Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Momen Super Junior Mengubah K-Pop Sebagai Musik Internasional (2)

Momen Super Junior Mengubah K-Pop Sebagai Musik Internasional 2
Super Junior, boy group asal Korea yang membanggakan.
Cocok buatmu

Sebagai grup musik senior, Super Junior masih menjadi panutan hingga saat ini. Mereka bertahan dalam arus regenerasi dalam dunia K-Pop. Kendati memiliki banyak junior yang nggak kalah hebat, namun Lee Teuk dan kawan-kawan membuktikan bila grupnya mengikuti perkembangan zaman.

Maka nggak heran bila SuJu adalah kelompok K-Pop yang penampilannya selalu ditunggu-tunggu. Sebagai lanjutan dari ulasan sebelumnya, berikut momen yang mengubah Korean Pop sebagai musik internasional berkat kehadiran anak didik SM Entertainment ini. 

1. Memenangkan Choice International Artist 2015

Penghargaan lain yang diterima oleh Super Junior adalah Choice International Artist dalam Teen Choice Awards 2015. Pertunjukan ini juga didiukung oleh seluruh fans internasional, sehingga semakin membawa mereka ke jajaran kelompok terdepan. 

2. Grup K-Pop pertama yang masuk dalam Billboard lagu Latin

Super Junior pernah masuk dalam tangga lagu Latin Digital Song Sales dan berhasil menduduki peringkat 13. Kemudian mereka membuktikan kembali dalam Billboard's World Digital Song Sales, yang mana berada di posisi kedua berkat Lo Siento.

Itu artinya mereka adalah seniman K-Pop pertama yang berhasil masuk dalam tangga lagu Latin. Mengulang kesuksesan lalu, SuJu kembali merilis lagu bernuansa Latin berjudul Mamacita

3. Artis berbahasa asing pertama yang memenangkan Artist of the Year dalam KKBOX Music Awards

Sudah nggak asing lagi bila Super Junior hadir dalam penghargaan musik Taiwan. Mereka bahkan pernah memenangkan Best Korean Singer of the Year pada tahun 2012 dan Best Korean Artist (2013 & 2015).

Tahun ini, SuJu kembali mengukir sejarah sebagai artis berbahasa asing pertama yang menerima Artist of the Year. Nggak heran sih, meski senior mereka tetap menunjukkan kapabilitas sebagai musisi.

Super Junior merupakan gerbang K-Pop memasuki dunia internasional. Nggak heran bila grup besutan SM Entertainment ini menjadi tren dan patokan dari kelompok lainnya. 

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar