Novel
Bronze
Genre → Sci-Fi
Teknologi Kenangan
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp20,000
Telah selesai
Premium
Blurb
Di masa depan, saat dunia sudah serba canggih dan segala pekerjaan ditangani oleh robot dan komputer, seorang profesor memiliki gagasan berani yang membuatnya dikucilkan; menggali sejarah bangsa yang sengaja diubah atau dilupakan.

Profesor Toto memulai Proyek Pemulihan Masa Lalu Bangsa dengan alat perekam kenangan dari para arwah dari tragedi-tragedi yang pernah terjadi di Indonesia.

Matheo Julian, salah satu warga kota, mengajukan diri sebagai relawan perekam. Ia memilih bilik nama salah satu arwah dari peristiwa Mei 1998.

Sang Arwah yang dipilih mengenang dari sudut pandangnya sendiri; bagaimana ia melihat para korban, orang-orang yang melukai, orang-orang yang menolong, serta orang-orang yang abai pada nasib para gadis yang jiwanya dihancurkan selama kerusuhan Mei 1998 berlangsung.

Apa sajakah yang dialami sang Arwah selama ia terlibat dalam peristiwa itu? Apa yang Matheo dapatkan atas pekerjaan barunya?
Tokoh Utama
Matheo Julian
Sang Arwah
Profesor Toto Gusnaldi
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Terima kasih sudah berkenan membaca. Semoga suka dengan cerita ini.
Cerpenis yg juara lomba menulis ini srkng merambah novel platform. Dia ngambil risiko dgn tetap menggunakan estetika cerpen ala Kompas yg mau ga mau menjadikan narasinya sekelas Kompas. Puluhan cerpen skrng menjelma dlm narasi cerita panjang, yg kuasumsikan akan berpijak pd stilistika gaya tertentu. Ga salah sih. Ekonomi kata terjamin di sini. Ceritanya menderu menabrak style narasinya yg lembut. Enak dibaca, dan sabar menyimpan banyak bom di dalamnya.
Disukai
1.7k
Dibaca
5.4k
Tentang Penulis
Ken Hanggara
Menulis cerpen, puisi, esai, dan skenario sejak 2012. Banyak menerbitkan cerita pendek di media nasional dan lokal. Beberapa buku yang terbit di antaranya, "Museum Anomali" (2016), "Babi-Babi Tak Bisa Memanjat" (2017), "Negeri yang Dilanda Huru-Hara" (2018), "Dosa di Hutan Terlarang" (2019), dan "Buku Panduan Mati" (2022).
Bergabung sejak 2020-08-30
Telah diikuti oleh 521 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 15,612 kata
Rekomendasi dari Sci-Fi
Rekomendasi