J_astor Menulis artikel
@jastor

Jajanan Tradisional Jogja yang Wajib Kamu Coba Pas Berkunjung

Jajanan Tradisional Jogja yang Wajib Kamu Coba Pas Berkunjung
Bukan cuma Gudeg aja nih yang wajib dicoba kalau kalian liburan ke Jogja. Ada banyak jajanan tradisional yang antre buat diicipi.
Cocok buatmu

Kota gudeg bukan hanya punya bakpia saja, ada banyak jajanan tradisional dengan cita rasa yang nampol yang harus kamu masukin list untuk dicoba pas berkunjung ke sini. Sekalian wisata alam dan tempat bersejarah, tak ada salahnya bukan mengisi perut kosong dengan jajanan khas berikut ini?

1. Kue kipo

Kwikku, Kue kipo
Sumber: cookpad.com

Konon katanya, nama kue kipo diambil dari singkatan 'iki opo' atau yang artinya "ini apa", pertanyaan masyarakat mengenai apa nama kue ini justru membuahkan penyebutan kue 'kipo' pada makanan yang punya cita rasa seperti klepon. jajanan khas Kotagede tersebut berisi parutan kepala dan gula jawa. pengolahannya pun unik, yakni degnan cara di panggang. Sudah pernah nyobain?

2. Jadah tempe

Kwikku, Jadah tempe
Sumber: phinemo.com

Kalau yang satu ini sih favoritnya Sultan. jajanan ini adalah perpaduan antara kepalan ketan putih yang disandingkan dengan tempe bacem. Jadah tempe banyak ditemukan di lereng gunung Merapi, tepatnya di daerah kali urang.

3. Walang goreng

Kwikku, Walang goreng
Sumber: kompaswisata.com

Pernah berkunjung ke bagian selatannya provinsi Jogja? Gunung Kidul, ya, ketika kalian berkunjung ke kawasan wisata di sana, pasti kalian sering melihat beberapa lapak pedagang di jalana yang menjajakan walang goreng. Bisa nggak ya, makanan yang satu ini disebut dengan jajanan ekstrem? berani coba?

4. Tiwul

Kwikku, Tiwul
Sumber: jogjaregale.com

Jajanan yang dulunya merupakan makanan pokok ini banyak ditemukan di kawasan gunung kidul. Makanan jenis ini bahan utamanya adalah singkong. singkong ini dikeringkan di bawah terik matahari, di tumbuk dan kemudian dikukus. Dahulu makanan ini digunakan sebagai pengganti nasi, tak heran jika tiwul kerap dimakan dengan lauk pauk sayuran dan semacamnya. tapi banyak juga tiwul yang diolah manis dengan kelapa dan gula jawa. Bahkan sekarng ini tiwul dikreasikan dengan berbagai rasa.

5. Geblek tempe

Kwikku, Geblek tempe
Sumber: carimakanankhas.blogspot.com

Seperti namanya, makanan khas dari Kulon Progo DIY ini terdiri dari geblek. geblek ini dipadukan dengan tempe besengek yang asin gurih. Tempe ini bukanlah tempe biasa yang terbuat dari kedele, melainkan terbuat dari sejenis kacang koro. Kalau kalian berkunjung ke sekitaran daerah baratnya Jogja, geblek tempe ini wajib dicoba

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar