Tutup Usia, Stephen Hawking Tinggalkan 7 Penemuan Besar Untuk Alam Semesta

Tutup Usia  Stephen Hawking Tinggalkan 7 Penemuan Besar Untuk Alam Semesta - Indahhikma stephen,hawking,tinggal,penemuan,penting,untuk,alam,semesta
Stephen Hawking tinggal 7 penemuan penting untuk alam semesta!

Kematian Stephen Hawking menggemparkan dunia. Fisikawan yang mengembangkan teori tentang alam semesta ini wafat di usianya yang ke 76 tahun. Selama hidupnya, ia harus berjuang melawan penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Dokter memvonis dirinya di usia 21 tahun, namun semangat hidup dan keinginannya untuk terus melakukan penelitian membuatnya bertahan hingga tahun 2018.

Hawking dikenal sebagai ilmuwan yang memiliki ide brilian. Ragam teori fisika mulai dari terbentuknya alam semesta, kuantum hingga Black Hole. Di samping itu masih ada 7 penemuan besar lain yang ia lakoni sebelum tutup usia. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Mengerjakan penelitian singularitas bersama Roger Penrose

Singularitas gravitasional adalah titik satu dimensi yang mengandung massa tak terbatas di dalam ruang yang ukuran kecilnya tak terbatas. Penelitiannya kali ini berkolaborasi dengan Roger Penrose, dimana mereka berusaha membuktikan eksistensi singularitas dan menyatakan bahwa alam semesta kemungkinan dimulai dari sebuah singularitas. 

2. Menjadi bagian dari tim yang menemukan 4 hukum mekanika black hole.

Pada tahun 1971, essaynya yang berjudul Black Holes memenangkan Gravity Research Foundation Award yang prestisius. Melalui teori tresebut, ia bersama timnya mengenalkan hukum-hukum mekanika yang menjadi karakteristik dari lubang hitam dan beranalogi dengan teori termodinamika.

3. Teori black hole yang mengemisi Radiasi Hawking

Ilmuwan lain memperkirakan bila tidak ada satu benda pun yang bisa keluar selamat dari black hole. Namun pada tahun 1974, Hawking menunjukkan bahwa lubang hitam mengeluarkan radiasi yang akan terus berlanjut hingga energinya habis dan menguap. Presdiksi kontroversial ini diberi nama Hawking Radiation yang kemudian menjadi dobrakan penting dalam teori fisika.

4. Berkontribusi pada teori inflasi kosmik

Stephen Hawking juga ikut andil dalam penrhitungan fluktuasi kuantum yang terbentuk selama inflasi kosmik. Ia menunjukkan bagaimana fenomena tersebut bisa meningkatkan penyebaran galaksi di alam semesta.

5. Hawking dan James Hartle menyebutkan bahwa alam semesta tidak memiliki titik muasal

Dua ilmuwan tersebut menemukan bahwa waktu tidaklah eksis sebelum terjadinya big bang. Melalui penelitiannya, mereka menyebutkan bahwa awal mula alam semesta itu tidak berarti apa-apa. Sebab, semesta tidaklah memiliki titik awal, seperti halnya tak ada batas pertama, baik dari segi ruang maupun waktu. Sampai saat ini, teori yang ditemukan oleh dua ilmuwan tersebut masih digunakan tanpa menyinggung soal agama.

6. Mengajukan teori Top-Down Cosmology bersama Thomas Hertog

Masyarakat tidak tahu kondisi awal alam semesta, sehingga teori bottom-up tidaklah bisa digunakan. Hal inilah yang kemudian muncul teori top-down cosmology dari Hawking dan Thomas Hertog tentang keadaan final alam semesta. Hingga kini teori ini sangat populer dan cocok dengan teori string.

7. Menerbitkan buku berjudul A Brief History of Time dan buku populer lainnya

Pada tahun 1988, Hawking menerbitkan buku berjudul A Brief History of Time. Dalam buku tersebut ia menjelaskan berbagai topik tentang kosmologi, termasuk big bang, black holes dan light cones. Buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam.

Meskipun Stephen Hawking telah tiada, namun penemuan-penemuan yang ditinggalkannya masih menginspirasi hingga kini. Selamat Jalan, Hawking! (ind)

Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 4 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Bukan Hanya Di Film, 5 Manusia Super Ini Ada Di Dunia Nyata
5 Artis India Ini Tolak Tawaran Film di Hollywood, Kenapa Ya?
Crosser Inggris Ini "Jadi” Penjual Siomay
Keren dan Jenius! Artist Ini Mengubah Kota Yang Biasa Saja Menjadi Karya Seni, Wajib Lihat Nih Gaes
Sering Dicueki, 8 Bagian Sepele Berbagai Benda Ini Juga Berfaedah!
Susah Bobo ? Ini Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Cepat Mengantuk
Lika-Liku Hubungan Mulai Berubah Drastis? Waspada! Ini Tanda-Tanda Kekasih Hatimu Pengen Putus!
Punya Wajah Internasional, Ini Loh Potret 7 Orangtua Bule Selebritis
Karya Unik dengan Bodypainting Mampu Menipu Mata, Perhatikan Baik-Baik
Ini Lho 5 Keuntungan yang Kamu Peroleh dari Menulis Menggunakan Tangan
Mengintip Mirisnya Visual Tempat Tinggal Tersempit di Beberapa Negara
Dibangun di Atas Lahan Sempit, Siapa Sangka Desain Apartemen Ini Bikin Takjub!