Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Menari di Acara Amal, Para Penari Bali Malah Dilecehkan Oleh Sekelompok Anak Muda. Warganet Mulai Mengecam!

Menari di Acara Amal Para Penari Bali Malah Dilecehkan Oleh Sekelompok Anak Muda Warganet Mulai Mengecam
Para penari di Bali ini dilecehkan oleh sejumlah oknum. Warganet geram!
Cocok buatmu

Ragam suku di Indonesia membuat negara tercinta ini memiliki budaya yang beraneka ragam Mereka melahirkan banyak tari-tarian khas yang patut untuk dilestarikan. Bali adalah salah satu contoh daerah di Indonesia yang memiliki tarian khas menarik. Salah satunya adalah Tarian Bumbung.

Beberapa hari lalu, diadakan sebuah acara amal dengan hiburan Tarian Bumbung. Namun sayangnya, para peserta yang hadir terlihat tidak mengindahkan etika. Mereka berjoget ria dan menirukan gerakan-gerakan layaknya berhubungan suami istri secara bergantian. Tentu saja hal ini mengundang banyak reaksi dari para netizen.

1. Warganet Geram dengan Aksi Para Oknum yang terlibat pada Video

Kwikku, Warganet Geram dengan Aksi Para Oknum yang terlibat pada Video
Sumber: https://www.hipwee.com/hiburan/warganet-kecam-oknum-yang-berjoget-nggak-senonoh-di-acara-amal-padahal-itu-tari-tradisional-lho/

Dikutip dari Hipwee.com, kejadian ini berlangsung di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng dalam acara penggalian dana untuk para pengungsi Gunung Agung. Saat hari mulai senja, orang-orang mulai bertindak tak senonoh. Bahkan mereka bertindak secara amoral. Hingga video pun beredar di media sosial dan mengundang banyak komentar.

Eka Laella Slavina: Ya mana banyak anak kecil lagi, astofiruloh halajim enggak punya etika banget.

Thio Cahya: Panitianya gimana itu, kasihan penarinya.

Tutu Chandra: Ini gila sih, bener-bener keterlaluan banget, sedih banget lihatnya, kenapa harus kayak gitu. Gue yakin itu penarinya pasrah juga karena dia gak ada pilihan lain, bukan karena dianya yang mau. Itu penari emang pake baju nari pula loh ya, sedih banget.

2. Sejumlah Oknum Tidak Beretika dan Bertindak Tak Senonoh di Depan Umum

Kwikku, Sejumlah Oknum Tidak Beretika dan Bertindak Tak Senonoh di Depan Umum
Sumber: http://style.tribunnews.com/2017/11/24/heboh-video-pelecehan-tari-bali-oleh-orang-orang-ini-penarinya-dapat-perlakukan-tak-senonoh

Video yang beredar pertama diunggah oleh akun Facebook Arta Wan (19/11). Terlihat sekelompok pemuda bergiliran menari di tengah pertunjukan tari. Sejumlah pemuda tersebut diduga merupakan anggota dari suatu komunitas motor. Mereka mulai berjoget tak senonoh apalagi digelar di muka umum. Namun mereka tetap merasa cuek dengan gerakan yang hampir menyerupai hubungan suami istri.

3. Pro-Kontra Tarian Bumbung

Kwikku, ProKontra Tarian Bumbung
Sumber: http://balistarisland-indonesia.blogspot.co.id/2014/10/balinesejogetdances.html

Sempat bertanya-tanya jenis tarian apa yang ada pada video tersebut, ternyata ia bernama Tarian Bumbung berasal dari Bali. Dikutip dari laman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, tari ini lahir di Desa Kalopaksa Buleleng dan diciptakan oleh sekelompok petani desa pada sekitar tahun 1940-an. Awalnya, merupakan tarian sederhana dan bertujuan untuk menghibur sesuai bertani di sawah. Alat musik pengantarnya pun masih hanya seperangkat gamelan yang terbuat dari bambu, atau disebut Ting Klil.

Namun, seiring waktu, semakin popupler dan berkembang hingga ke kabupaten lain di Bali. Mereka mulai berinovasi dan menciptakan kreasi baru. Saat itulah diduga muncul praktik penyelewengan dengan memanfaatkan unsur erotis dalam tariannya hingga sekarang.

Sebagai warga negara Indonesia dengan latar belakang budaya berbeda, harusnya saling menghargai. Terlebih itu merupakan tarian khas yang menggambarkan identitas suatu suku. Miris banget ya lihat cuplikan video-nya? (ind)



0
0 none
Komentar
    Artikel Untukmu
    Populer di Usia Muda, Ternyata Ini Lho yang Bikin Camila Makin Bersinar!
    Nama Camila Cabello memang menjadi salah satu nama yang banyak diperbincangkan selama beberapa bulan terakhir. Bukan hanya karena kesuksesan dari single Havana, ternyata Camila juga memiliki hal-hal yang menarik untuk diulas.
    10 Gaun Pengantin Unik dan Aneh yang Pernah Ada!
    Di bumi yang kita tempati ini, setiap harinya pasti ada setidaknya satu pasangan atau lebih yang melangsungkan pernikahan. Karena wujud dari bentuk kasih sayang terhadap pasangan tidak akan lengkap tanpa adanya ikatan yang legal atau sah, yaitu pernikahan. Ketika hendak melangsungkan pernikahan, pastinya calon pengantin akan sangat memperhatikan apa saja yang dibutuhkan dalam acara pernikahannya nanti. Salah satu hal yang tak pernah luput dari perhatian calon pengantin ketika mempersiapkan pernikahan yaitu gaun. Mereka akan memilih gaun yang terlihat pas dan cocok yang tentunya sesuai selera antar kedua pasangan, sehingganya tak jarang ada pasangan yang memilih untuk meminta desainer terkenal untuk merancang gaun yang mereka inginkan.
    Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Fakta Unik yang Ada di Vietnam
    Setiap negara memang memiliki budaya yang berbeda. So, bagi kamu yang mau traveling ada baiknya cari tahu budaya negara tujuanmu tersebut ya gaes! Seperti Vietnam misalnya, negara tersebut memiliki keunikan yang juga harus kamu ketahui.
    Chocolate: Drama yang Bakal Bikin November Makin Manis
    Chocolate menjadi drama yang sudah dinanti-nantikan. Serial bergenre drama romantis tersebut akan mengantikan slot My Country. Nah, selain karena berkolaborasinya Hajiwon dan sang pangeran yang sudah lama tidak terlihat. Apa lagi yang membuat nontonan itu ditunggu? Yuk, cari lebih lanjut.
    Tidak Disarankan Dibaca Para Penakut. Inilah Fakta-Fakta Mengerikan Suku Aghori Sadhus yang Kanibal
    Sebagai negara dengan penduduk yang cukup banyak, India memang memiliki budaya yang kental dan sarat akan kepercayaan-kepercayaan tertentu. Salah satunya adalah masih kentalnya animisme dan dinamisme, dan hal itu diterapkan dengan mengerikan oleh Suku Aghori Sadhus.