Sadar Nggak Kalau Patung - Patung di Jakarta Ini Menghadap ke Sunda Kelapa?!

Sadar Nggak Kalau Patung - Patung di Jakarta Ini Menghadap ke Sunda Kelapa   - F  W  A  tahu,nggak,kalau,ternyata,patung,patung,memiliki,sebuah,sejarah,mengapa,mereka,dibangun,dengan,tanpa,kita,ketahui,mereka,menghadap,sunda,kelapa
Tahu nggak kalau ternyata patung - patung ini memiliki sebuah sejarah mengapa mereka dibangun dengan tanpa kita ketahui mereka menghadap ke Sunda Kelapa?
Tahu nggak kalau ternyata patung - patung ini memiliki sebuah sejarah mengapa mereka dibangun dengan tanpa kita ketahui mereka menghadap ke Sunda Kelapa? Sebagian besar, banyak sekali orang - orang yang tinggal di Jakarta yang masih belum mengetahui kisah sejarah Ibukota Jakarta. Memang perlu dimaklumi yang menempati bukan hanya asli warga Ibukota, namun juga banyak yang sebagai pendatang. Nah kita intip patung apa saja yang mengarah ke Sunda Kelapa?


1. Patung Selamat Datang
Patung Selamat Datang
youtube.com
Patung ini berdiri dengan kokohnya di sebelah Hotel Indonesia. Patung yang dibangun dengan sengaja menghadap arah utara ini bermaksud untuk menyambut tamu yang datang mengunjungi Jakarta. Tahu nggak kalau patung ini dibangun karena usulan Presiden kita pertama yaitu Ir. Soekarno untuk menyambut pelaksanaan Asian Games 1962 lho!


2. Patung Pemuda Membangun
Patung Pemuda Membangun
flickr.com
Sesuai dengan namanya, patung ini dibuat untuk para pemuda yang gagah beranin dan kuat. Dalam bentuknya terlihat memegang perisai api yang mempunyai arti yaitu untuk mewujudkan pembangunan generasi muda untuk bangsa yang tak pernah padam semangatnya. Patung yang berlokasi di Bundaran Senayan jadi sebuah awal akhir jika datang dari Sunda Kelapa.


3. Patung Arjuna Wijaya
Patung Arjuna Wijaya
kompas.com
Patung yang dibangun pada persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka ini biasa dikenal dengan sebutan patung Kereta Kuda. Dibangun pada tahun 1987 oleh Nyoman Nuarta yaitu seroang maestro asal Tabanan, Bali.


4. Patung Sudirman
Patung Sudirman
paranaromia.com
Salah satu pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia ini dikenang dalam bentuk sebuah patung atas jasa - jasanya. Patung yang berlokasi di daerah Sudirman ini mempunyai maksud nilai kontroversi dalam etika. Mengapa patung tersebut dibentuk seperti beliau sedang hormat? Jadi patung ini memang mengarah ke Sunda Kelapa tepat setelah Patung Pemuda Membangung.


5. Patung Diponegoro
Patung Diponegoro
jakartasemua.com
Tahu nggak siapa yang memiliki gagasan pada pembuatan patung ini? Adalah seorang pengusaha besar Italia yang sangat amat mengagumi Indonesia, Dr. Mario Pitta. Impiannya terwujudkan dengan cara memberikan hadiah sebuah patung Diponegoro kepada Indonesia. Mengapa dihadapkan ke Sunda Kelapa? Karena itu merupakan tempat orang - orang lokal juga luar negeri datang dan pergi.


Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
1 tahun 11 bulan lalu
1
Boost!
Bagikan


SARAN DARI DISCOVER
Punya Suara Merdu Nan Syahdu, Bidadari Indonesian Idol 2017 ini Masih Bertahan!
Vanesha Prescilla Ungkap Alasan Pandangan Penuh Artinya Pada Iqbaal
Besarnya Animo Terhadap Film Dilan 1990, Produser Targetkan Tembus 3-4 Juta Penonton
Punya Bentuk yang Super Cantik & Menggemaskan, Sajian Ini Sayang untuk Dimakan
Ajak Nyanyi Bareng, Reza Rahadian dan Delia Husein Hibur Warga Panti Jompo
Arini: Masih Ada Kereta Yang Akan Lewat, Satu Lagi Karya Dari Sineas Indonesia Yang Berhasil Bikin Berdecak Kagum
10 Masalah Generasi Jaman Now Ini Nggak Cool!
7 Produk yang Malah Bikin Ngakak! Gagal Banget Pokoknya
Jika Avengers Dibentuk Di Dunia Nyata, Orang-Orang Ini Pantas Jadi Tokohnya! Salah Satunya dari Indonesia
Induk Burung Bersama Anaknya, 8 Kebersamaan Ini Nampak Sangat Menggemaskan
Debut Jadi Pemeran Utama, Aura Kasih Sempat Mikir Dua Kali Perankan Arini
10 Cuitan Kocak Para Karyawan Ketika Di Interview, Asli Bikin Ngakak