Wangi dan Indah, 9 Bunga Ini Bisa Dikonsumsi Lho! Mau Coba?

Wangi dan Indah  9 Bunga Ini Bisa Dikonsumsi Lho  Mau Coba  - Indahhikma jika,biasanya,bunga,dijadikan,sebagai,pengharum,pemanis,ruangan,hingga,taman,tapi,justru,jenis,bisa,dikonsumsi,cobain
Jika biasanya bunga dijadikan sebagai pengharum dan pemanis ruangan hingga taman, tapi justru jenis ini bisa dikonsumsi, lho. Yuk, cobain!

Adanya bunga di bumi ini dapat mempercantik taman, ruangan hingga jalan. Warna yang beraneka ragam dan wanginya yang merebak seolah menjadi pelipur lara tersendiri. Penelitian juga membuktikan bila aroma wangi dari floral dapat menenangkan pikiran hingga stres.

Namun kamu kebayang tidak jika bunga dijadikan sebagai santapan? Yang ada rasanya pahit dan ada pula yang justru beracun. Namun ternyata ada lho jenis bunga di dunia ini yang justru bisa dimakan. Padahal jika dilihat sekilas sama halnya dengan floral lainnya yang cantik dan berwarna.

Dari tekstur, rasa dan aromanya yang unik, ragam jenis bunga tersebut sudah lama digunakan sebagia bahan kreatif dan inovatif di dunia kuliner. Mereka juga sudah lama digunakan sebagai bahan campuran dalam teh atau dikeringkan untuk ramuan obat tradisional. Menariknya, beberapa restoran menggunakan bunga sebagai pemanis untuk salad dan es krim.

By the way, jenis bunga apa saja sih yang punya rasa enak dan bisa dikonsumsi?

1. Calendula/Marigold

Marigold adalah salah satu edible flowers yang sering digunakan untuk campuran salad. Ia memiliki rasa tajam, sedikit pedas dan agak pahit. Kelopak bunganya yang berwarna kuning cerah bisa menggunggah selera makan. Jenis bunga ini biasanya ditaburkan pada sup, pasta dan nasi.

2. Carnation

Di Indonesia, carnation disebut juga dengan anyelir. Ia merupakan jenis edible flower yang digunakan untuk membuat wine, permen dan hiasan kue. Aromanya yang manis seperti cengkeh, membuatnya digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan Chartreuse, minuman khas Perancis sejak abad ke-17.

3. Crysanthemum atau Krisan

Selain sebagai bunga hias karena warnanya yang beraneka ragam mulai dari kuning, ungu, putih dan oranye, krisan juga bisa dimakan. Rasanya mirip dengan kembang kol namun terasa agak pahit. Bunga ini biasanya ditambahkan pada kentang tumis oriental dan salad.

4. Zucchini

Zucchini memiliki warna kuning dan disebut juga dengan timun Jepang. Ia memiliki rasa manis dengan tekstur lembut dan ditambahkan pada makanan berbahan dasar keju.

5. Nasturtium

Nasturtium memiliki bentuk yang kecil dan cantik. Warnanya juga beraneka ragam. Bunga jenis ini memiliki rasa agak pedas dan manis seperti selada air. Tidak hanya sebagai garnish, ia juga sering dicampurkan pada salad, sandwich dan makanan pembuka lainnya.

6. Pansy

Kalau kamu sudak dengan rasa yang dingin dan seperti meledak-ledak di mulut, maka bunga Pansy lah yang cocok untuk tambahan makananmu. Jenis edible flower ini memiliki rasa mint dan sedikit grassy. Biasanya digunakan untuk campuran salad, buah, sup dan makanan pencuci mulut lainnya.


7. Bunga Mawar

Pasti kamu sudah tak asing lagi dong dengan jenis bunga satu ini? Mawar paling banyak diburu oleh para lelaki untuk diberikan pada sang kekasih di Hari Valentine. Di samping itu, Rosa gallica officinalis juga bisa dikonsumsi. Aromanya yang kuat memberikan sensasi rasa stroberi hingga apel hijau pada minuman. Bisa juga lho dibuat pelengkap dari sup dan salad.

8. Bunga Matahari

Biji bunga matahari sudah banyak ditemukan di supermarket. Namun tahukan kamu bila bunganya sendiri bisa dikonsumsi? Hellanthus annus ini memiliki rasa seperti artichoke jika dikukus. Mau coba?

9. Lavender

Harum lavender yang lembut kerap kali digunakan sebagai aroma terapi. Selain itu, ia juga bisa digunakan sebagai hiasan makanan hingga bahan pembuatan es krim dan minuman segara seperti koktail. Rasa manisnya memberikan sensasi seperti jeruk nipis dan lemon.

Kwikkers tertarik tidak nih memakan bunga di atas? (ind)


Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 4 bulan lalu
1
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Tragisnya 5 Artis Ini Alami Kekerasan dalam Pacaran
Dari Bekas Pabrik Semen Kosong, Arsitek Ini Ubah Bangunan Jadi Hunian Layaknya Hotel Bintang 5
Cinta Bersemi dari FTV, Hubungan 5 Pasang Artis Ini Lanjut Ke Pernikahan
Pants Longgar Tak Selamanya Kuno, Para Hijabers Buktikan Gaya Tetap Fashionable!
Tak Disangka, 7 Resto McDonald Ini Nggak Umum Banget!
Susah Bobo ? Ini Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Cepat Mengantuk
Nggak Selamanya Mobil Kotor Itu Dekil, Seniman Ini Sulap Jadi Karya Artistik
Sulap Botol Plastik Jadi Barang-barang Cantik Yuk!
Mau Negosiasi? Ingat 4 Peraturan Ini Gaes!
Malu Dong Ah, Sama 5 Pengusaha Cilik Ini?
Fakta Menarik, Deretan Prestasi Hingga Tauladan Dari Walikota Surabaya Ibu Tri Rismaharini
Layak Dilirik, 12 Desain Ini Keren Banget!