J_astor Menulis artikel
@jastor

Negara Terkaya di Dunia? Manakah Itu?

Negara Terkaya di Dunia Manakah Itu
Percaya nggak sih kalian, bahwa Indonesia adalah negeri terkaya di dunia? Semua kekayaan alam ada di tanah yang merdeka tahun 1945 ini. lalu, bagaimana kita memanfaatkannya?
Cocok buatmu

Sebagai sebuah negara yang menjadi tempat tinggal kita ini, sepertinya kita harus mengenal lebih jauh potensi dan kekayaan yang kita miliki. Sehingga dapat membuka mata untuk kita bersama-sama meningkatkannya menjadi potensi positif yang dapat membawa manfaat untuk bersama. Jika dilihat dari potensi Alam, bisa dibilang Indonesia adalah juara dunia. Hal ini didukung oleh kestrategisan wilayahnya yang terdapat di garis katulistiwa bumi. Mau tahu apa saja harta melimpah Indonesia?


1. Negara maritim dengan laut terluas

Kwikku, Negara maritim dengan laut terluas
Sumber: merahputih.com

Sebagai negara maritim Indonesia memang terkenal dengan wilayah laut yang begitu luas. Negara Indonesia memang mempunyai lautan paling luas didunia. Tahu berapa luasnya? Mencapai 93 ribu kilometer persegi dengan panjang panatai berkisar 81 kilometer persegi (mencapai 25% panjang pantai di bumi. Wow fantastis bukan?

2. Pulau terbanyak

Kwikku, Pulau terbanyak
Sumber: idntimes.com

Masih berbicara soal negara kepulauan/maritim. Indonesia juga memiliki pulau terbanyak didunia. Jumlahnya mencapai 17.504 dataran. Diantara jumlahnya ada 6.000 pulau tidak ada penghuninya. 9.634 pulau juga belum mempunyai nama. Saling banyaknya ya. Gimana nih menurut kalian, jumlah yang banyak juga ya. Sepertinya butuh setahun lebih untuk bisa berkunjung ke semua pulaunya ya.

3. Kaya Fauna

Kwikku, Kaya Fauna
Sumber: faunadanflora.com

Ada 17% jenis hewan di dunia ini hidup di Indonesia, jumlahnya mencapai 300.000 jenis satwa liar. Ada 150 spesies hiu di lautan negara dengan julukan ‘zamrud katulistiwa' ini, jumlahnya terbanyak seluruh dari dunia, sejumlah 45% jenis ikan dunia juga ada di sini. Tak hanya itu ada juga 1.539 jenis burung hidup disini. Kurang kaya apa lagi coba?


4. Beragam terumbu karangnya

Kwikku, Beragam terumbu karangnya
Sumber: antaranews.com

CORAL REEF, atau terumbu karang menjadi salah satu kekayaan alam juga bagi Indonesia. 18% jenis karang ada di Sabang sampai Merauke. Nggak heran sih ya, kondisi alam indonesia yang sebagian besarnya adalah laut. Jadi jika banyak terumbu yang menghuni lautannya sebegitu banyaknya menjadi wajar. PRnya adalah bagaimana kita bisa menjaganya untuk tetap bisa lestari.


5. Hasil perkebunan yang melimpah

Kwikku, Hasil perkebunan yang melimpah
Sumber: inspirasimakassar.com

Di bidang perkebunan pun Indonesia cukup bisa dibilang unggul. Negara dengan mata uang rupiah ini menempati urutan ke 1 pengekspor produk cengkeh, dan minyak sawit mentah dunia. Kurang kaya apa lagi coba? Bangga juga kan dengan Indonesia? Tapi, sepertinya kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia masih saja jadi hal yang harus menjadi perhatian karena diantara kekayaan yang sebegitu besarnya negara ini masih saja banyak terdapat ketimpangan.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar