Penggemar Film Tanah Air? Ketahui Dulu Yuk Fakta Menariknya Berikut Ini!

Penggemar Film Tanah Air  Ketahui Dulu Yuk Fakta Menariknya Berikut Ini  - Indahhikma sebelum,jaya,seperti,sekarang,film,indonesia,memiliki,fakta,sejarah,yang,panjang,bagaimana,kisahnya
Sebelum jaya seperti sekarang, film Indonesia memiliki fakta dan sejarah yang panjang. Bagaimana kisahnya?

Bertambah tahun perfilman Indonesia semakin menunjukkan kemaujuan pesat. Terbukti, jumlah penonton di bioskop untuk menyaksikan film lokal semakin meningkat. Deretan film berkualitas dengan beragam genre pun banyak diproduksi setiap tahunnya hingga mampu bersaing dengan layar lebar buatan Hollywood.

Tapi tahukah kamu jika ada fakta menarik di balik perfilman Indonesia, meliputi sejarah hingga film terbaiknya? Baca ulasannyaberikut ini, yuk!

1. Bioskop Pertama di Indonesia

Jauh sebelum merdeka, di Indonesia sudah berdiri bioskop di daerah Batavia pada 5 Desember 1900. Film yang ditonton saat itu berupa Gambar Idoep yang diputar di rumah milik salah seorang pengusaha Belanda. Tiga tahun setelah itu, barulah dibangun gedung bioskop permanen dan diberi nama The Royal Bioscope.

2. Loetoeng Kasaroeng, Film Pertama Produksi Indonesia

Loetoeng Kasaroeng disutradarai oleh dua orang Belanda, yakni G. Kruger dan L Heuveldrop. Film yang diproduksi pertama di Indonesia ini dirilis pada 31 Desember 1926. Tokoh utamanya adalah seekor lutung dengan mengangkat kisah populer di kangan masyarakat Sunda. Film bisu ini kemudian dibuat ulang pada tahun 1952 dan 1983.

3. Film Bersuara Pertama, 1931

Boenga Roos dari Tjikembang merupakan film bersuara pertama di Indonesia yang diproduksi tahun 1931. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul sama yang terlebih dahulu terbit pada tahun 1927. Berkisah tentang hubungan rumit antara dua generasi etnis Tionghoa di Hindia Belanda, film yang menjadi tonggak penting perfilman Indonesia ini disutradarai oleh The Teng Chun.

4. Film dan Propaganda Politik

Saat Jepang menjajah Hindia Belanda pada tahun 1942, film dijadikan sebagai alat propaganda politik. Hanya film yang berisi propaganda Jepang saja yang boleh tayang. Akibatnya industri perfilman saat itu tak lagi memunculkan karya baru dan mati.

5. Film Lokal Bercirikan Indonesia Pertama

Darah & Doa merupakan film pertama bernafaskan Indonesia dan dirilis pada 30 Maret 1950. Disutradarai oleh Umar Ismail, orang asli Indonesia, film ini kemudian menjadi jiwa baru bagi perfilman tanah air. Sedangkan tanggal perilisannya tersebut ditetapkan sebagai Hari Film Nasional

6. Masa Keemasan Perfilman Indonesia

Pada tahun 1980, ragam film buatan anak negeri merajai bioskop. Sebut saja Catatan Si Boy dengan sederet bintang baru berbakat, seperti Onky Alexander, Meriam Belina hingga Lidya Kandaou.

Namun sayangnya, kebangkitan ini tidak bertahan lama. Sebab tahun 1990 perfilman tanah air kembali lesu. Banyak film-film dewasa dan gempuran film Hollywood serta Hong Kong yang mendominasi bioskop.

7. Tahun 1998 Kembali Bangkit

Pada tahun 1998, perfilman Indonesia seolah bangun dari tidurnya. Cinta Sepotong Roti karya Garin Nugroho serta Petualangan Sherina oleh Mira Lesmana kembali membuat perfilaman tanah air bangkit. Apalagi kemudian hadir Ada Apa Dengan Cinta, film remaja fenomenal yang digadang-gadang sebagai pembangkit film Indonesia.

Kwikkers, sederet film buatan anak bangsa memiliki cerita yang patut diacungi jempol. Bahkan sebagai film lokal, mereka digarap dengan serius dan matang. Oleh sebab itu, yuk apresiasi perfilman tanah air! (ind)


Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 6 bulan lalu
0
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
10 Meme 'Kebanyakan Micin' yang Bisa Buat Ketawamu Semakin Gurih
Yakin Enggak Suka Baca? Yuk, Mending Main Menuju 5 Perpustaan Kece Ini
Behel Sebagai Perapi Gigi Atau Aksesoris? Begini Sejarah Awal Kawat Gigi Kwikkers!
17 Tokoh Fiksi Film Kece Ini Hasil Make Up Level Dewa
YUK NOSTALGIA DENGAN IKLAN JADUL YANG BAKALAN MEMBUAT KAMU NGAKAK BACANYA, NOMOR 5 PARAH BANGET
Black Death, Wabah Mengerikan yang Hampir Memusnahkan Seluruh Penduduk Eropa. Inilah 5 Faktanya
Tetap Solid dan Sederhana, Sheila On 7 Bagikan Kisah Perjalanan Karirnya di Industri Musik
Semua Tentang Emma Watson, Bintang Film Cantik Super Kece
16 Balasan SMS Penipuan Ini Kocak Abis, Gak Jadi Nipu Malah Pingin Sleding Tekel
Mengulik Sosok Keblek, Makhluk Jadi-Jadian yang Menjadi Legenda di Indonesia
Goyangan Dangdut Paling Ekstrim di Indonesia, Berani Coba ?
7 Label Produk Paling Absurd, Bikin Tepuk Jidat