Skrip Film
Genre → Drama
Janji 5 Matahari
Oleh kayu manis
Mulai membaca
Berlangsung
Premium
Blurb
Tentang cinta, Kota Jakarta dan kedua pasang manusia yang berlainan jenis sedang mengikat janji dengan matahari senja yang menjadi saksi .
Kota Jakarta adalah kota romantis walaupun sebagian orang menganggap kota Jakarta adalah kota Macet dan banjir namun tidak bagi Luna Dafa.
Monas, Rancang bangun Tugu Monas berdasarkan pada konsep pasangan universal yang abadi, Lingga danYoni mengibaratkan Luna dan Dafa, Lingga yang melambangkan laki-laki, elemen maskulin yang bersifat aktif dan positif, serta melambangkan siang hari. Sementara pelataran cawan landasan obelisk adalah Yoni yang melambangkan perempuan, elemen feminin yang pasif dan negatif, serta melambangkan malam hari.
Lingga dan yoni merupakan lambang kesuburan dan kesatuan harmonis yang saling melengkapi sedari masa prasejarah. Selain Monumen Nasional masih banyak lagi bangunan-bangunan bersejarah yang mempunyai sisi romantis, seperti Pelabuhan Sunda Kelapa, Bunderan HI, Gelora Bung Karno, dan Bangunan tinggi di Jakarta berbentuk restoran Menara Kuningan, Kesemuanya adalah tempat-tempat romantis sebagai Janji Matahari Luna dan Dafa.
Premis
Luna dan Dafa adalah sepasang kekasih, ketika di tahun keempat Dafa ingin melamar Luna dengan matahari terbit di gelora Bung Karno, Luna mengalami kecelakaan dan mengalami hilang ingatan, Luna tidak dapat mengingat Dafa tetapi bisa mengenali Arya yang dulu menjadi mantan pacarnya yang sudah mengkhianati dirinya.
Pengenalan Tokoh
Dafa dan Luna adalah sepasang kekasih mereka menjalin cinta dari awal semester mereka pacaran hingga tahun keempat. Pada setiap tahun mereka membuat Janji melihat matahari bersama dengan waktu yang berbeda. Tahun ke empat ini Dafa ingin memberikan cincin berbentuk matahri di tempat yang telah mereka tentukan pada saat fajar sebelum matahari terbit.
Namun di tahun keempat ini Luna mengalami kecelakaan dan hilang ingatan dan Janji keempat tidak terlaksana dengan baik.
Arya datang kembali dan mengaku pacar Luna, yang sebenarnya adalah Arya mantan pacar Luna sewaktu Sma yang sudah mengkhianati cintanya. Arya dan Luna menjadi dekat kembali. Arya adalah anak dari Dokter yang menangani penyakit Luna.
Luna yang hilang ingatan hanya bisa mempercayai kata-kata Arya sebagai pacarnya saat ini.
Hingga pada suatu hari Dafa yang sebenarnya pacar Luna menyatakan cinta kembali kepada Luna. Luna membenci Dafa namun Dafa tidak mudah menyerah.
Janji keempat yang belum terlaksana ketika ingin melamar Luna, memaksa Dafa membuat membuat Janji kelima Matahari sebagai tanda perpisahan mereka untuk mengikhlaskan Luna agar Luna tidak membenci dirinya, lebih baik tidak dicintai daripada dibenci oleh Luna, bagi Dafa.
Arya mengajak Luna untuk bertunangan dan Luna menyetujui. Pikiran Luna tidak dapat mengingat Dafa namun hati Luna mengatakan Dafa bukan orang asing untuknya.
Hati Dafa hancur, Luna melupakan dirinya, Luna melupakan janji-janji matahari yang telah mereka buat selama ini. Namun Dafa harus menerimanya dengan Ikhlas. Dafa mengajukan syarat terakhir untuk tidak menganggu Luna, untuk melihat matahari bersama Dafa.

Matahari yang Kelima adalah Matahari terbit di Bundaran Hotel. Indonesia. Karena terbit adalah awal baru bagi mereka berdua. Namun setelah menyaksikan janji matahari yang di buat Dafa untuk dirinya, Luna merasa aneh dan tertarik dengan sosok Dafa, Dafa bercerita panjang lebar tentang janji-janji matahari yang selama ini dirinya pernah lewati. Dalam hati Luna, pasangan Dafa yang melihat matahari dengannya adalah wanita yang beruntung. Hati Luna seakan merasakan sesuatu namun pikiran Luna tidak dapat memaksa untuk membuka memori itu, hingga Luna pingsan.
Keesokan harinya Luna meminta Dafa untuk mengajaknya ke tempat Janji-Janji matahari yang Dafa ceritakan. Waktu Dafa hanya sebentar karena Luna akan bertunangan dengan Arya.

Setelah dari bundaran H.I pada saat matahari Terbit, Dafa dan Luna pergi dimana Janji Matahari I yaitu Restoran menara kuningan di lantai paling atas pada saat matahari siang namun siang itu Dafa dan Luna tidak dapat melihat matahari karena hujan jadi tidak seperti janji mereka sewaktu dulu namun mereka berdua menunggu sampai hujan reda dan Dafa menyanyikan sebuah lagu romantis, setelah hujan reda dan matahari muncul bersama pelangi menghiasi langit.
Janji Matahari berikutnya adalah di Monas pada saat matahari terbenam dan Janji matahari yang ketiga adalah di Pelabuhan Sunda Kelapa pada saat matahari Senja.

Janji yang keempat tidak dapat terlaksana karena waktunya Fajar dan besok Luna akan bertunangan dengan Arya. Luna pulang kerumah namun Dafa pergi ke tempat di mana Janji keempat yang mereka rencanakan sebelumnya. Dafa masih di GBK tempat janji keempat mereka sampai twilight (Mulai dari senja sampai Fajar)
Ketika Fajar Dafa ingin pergi namun Dafa melihat ada seorang cewek yang sangat di kenalnya yaitu Luna. Luna datang ke tempat janji keempat mereka dan membawa cincin berbentuk matahari di tangannya dan minta di pakaikan oleh Dafa.

(Flash back)Luna sudah mulai mengingat tentang Arya yang telah mengkhianatinya kembali ketika hujan di Restoran. Namun Luna belum mengingat tentang Dafa. (Cincin berbentuk matahari itu di temukan oleh kedua sahabatnya Viga dan Ramon yang selalu bertengkar yang ternyata saling mencintai juga). Luna Jatuh Cinta lagi kepada Dafa karena memang Dafa adalah cowok yang di cintainya selama ini.

Karena sesungguhnya cinta bisa datang (lagi) ketika hati kita yang mengizinkan untuk merasakannya.
Sinopsis
Disukai
0
Dibaca
0
Tentang Penulis
kayu manis
Penulis freelance, memiliki 3 buku antalogi cerpen #bapermoment dan #senjadibandaNeira #setumpuksuratrahasia Penikmat Kopi, suka menjadi copywriter asal jangan copypaste. 🤗😊😍
Bergabung sejak 2020-01-01
Telah diikuti oleh 2 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari kata
Rekomendasi dari Drama
Rekomendasi