J_astor Menulis artikel
@jastor

Narkoba? JANGAN MAU KENAL!!!

Narkoba JANGAN MAU KENAL
Kasus penyalahgunaan narkoba kayanya bukan suatu kasus baru lagi ya guys. Beberapa publik figur bahkan perkah tersangkut kasus semacam ini. Mungkin awalnya karena coba-coba, salah pergaulan, kemudian ketagihan, sampai ada juga yang ke taraf kecanduan. Tapi mending jauh-jauh deh dari barang haram yang bisa menyebabkan penurunan kesadaran.

Narkoba (narkotika, psikotropika dan bahan berbahaya lainnya) adalah suatu bahan alam atau non alami yang bersifat adiktif atau candu. Siapapun yang menggunakannya akan mengalami efek ketergantungan. Maka dari itu, jangan pernah coba-coba karena sekali terjerat akan sulit dan memerlukan waktu yang lama untuk dapat lepas dari jerat narkoba ini. Jenis obat-obatan terlarang ini banyak jenisnya dan golongannya.

Peredaran narkoba sendiri harus ada dalam pengawasan. Tidak semua orang dapat menggunakannya secara sembarangan. Bahkan ahli medis pun harus punya ijin untuk menggunakannya dalam hal pengobatan. Mereka yang menyalahgunakan akan mendapat sanksi dari pihak berwajib. Peraturan mengenai Narkoba bahkan diatur dalam UU No. 35 Tahun 2009.

Mengapa penggunaan narkoba sangat dilaranga? narkoba mempunyai dampak yang sangat buruk untuk kesehatan. Ini dia beberapa efek negatif yang ditimbulkan :

1. Dapat menyebabkan perubahan sel saraf pada otak

Kwikku, Dapat menyebabkan perubahan sel saraf pada otak
Sumber: sains.kompas.com

Mengkonsumsi nakoba mempunyai dampak pada perubahan sel-sel saraf. Sehingga di tingkat lanjut akan mengganggu komunikasi antar sel saraf yang kemudian menyebabkan sistem kerjanya menjadi tidak stabil. Apabila penggunaannya dihentikan secara tiba-tiba maka akan timbul perasaan sakit, gelisah dan sebagainya. Pemulihannyapun membutuhkan waktu yang lama.

2. Dehidrasi

Kwikku, Dehidrasi
Sumber: joSs.co.id

Beberapa jenis narkoba menyebabkan dehidrasi dan tubuh akan kelihangan keseimbangan elektrolitnya. Efeknya kemudian tubuh dapat mengalami kejang-kejang, sakit di bagian dada, pusing, bahkan kematian.

3. Kecemasan

Kwikku, Kecemasan
Sumber: alodokter.com

Tekanan darah menjdai tidak stabil, jantung berdebar dan kecemasan berlebih. Hal ini berdampak buruk pada tubuh karena penggunanya jadi sulit tidur atau mengalami insomnia.

4. Halusinasi

Kwikku, Halusinasi
Sumber: blog.oxford.co.za

Mengalami halusinasi, bingung, disorientasi/linglung, sulit konsentrasi bahkan paranoid. Sehingga mereka tidak mampu membedakan antara realita dan yang hanya khayalan mereka. Efek lebih jauhnya bahkan sampai pada gangguan mental.

5. Penurunan fungsi organ tubuh dan penurunan sistem kekebalan tubuh

Kwikku, Penurunan fungsi organ tubuh dan penurunan sistem kekebalan tubuh
Sumber: suara.com

Penggunaan narkoba akan mengganggu sel saraf sehingga sistem kerja tubuh menjadi tidak seimbang. Pemakaian jangka yang lama akibat kecanduan juga berdampak buruk pada gangguan fungsi organ tubuh seperti hati, ginjal, pernafasan. Lambat laun sistem imun tubuhpun ikut menurun, sehingga mudah terserang penyakit.

Efek yang timbul pada setiap pengguna memang tidak dapat disamakan. Hal ini tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, berapa dosis dan jangka penggunaan serta ukuran atau bobot tubuh. Namun, seberapa banyak narkoba yang dikonsumsi tetaplah dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar