Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Nutrisi Penting untuk Orang Dewasa, Apa Saja Sih?

Nutrisi Penting untuk Orang Dewasa Apa Saja Sih

INDOZONE.ID - Setiap orang menginginkan kondisi tubuh yang sehat. Baik dewasa maupun remaja, masing-masing telah memiliki kecakupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi dan gizi seimbang.

Pada orang dewasa dibutuhkan sekitar 1700 sampai 2250 kalori per hari. Asupan nutrisi tersebut akan diubah menjadi energi untuk beraktivitas. Kebutuhan nutrisi pada orang dewasa meliputi makronutrien yang terdiri dari protein, karbohidrat dan lemak.

Pada tubuh orang dewasa dibutuhkan karbohidrat sekitar 45-65 persen. Kamu bisa mendapatkan asupan karbohidrat yang berasal dari nasi, terigu, umbi-umbian, jagung dan gula. Sedangkan kebutuhan tubuh akan protein diperkirakan sekitar 48-62 gram per hari atau 11 persen dari total energi yang terkumpul. Kamu bisa mendapatkan asupan protein dengan mengonsumsi daging merah, tempe, kacang-kacangan.

Ilustrasi makanan sehatIlustrasi makanan sehat (Crowfood)

"Orang dewasa juga membutuhkan lemak sekitar 30 persen dari total kalori yang dibutuhkan. Kecukupan lemak pada tubuh mampu meminimalisir risiko jantung koroner. Panganan yang mengandung lemak diantaranya daging merah, susu, maupun keju," papar Dr. dr. C. Heriawan Soejono, Sp.PD., K.Ger., M .Epid., S pesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri saat peluncuran Ensure di The Hermitage, Cikini, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Kebutuhan nutrisi orang dewasa juga meliputi mikronutrien yang berasal dari vitamin, mineral dan Nirgizi. Misalnya saja, vitamin A,C,D,E,B1,B2,B3,B9 dan B12. Kamu juga harus memastikan mineral yang diasup setiap harinya.

"Demi memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang, orang dewasa juga harus mencukupi asupan serat dan cairan. Misalnya glukosa, asam amino dan asam lemak," pungkas  Dr. dr. C. Heriawan Soejono. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar