Novel
Genre → Sejarah Sedang Berlangsung
Pralaya Mangir
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Ambisi Panembahan senopati untuk meluaskan pengaruh Mataram tak semulus dugaannya. Tanah perdikan Mangir yang berada tepat di sebelah tapal batas wilayahnya menolak tunduk. Meski hanya tanah perdikan, Mangir bukanlah wilayah yang mudah ditaklukkan. Ki Mangir Wonoboyo mampu menggalang kekuatan prajurit dan rakyatnya menghalau serangan Mataram.

Ki Juru Mertani, tokoh hebat pengatur siasat memiliki rencana tak terduga. Siasat apus kromo - tipu daya - dengan memanfaatkan kecantikan Rara Pambayun untuk memikat dan menaklukkan Ki Mangir Wonoboyo. Pada akhirnya rencana tak berjalan seperti seharusnya. Meski berhasil memikat Ki Mangir Wonoboyo, putri kesayangan Panembahan Senopati itu jatuh cinta padanya.

Intrik di istana Mataram yang melibatkan Raden Rangga, putra tertua Panembahan dan para adipati bermuka dua berujung pada terbunuhnya Ki Mangir Wonoboyo.

Ki Juru Mertani, tetua yang menjadi pengatur segalanya, pada akhirnya memiliki pilihan paling sulit dalam hidupnya; memenuhi kewajiban sebagai tetua keluarga atau menjalankan kehormatan dan kebesaran Mataram. Menjaga keselamatan Rara Pambayun dan keturunannya atau mengamankan tujuan masa depan Mataram.

Dengan caranya sendiri, Ki Juru Mertani menjalankan kedua kewajibannya. Kebo Wanabrang adalah ejawantah kewajiban Ki Juru Mertani pada keluarga dan Tunggul Pangulang menjadi perwujudan tanggungjawab Mertani pada Mataram. Keduanya memiliki kepentingan yang saling berlawanan.

Pada akhirnya, nasib yang akan menentukan hasil akhirnya. Musuh dan teman hanya soal kepentingan.
Tokoh Utama
Ki Mangir Wonoboyo
Kebo Wanabrang
Ki Juru Mertani
Panembahan Senopati
Rara Pambayun
Raden Rangga
Tunggul Pangulang
Rating
5
2
0
0
0
0
Total 2
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Membacanya seperti menemukan harta karun. Jarang yang mengambil tema ini karena banyaknya kerumitan, seperti memadukan sejarah dgn imajinasi hingga penggambaran suasana masa lampau. Namun dalam karya ini penulis bisa meramu menjadi cerita yang mudah dipahami. Kelebihan paling menonjol ada pada kekayaan kosakata yg dipilih, menjelaskan jam terbang, banyaknya referensi, dan pemahaman luar kepala atas gambaran sejarah di masa tsb. Salam hormat utk Pak Ferry.
Novel sejarah yang awalnya aku pikir kaku, ternyata salah. Ini cara menuturkannya luwes banget jd enak untuk dibaca dn mudah mengimajinasikan tiap kejadian. Hal yg terbayang saat ini. Adegan lempar koin kepeng. Sungguh itu benar-benar memukau bagi aku. Selain beberapa adegan lainnya.
Disukai
109
Dibaca
3.2k
Tentang Penulis
Ferry Herlambang
-
Bergabung sejak 2021-10-08
Telah diikuti oleh 50 pengguna
Sudah memublikasikan 2 karya
Menulis lebih dari 55,694 kata
Rekomendasi dari Sejarah
Rekomendasi