J_astor Menulis artikel
@jastor

Wonder Womannya Indonesia, Perlu Dikenang!

Wonder Womannya Indonesia Perlu Dikenang
Pahlawan-pahlawan wanita dari Indonesia tak kalah hebat dari superhero dunia. yesss, betul ternyata tak hanya Amerika saja yang punya superhero wanita, Indonesia juga punya heee. Tak bisa dipandang sebelah mata, para wanta ini punya Andil besar dalam perebutan kemerdekaan Indonesia.
Cocok buatmu

Perjuangan melawan penjajah tidak hanya dilakukan oleh mereka para pria. Ternyata banyak juga para pahlawan wanita yang memiliki andil besar dalam perang melawan penjajah di masa kolonial. Beberapa diantaranya harus gugur di medan perang perlawanan ini. Para wanita tangguh di bawah ini termasuk diantaranya :

1. Cut Nyak Dien

Kwikku, Cut Nyak Dien
Sumber: lagoonavenuedharmahusada.com

Pahlawan ini berjuang melawan penjajah setelah kehilangan suaminya (Teuku Cek Ibrahim Lamnga) yang gugur dalam pertempuran. Kehilangan ini membuatnya marah dan ingin menghancurkan Belanda. Kemudian ia menikah dengan Teuku Umar, dan diizinkan ikut berperang melawan penjajah. Perjuangannya dan suami beserta pasukan lain mampu menekan Belanda bahkan membuat mereka beberapa kali mengganti jenderal.

2. Laksamana Malahayati

Kwikku, Laksamana Malahayati
Sumber: msn.com

Seorang wanita asal Aceh ini tak perlu diragukan lagi soal kegigihannya melawan penjajah. Beliau bahkan pernah menjadi panglima perang yag memimpin pasukan janda prajurit Aceh. Ia dan pasukannya bertugas menjaga pelabuhan dagang di Aceh. Ia juga pandai bernegosiasi, terbukti dalam perundingan damai mewakili kesultanan Aceh dengan Belanda ia mampu menghasilkan kesepakatan damai yaitu melepaskan Frederick de Houtman dengan syarat mereka membayar ganti rugi pada kesultanan disana.

3. Dewi Sartika

Kwikku, Dewi Sartika
Sumber: romadecade.com

Dewi sartika mendirikan sekolah yang disebut dengan sekolah istri untuk para perempuan pada tahun 1904 yang merupakan sekolah pertama se-Hindia Belanda. Ia dibantu oleh saudara-saudaranya dalam menjalankan sekolah ini. Ia mampu membuktikan bahwa perempuan sama hebatnya dengan laki-laki dan bisa melakukan perjuangan dengan caranya sendiri.

4. HR. Rasuna Sa

Kwikku, HR Rasuna Sa
Sumber: tribunnews.com

Seorang orator yang lahir di Sumatera Barat ini berjuang melalui beberapa organisasi diantaranya adalah persatuan muslim Indonesia dan Sarekat Rakyat. Ia bahkan pernah ditangkap dan dipenjara di Kota Semarang oleh pemerintah Belanda karena seringnya mengecam kekejaman serta ketidakadilan kolonial penjajah.

5. Nyi Ageng Serang

Kwikku, Nyi Ageng Serang
Sumber: en.wikipedia.org

Perempuan bernama asli RA Kustiyah Wulaningsih Retno Edi ini pernah ikut memimpin pasukan dalam menahan pasukan Belanda yang masuk ke Serang. Ia juga ikut dalam pasukan perang Diponegoro. Selain itu, ia juga diangkat menjadi penasihatpasukan ini.

Hebat bukan pahlawan-pahlawan ini, giliran kita nih yang melanjutkan perjuangan mereka. eits, bukan dengan perang ya tapi dengan prestasi.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar (2)