Hutomo D Menulis artikel
@symphonia86

Animelovers Wajib Tahu! Ini Perbedaan OVA, ONA, OAD, dan Special Episode

Animelovers Wajib Tahu Ini Perbedaan OVA ONA OAD dan Special Episode
Sudah tahu belum?
Cocok buatmu

Kamu yang suka anime mungkin sering dengar istilah OVA. Selain OVA, ada juga ONA, OAD, hingga Special Episode. Sebenarnya, apa beda dari semua itu?

1. OVA

Kwikku, OVA
Sumber: akihanews.com

OVA atau Original Video Animation merupakan episode tambahan yang dipublikasikan kepada publik dalam bentuk format video, tanpa penyiaran di TV terlebih dahulu. Di beberapa anime, ada anime yang hanya memiliki episode OVA saja, dan nggak memiliki episode seperti serial anime umumnya yang berjumlah minimal 12 episode. Biasanya anime seperti itu hanya memiliki beberapa episode saja, seperti Aki Sora, Futari Ecchi, dan anime-anime lainnya.

2. ONA

Kwikku, ONA
Sumber: animenewsnetwork.com

ONA atau Original Net Animation adalah anime yang dipublikasikan dengan menampilkannya di internet. Tentu saja, penayangannya itu dilakukan dengan cara streaming di situs-situs tertentu. Dengan kata lain, ONA cuma bisa ditonton di internet, dan nggak tayang di bioskop apalagi TV.

3. OAD

Kwikku, OAD
Sumber: imgur.com

OAD atau Original Animation DVD sedikit berbeda dengan OVA. Jika pada OVA disiarkan secara publik dalam bentuk format video, maka pada OAD dipublikasikan dengan cara menjualnya dengan cara menjadikan anime tersebut ke dalam kepingan DVD atau BluRay.

4. Special Episode

Kwikku, Special Episode
Sumber: animekompi.web.id

Special Episode adalah sebuah episode khusus yang durasi animenya cuma beberapa menit, dan biasanya sama sekali nggak memiliki hubungan dengan alur cerita aslinya. Seperti misalnya anime K-ON! yang memiliki episode spesial menampilkan para tokohnya dalam bentuk chibi.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Komentar