Novel
Genre → Drama
Mambangkik Batang Tarandam
Mulai membaca
Berlangsung
Gratis untuk dibaca
Blurb
Dea Renata adalah gadis berdarah Minangkabau yang memutuskan mengadu nasib ke tanah Jawa. Dea baru saja lulus SMA, usianya baru genap 18 tahun. Ia memiliki cita-cita menjadi guru ngaji yang memiliki gelar sarjana. Dea ingin mencerdaskan anak-anak tetangga yang berada di sekitar rumahnya.
Namun, Ibu Dea yang merupakan seorang janda yang memiliki empat anak tidak mampu membiayai kuliah Dea. Ayahnya sudah meninggal setahun yang lalu akibat penyakit jantung. Sedangkan kini Ibu Dea yang bernama Fatma itu untuk memenuhi kebutuhan empat anaknya bekerja sebagai buruh cuci. Dea yang merupakan anak sulung juga harus mencari cara agar bisa "Mambangkik Batang Tarandam" merupakan istilah yang terkenal di daerah Minangkabau, yang artinya Membangkitkan Batang yang Terendam, maksudnya adalah mengangkat nama baik keluarga dengan menjadi orang yang sukses.
Dea meminta restu Fatma untuk mengizikannya bekerja sambil kuliah di kota metropolitan. Setelah lulus kuliah, ia berjanji untuk kembali ke kampung halamannya.
Perjuangan Dea tidak mudah, selain harus membujuk Fatma untuk mengizinkannya ke Jakarta, ia harus menjadi penjual lapek bugih keliling. Hal itu dilakukan demi membantu perekonomian keluarganya.
Bisakah Dea menggapai cita-citanya?
Simak kisah Dea Renata yang penuh drama dan air mata dalam novel yang berjudul Mambangkik Batang Tarandam.
Tokoh Utama
Dea Renata
Fatma
Reza
Alvin Ardiansyah
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
0
Dibaca
8
Tentang Penulis
Tesya Ridal
-
Bergabung sejak 2020-05-04
Telah diikuti oleh 0 pengguna
Sudah memublikasikan 2 karya
Menulis lebih dari 7,474 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi