Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Antisipasi Penyebaran Corona, Negara-Negara Asia Ini Batasi Pengunjung

Antisipasi Penyebaran Corona Negara-Negara Asia Ini Batasi Pengunjung

INDOZONE.ID - Virus corona atau Covid-19 sejauh ini telah menjangkiti 76 negara. Dasi sebanyak 92.860 kasus, lebih dari 3.000 orang dinyatakan meninggal akibat virus ini.

Virus yang menyerang sistem pernapasan ini pun membuat sejumlah negara mengeluarkan aturan khusus untuk para penumpang pesawat yang akan memasuki negara mereka. Tak terkecuali negara-negara Asia yang relatif dekat dengan Tiongkok, tempat virus ini bermula.

Berdasarkan dokumen yang dipublikasikan oleh organisasi internasional Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA), inilah negara-negara di Asia yang memberlakukan pembatasan pengunjung.

Indonesia

Penumpang dan awak pesawat yang pernah mengunjungi Tiongkok dalam 14 hari terakhir tidak diizinkan transit atau masuk ke Indonesia. Aturan ini tidak berlaku untuk warga negara Indonesia dan orang-orang yang bertempat tinggal di Indonesia.

Hong Kong

Hong Kong melarang masuk penumpang yang tinggal atau pernah mengunjungi Provinsi Hubei di Tiongkok dalam 14 hari terakhir. Tapi aturan ini tidak berlaku untuk pemilik paspor Hong Kong dan yang bertempat tinggal di Hong Kong.

Penumpang yang pernah berkunjung ke Tiongkok, Korea, Iran, atau wilayah Emilia-Romagna, Lombardy dan Veneto di Italia termasuk Bologna , Milan, Venesia, dan Verona dalam 14 hari terakhir tidak diizinkan masuk Hong Kong. Kecuali mereka adalah WN Hong Kong atau bertempat tinggal di Hong Kong, mereka wajib dikarantina selama 14 hari setelah mengunjungi negara yang disebutkan di atas.

Taipei

Warga negara Tiongkok tidak diizinkan masuk atau transit di Taipei, kecuali istri atau suami mereka berasal dari Taipei. Penumpang yang pernah ke Tiongkok, Hong Kong, dan Makau dalam 14 hari terakhir juga dilarang masuk. Penumpang yang baru tiba dari Iran, Italia, atau Korea harus dikarantina selama 14 hari.

India

Visa dan e-visa yang dikeluarkan sejak 5 Februari 2020 untuk WN Tiongkok tidak berlaku. Penumpang yang pernah mengunjungi Tiongkok sejak atau setelah 15 Januari 2020 juga tidak diizinkan masuk India. Selain itu, WN Jepang dan Korea tidak lagi mendapatkan visa on arrival.

Jepang

Penumpang yang pernah ke Provinsi Hubei dan Zhejiang di Tiongkok dalam 14 hari terakhir tidak diizinkan masuk Jepang. Aturan ini tidak berlaku untuk WN Jepang dan orang-orang yang memiliki pasangan atau anak berkewarganegaraan Jepang.

Selain itu, penumpang yang pernah ke Cheongdo County dan Daegu di Korea dalam 14 hari terakhir juga dilarang masuk Jepang. WN Tiongkok yang datang dengan paspor yang diterbitkan di Provinsi Hubei dan Zhejiang juga dilarang masuk.

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Negara-Negara Asia Ini Batasi PengunjungKaryawan memakai masker saat beraktivitas di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Korea Selatan

Pengunjung yang pernah bepergian ke Provinsi Hubei dalam 14 terakhir dilarang transit dan masuk ke Korea Selatan. Begitu juga dengan warga negara Tiongkok yang paspornya diterbitkan di Provinsi Hubei. Visa Korea yang diterbitkan oleh Konsulat Wuhan di Provinsi Hubei juga tidak berlaku lagi. Juga pengunjung yang datang dari Jepang yang pernah tinggal di kapal Diamond Princess tidak diperbolehkan transit atau masuk ke Korea.

Korea Utara

Penumpang yang datang sebagai turis tidak diperbolehkan masuk. Penumpang yang traveling untuk urusan bisnis harus menjalani karantina selama 14 hari.

Malaysia

Penumpang dan awak pesawat yang bepergian ke Provinsi Hubei, Zhejiang, atau Jiangsu di Tiongkok dan Daegu serta Cheongdo di Korea Selatan dalam 14 hari terakhir dilarang masuk Malaysia. Aturan ini tidak berlaku untuk WN Malaysia dan yang tinggal di Malaysia. WN Tiongkok yang paspornya diterbitkan di Provinsi Hubei, Zhejiang, dan Jiangsu juga tidak boleh masuk Malaysia.

Myanmar

WN Tiongkok yang bepergian ke Myanmar tidak lagi mendapat vira on arrival. Penumpang yang datang dari Tiongkok menggunakan maskapai penerbangan Tiongkok apapun tidak mendapat visa on arrival.

Filipina

Penumpang yang transit atau pernah bepergian ke Tiongkok, Hong Kong, Makau, dan Provinsi Gyeongsang Utara di Korea Selatan dalam 14 hari terakhir dilarang masuk Filipina. Ini tidak berlaku untuk WN Filipina dan orang yang tinggal di Filipina. Jika mereka pernah ke provinsi yang disebut di atas, mereka harus mengisolasi diri selama 14 hari setelah tiba di Filipina.

Singapura

Penumpang yang pernah bepergian ke Tiongkok, Cheongdo County dan Daegu di Korea Selatan dalam 14 hari terakhir tidak diperbolehkan transit atau masuk ke Singapura. Ini tidak berlaku untuk WN Singapura dan warga yang tinggal di Singapura atau traveler yang memegang kartu tinggal jangka panjang. WN Tiongkok dengan paspor yang diterbitkan di Provinsi Hubei juga tidak diizinkan masuk Singapura.

Thailand

Berdasarkan larangan yang diterbitkan pemerintah Uni Emirat Arab, WN UAE tidak diperbolehkan bepergian ke Thailand.

Vietnam

Penumpang yang pernah bepergian atau transit di Tiongkok dalam 14 hari terakhir tidak diperbolehkan  masuk ke Vietnam. Ini tidak berlaku untuk penumpang yang bepergian untuk urusan diplomatik dan tujuan resmi. Penumpang yang datang untuk urusan diplomatik dan tujuan resmi akan menjalani pemeriksaan kesehatan di perbatasan sebelum diizinkan masuk Vietnam. 

Penumpang yang pernah transit atau bepergian ke Korea, Iran, Italia dalam 14 hari terakhir juga akan dikarantina selama 14 hari.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
1
1 none
Komentar