Novel
Genre → Drama Sedang Berlangsung
Anakkon Hi Do Hamoraon Di Au
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Dalam berbagai suku di Indonesia pasti setiap orangtua ingin melihat anak-anaknya menjadi orang yang berhasil dan membanggakan bagi nusa dan bangsa.
Dalam Novel ini ditulis judul dengan bahasa batak yaitu Anakkon Hi Do Hamoraon Di Au yang artinya Anakku adalah kekayaan bagiku. Demi kehidupan sang anak yang lebih baik, sang orang tua pun rela hidup bersusah payah. Sebab anak adalah lambang kekayaan sesungguhnya dalam sebuah kehidupan.

Judul novel juga merupakan sebuah lagu Batak populer yang diciptakan oleh komponis Batak bernama Nahum Situmorang. Isinya adalah bahwa pendidikan anak itu yang paling utama. Lewat pendidikan sang anak, diharapkan tidak hanya berhasil atau sukses dalam kehidupan namun juga memiliki akhlak yang mulia. Orangtua harus bekerja keras dan mengesampingkan hal-hal yang kurang penting dalam kehidupan seperti barang mewah, ataupun berpelesiran untuk lebih mengutamakan pendidikan sang anak agar dapat menuntut ilmu setinggi langit.

Generasi muda Bangsa Indonesia saat ini harus menghargai perjuangan orangtua dalam menyekolahkan anak-anaknya. Jangan mau tergerus oleh perkembangan zaman arus globalisasi yang semakin canggih yang membuat dirimu tidak menghargai kerja keras orangtuamu. Gunakanlah perkembangan zaman yang canggih untuk kemajuanmu yang positif.
Bergunalah bagi nusa dan bangsa sehingga orangtuamu bangga dengan perjuangannya yang tidak sia-sia, sebab anak adalah kekayaan yang tidak ternilai bahkan melampaui harga emas yang murni.

Dalam novel ini menceritakan sebuah kisah hidup keluarga Pak Gustaf dan Ibu Hasoloan yang dikaruniai tujuh orang anak. Keluarga Pak Gustaf tinggal di Marihat Sibiak Pematangsiantar provinsi Sumatera Utara. Pak Gustaf tidak mempunyai banyak sawah seperti orang-orang yang ada di kampungnya. Pak Gustaf dan Ibu Hasoloan tetap mengucap syukur dalam segala hal yang diberikan Tuhan kepada keluarganya.

Bagaimanakah kisah perjuangan Pak Gustaf dan Ibu Hasoloan dalam memperjuangkan dan mendidik ketujuh anaknya ?
































Tokoh Utama
Pak Gustaf dan Ibu Hasoloan
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
4
Dibaca
146
Tentang Penulis
Christina Septi
-
Bergabung sejak 2020-06-17
Telah diikuti oleh 2 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 2,022 kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi