Novel
Bronze
Genre → Petualangan Telah Selesai
SUTASOMA (Mawar Berduri)
Oleh Hermawan
Mulai membaca
Beli Sekarang
Digital Rp30,000
Premium
Blurb
Hutan Gumbala. Terletak diwilayah ksatrian Sawojajar. Ksatrian yang dipimpin Adipati Sidapaksa.
Dibawah pohon nan rindang tergeletak sebuah bayi. Bayi itu memiliki tanda lahir di dahinya berbentuk bintang. Sungguh terlihat menawan dan penuh keperkasaan. Tangannya terlihat tangguh dan kokoh. Tubuhnya yang terlihat gempal dan perkasa. Tulangnya ibarat baja membuktikan bahwa bayi calon ksatria. Tetapi sayang dia hanya hidup dalam kesendirian. Sungguh sangat malang.
Langkahnya sangat ringan. Beliau memegang tasbih ditangan kanan. Suaranya berbisik pelan.
"ASTAGHHFIRULLOOHA."
Beliau berguman berulang-ulang. Sangat teduh dan memancarkan keharmonisan. Terpancar wajahnya penuh kebijaksanaan. Hingga menimbulkan harmonisasi hukum alam. Beliau adalah Syekh Sidikwacana.
Beliau berhenti dipohon besar. Tangan kirinya menempel pada batang pohon. Beliau merasakan hembusan lembut tetapi memiliki gelombang yang menghantam kencang.
Beliau memperhatikan sekitar. Matanya begitu jeli mengawasi keadaan. Ketika beliau mengitari pohon besar. Beliau mendadak terkejut. Beliau memandang penuh kepedihan. Rasa hatinya begitu tersayat-sayat kesakitan. Terbungkus selendang sesosok bayi mungil dan imut. Matanya sangat menawan.
Beliau mendekatinya. Tangannya meraih bayi itu. Bayi itu digendong dengan kelembutan. Matanya memperhatikan sekitar. Beliau mengawasi bila ada yang meninggalkan bayi itu. Tetapi beberapa menit waktu berlalu tak ada seorangpun yang datang menghampiri bayi itu.
"Sungguh malang," bisiknya.
Beliau memperhatikan beberapa benda tertinggal diselendang. Ada kalung berbentuk ubin yang menawan. Ada sepucuk kain putih terselip didalam kalung itu.
Beliau mengambil kain itu. Ketika dibuka tertulis kata "SUTASOMA."
Beliau sempat berfikir pendek, kemudian beliau mengangkat tinggi-tinggi bayi itu.
"Aku berinama bayi ini," kata syekh Sidikwacana agak lantang. "SUTASOMA."
Suara menggelegar. Petir merintih kencang. Tiba-tiba turun hujan kemudian hujan reda disambut sang asuman yang menawan.
"Kau akan kubawa ke pesantren Andong Sumawi," kata Syekh Sidikwacana. "Mulai hari ini itu akan menjadi rumah barumu Sutasoma."
***
Tokoh Utama
Sutasoma
Sima
Manggala
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
0
Dibaca
2.5k
Tentang Penulis
Hermawan
-
Bergabung sejak 2021-03-14
Telah diikuti oleh 5 pengguna
Sudah memublikasikan 23 karya
Menulis lebih dari 1,048,144 kata
Rekomendasi dari Petualangan
Rekomendasi