Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Redakan Kram Otot dengan Aneka Makanan yang Mudah Didapat Ini

Redakan Kram Otot dengan Aneka Makanan yang Mudah Didapat Ini

INDOZONE.ID - Kram otot termasuk masalah yang cukup mengganggu. Gejalanya berupa otot mendadak kaku selama beberapa saat. Meski sebentar tapi pasti membuat tidak nyaman.

Adapun bagian tubuh yang biasa mengalami kram otot adalah, leher, tangan, kaki, bahkan perut. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari olahraga terlalu ketat, kekurangan nutrisi, hingga pengaruh obat tertentu.

Berbicara soal kekurangan nutrisi, ternyata makanan juga berpengaruh pada masalah kram otot. Oleh sebab itu, ada beberapa makanan yang bisa membantu meredakan kram otot.

Apa saja? Berikut ulasannya yang dirangkum dari Healthline.

1. Ubi Jalar

makanan untuk redakan kram ototIlustrasi ubi jalar. (health.com)

Ubi jalar mempunyai kandungan vitamin, mineral dan kaya akan serat. Selain itu juga terdapat kandungan kalium, kalsium, dan magnesium yang berguna untuk memperkuat fungsi otot.

2. Yoghurt

makanan untuk redakan kram ototIlustrasi yoghurt. (commons.wikimedia.com)

Yoghurt merupakan produk susu yang tinggi nutrisi seperti kalium, fosfor, dan kalsium. Ditambah dengan kandungan protein yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan otot dan menambah massa otot.

3. Salmon

makanan untuk redakan kram ototIlustrasi salmon. (Unsplash/@carolineattwood)

Jenis ikan ini mengandung zat besi, mineral, vitamin B, potasium, magnesium, dan fosfor yang bisa mencegah kram otot.Bukan hanya itu, ada juga kandungan vitamin D yang baik untuk tulang dan otot serta kaya protein dan lemak anti-inflamasi yang sehat.

4. Semangka

makanan untuk redakan kram ototIlustrasi buah semangka. (Unsplash/@theheartdept)

Salah satu penyebab kram otot adalah kekurangan cairan. Oleh sebab itu kamu bisa mencegahnya dengan konsumsi semangka yang tinggi kandungan air.  Selain itu, semangka juga merupakan sumber magnesium, mineral, dan kalium yang baik untuk menjaga kesehatan otot.

5. Pepaya

makanan untuk redakan kram ototIlustrasi buah pepaya. (Unsplash/@migmal)

Buah pepaya termasuk buah tropis yang mudah didapat. Kaya akan vitamin C, vitamin A, magnesium, dan kalium membuat buah ini dapat membantu peradangan otot. Kandungan karotenoid  di dalamnya dapat mengurangi risiko kram otot.

Artikel Menarik Lainnya

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar