah 10 Masa Lalu Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia
Tidak Mudah Jatuh Cinta? Inilah Para Zodiak yang Sulit Membuka Hati
Ini Dia Top Artis yang Jadi Desainer Kece
Flawless: Potret Caitlin Halderman yang Selalu Memabukan
Ladies: Inilah Daya Pikat Lipstik Sesuai Warnanya. Kamu Wajib Tahu
Kisah Mantan Anak Punk Dengan Tato di Wajah, Hijrah Karena Sering Nonton Film Religi. Begini Potret Cantiknya!
Cinta dan Kepiluan: Potret Sendu Maudy Koesnaedi di Film Ave Maryam
Cantik-Cantik Unik Ala Suku Etnik,
Menakjubkan, Ini Dia Fungsi Air Mata
5 Film Barat yang Menunjukan Sulitnya Menjadi Orang Tua
5 Fakta Lindo Wing of St Mary's Hospital Yang Jadi Langganan Keluarga Kerajaan Britania Raya