Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Visualisasi Ukuran Asteroid yang Ternyata Lebih Besar dari New York

Visualisasi Ukuran Asteroid yang Ternyata Lebih Besar dari New York

INDOZONE.ID - Semesta diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam bentuk dan komposisi. Mulai dari Bumi berserta planet lainnya, Bulan, Matahari dan juga Bintang. Semua berpadu dan terbentang dengan jelas di alam semesta.

Namun, ada satu hal lagi dari alam semesta yang nyata wujudnya namun jarang terlihat, yaitu asteroid.

Asteroid yang juga disebut sebagai planet minor atau planetoid adalah benda yang ukurannya lebih kecil daripada planet, tapi lebih besar daripada meteoroid.

Ads in here

asteilustrasi asteroid (pixabay/urikyo33)

Karena banyak orang yang belum pernah melihat asteroid secara langsung, orang-orang mengira bahwa benda langit ini memiliki ukuran yang kecil. Padahal, benda ini dapat mengancam Bumi, apalagi jika ukurannya cukup besar. Nggak percaya?

Seorang animator 3D Alvaro Gracia Montoya dari MetaBall Studios, menunjukkan gambar betapa besarnya asteroid dalam Tata Surya. Alvaro membandingkan ukuran asteroid ini dengan besarnya Kota New York.

Karya 3D milik Alvaro tentang ukuran asteroid yang jumbo ini terlihat sangat mengagumkan dan membuat orang tercengang betapa besarnya asteroid yang bisa jadi ancaman berbahaya bagi Bumi.

Untuk membuat karya yang sangat indah dan mengagumkan ini, Alvaro membutuhkan waktu hingga sebulan lamanya.

"Video saya khusus membahas dan menampilkan perbandingan ukuran asteroid dengan Kota New York. Saya melihat bahwa hampir tidak ada video tentang asteroid, jadi saya pikir itu ide yang bagus untuk membuat asteroid," ujar Alvaro dilansir dari Borepanda.

Lebih lanjut Alvaro menjelaskan, orang-orang tak perlu terlalu khawatir tentang kehadiran asteroid. Namun menurutnya, ada beberapa asteroid yang berbahaya bagi Bumi.

Itulah kenapa kata Alvaro, penting bagi semua pihak untuk membuat asteroid tetap berada pada posisinya dan tak saling bertabrakan dengan Bumi.

tyailustrasi asteroid di Tata Surya (pixabay/Thomas Breher)

"Meskipun ada asteroid yang sangat besar, namun yang paling berbahaya adalah yang kecil karena mereka lebih sulit untuk dideteksi," ujar Alvaro.

Alvaro sendiri mengaku bahwa ia sangat menyukai dunia 3D. Inspirasi untuk membuat vide ini didapatkan Alvaro saat berjalan-jalan.

"Saya selalu suka membuat video di YouTube, terutama animasi, tetapi saya tidak pernah mengetahuinya, saya menemukan animasi di sepanjang jalan," sambungnya.

Sebenarnya, video ini bukanlah karya pertama Alvaro. Sebelumnya, Alvaro pernah membuat video animasi yang membandingkan ukuran planet, Bulan dan beda langit lainnya di Tata Surya.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pernah membuat sebuah skenario jika asteroid menghantam Bumi.

Dalam skenario tersebut, NASA mengibaratkan asteroid bisa dicegah untuk tak menghantam Bumi.

Namun rupanya, pecahan asteroid itu meluncur bebas ke Kota New York.

Jika serpihan itu benar menghantam Kota New York, maka kekuatan hantamannya seperti 1000 kali lipat kekuatan bom atom di Hiroshima.

Asteroid ini bahkan bisa meratakan wilayah Central Park dan Manhattan hingga menewaskan 1,3 juta orang.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Yang mungkin kamu suka
Komentar