Skrip Film
Genre → Petualangan
AKU PU(la)NK
Oleh Ina_yah
Mulai membaca
Berlangsung
Premium
Blurb
Diadaptasi dari kisah nyata. Rendra sudah mempercayai Tony bukan sebagai sahabatnya saja, namun sudah seperti saudara. Berjuang dari nol dan berawal dari kesamaan dalam solidaritas anak punk di ibukota. Menjadi bom waktu saat sahabat yang dipercayainya selama ini malah membuatnya kecewa dan meninggalkan berbagai permasalahan pada Rendra. Karena masih mempunyai hati yang tulus dan rasa penasaran tinggi, Rendra dan kelima sahabat baru dalam komunitas barunya nekad mencari Tony yang sudah hilang selama setahun.
Premis
Rendra ingin mencari sahabat seperjuangannya di ibukota yaitu Tony, ternyata banyak masalah juga membuat Rendra harus menghadapi kenyataan pahit dan membenci Tony
Pengenalan Tokoh
Rendra (26) adalah anak punk senior yang pulang kembali ke kampung halamannya. Ia ingin mencari sahabatnya sesama anak punk bernama Tony (26) yang sudah malang melintang bersama-sama hidup dari nol dan membangun usaha distro di Jakarta. Karena berawal dari hutang, toko dan usaha Rendra bersama Tony bangkrut karena hutang tak terbayar. Rendra kecewa, Tony hilang begitu saja meninggalkan Rendra di Jakarta. Bahkan meninggalkan hutang disetiap tempat, imbasnya Rendra dikejar-kejar debt collector. Selain Tony, cinta pertamanya pun bersama Janet (21), menghilang tiba-tiba entah kemana. Sudah lelah memutari semua ibukota dan membuatnya frustasi sambil selalu memaki, tak nampak sedikit pun batang hidung Tony. Ia berkeyakinan jika Tony sudah pulang ke tempat asalnya di seberang pulau. Janji persahabatan dan solidaritas mereka pun hilang begitu saja. Namun karena sikap optimis dari Rendra, ia pun ingin mengetahui penyebab Tony menghilang dari hidupnya.

Karena lelah dengan ibukota ia pun pulang ke kampung halamannya dan membentuk komunitas punk. Komunitas nya digemari kelima pemuda yang berbeda latar belakang keluarga. Ipank(19) si pelupa, Jamet (18) si konyol, Anton (19) si pemarah, Raden (17) dan Sharul (20). Kekompakan mereka selalu terbentur dengan masing-masing sifat anggotanya. Hal ini membuat Rendra pusing dan selalu bertanggung jawab dengan anggotanya yang berbuat onar, rusuh dan kadang terjadi konflik dimanapun mereka berada. Meski berkumpul dengan ke-empat membernya yang baru dan sangat labil. Rendra tetap bertekad masih mencari Tony hingga mereka berlima menyebrang ke pulau Kalimantan. Petualangan mereka yang pernah dibegal, tersesat, kelaparan, numpang di rumah Nek Asri menjadikan mereka mempunyai hikmah dan pengalaman berarti hingga bertemu dengan Tony yang keadaannya sakit parah dan menyedihkan karena over dosis oleh narkoba. Kenyatannya Tony sebagai anak punk merupakan anak orang kaya dan ternama di daerahnya. Bahkan tak pernah meninggalkan kemewahan, dan sakitnya difasilitasi oleh keluarganya, hal ini membuat Rendra kecewa.

Ada satu wasiat yang ingin disampaikan Tony sebelum meninggal yaitu mencari Janet. Rendra heran dengan Tony yang menyebutkan nama Janet, wanita sama yang dicintainya. Terakhir kali Tony meninggalkan Jakarta dan pulang ke rumah mewahnya di Kalimantan, ia tak memberi kabar pada Janet yang sudah hamil dua bulan. Hal ini membuat Rendra ngamuk dan ingin memutuskan persahabatan dengan Tony. Andi, Surya, Yanto dan Azriel terus memberikan saran agar Rendra berubah pikiran dan memaafkan Tony yang kondisinya menyedihkan. Apalagi melihat keluarga Tony memberi fasilitas pada Sahrul, Jamet, raden, Ipank , mereka makin gencar menasehati Rendra. Sedangkan Rendra tidur menumpang di rumah Nek Asri dan berupaya pulang kembali ke Sukabumi.

Ayah Tony yang seorang pejabat mendatangi Rendra dengan memohon pertolongan untuk anak semata wayangnya. Rendra merasa bahwa Tony meninggalkan Rendra dengan setumpuk hutang, merebut pacarnya hingga membuat Rendra terpaksa memaafkan Tony dan mencari Janet di Jakarta. Ternyata Janet bekerja sebagai wanita penghibur di sebuah kawasan hiburan di Jakarta. Janet pun sudah melahirkan anak dan disembunyikannya dari Tony dan Rendra yang mencari info keberadaan Janet dan anaknya. Rendra dan ke-empat member berusaha menguntit setiap kegiatan Janet. Hingga menemukan anaknya Janet dititip di sebuah panti asuhan. Rendra menculik anak Janet yang berusia 2 tahun dan dibawa pergi. Setelahnya, keberadaan Rendra dicari oleh suruhan germo dan komplotan preman yang mencari Rendra. Ketika terjadi baku hantam, bantuan dari pihak ayahnya Tony datang dan segera melerai perkelahian. Tony dikabarkan meninggal, Rendra histeris dan memaki Janet yang ada dihadapannya. Rendra yang frustasi membawa paksa bayi Janet dan segera pergi meninggalkan Jakarta untuk terbang ke Kalimantan bersama ke-empat member untuk menengok Tony terakhir kalinya.



Sinopsis
Disukai
0
Dibaca
0
Tentang Penulis
Ina_yah
Setelah kehilangan handphone lama, saya tak bisa mengakses akun kwikku saya yang dulu. Rasanya ingin kembali merenggangkan jemari ini ke dalam sebuah tulisan meski menurut kalian kurang menarik, skip saja ya ;)
Bergabung sejak 2022-05-09
Telah diikuti oleh 82 pengguna
Sudah memublikasikan 0 karya
Menulis lebih dari kata
Rekomendasi dari Petualangan
Rekomendasi