Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Mengulik Fakta Menarik di Balik Benyamin Sueb, Pemeran Pengki Terdahulu

Mengulik Fakta Menarik di Balik Benyamin Sueb Pemeran Pengki Terdahulu
Sebelum nonton film remake-nya, kulik fakta tentang si pemeran Pengki terdahulu, yuk!

Dunia hiburan tanah air pernah diramaikan oleh seorang sosok multi talenta dari Betawi. Ya, siapa lagi kalau bukan Haji Benyamin Sueb atau yang biasa disapa Bang Ben. Beliau merupakan seniman serba bisa yang menjadi salah satu pionir kebangkitan dunia film dan musik Indonesia.

Pria kelahiran 5 Maret 1939 ini sedari kecil sudah membantu perekonomian keluarga lewat kemampuannya dalam bidang seni. Terhitung, ia telah menelurkan 75 album musik, dan 55 judul film. Sedangkan untuk dunia sinteron, salah satu yang paling terkenal adalah Si Doel Anak Sekolahan yang tayang di tahun 90-an.

Selain sepak terjangnya di dunia hiburan tanah air, khususnya Betawi, beliau punya fakta yang tidak semua orang tahu, lho. Apa saja?

1. Bang Ben Punya Profesi Lain Sebelum Jadi Seniman

Kwikku, Bang Ben Punya Profesi Lain Sebelum Jadi Seniman

Saat masih kecil, Benyamin cilik sudah mengamen keliling kampung untuk membayar biaya sekolah tujuh kakaknya. Kemudian pada tahun 1959 beliau menjadi kondektur bus PPD. Tidak berhenti sampai di sana. Sang legenda ini kemudian menggeluti bidang militer sebagai bagian amunisi peralatan Angakatan Darat dari tahun 1959 hingga 1960. Setelah itu, dipindahkan ke bagian musik Kodam V Jaya pada 1957-1968.

2. Punya Cita-cita

Kwikku, Punya Citacita

Bang Ben sebenarnya memiliki cita-cita yang jauh dari dunia hiburan. Beliau pernah mengungkapkan bila ingin menjadi seorang pilot. Namun sayang, impian tersebut harus kandas lantaran tidak direstui oleh orang tua dan alasan lain dari sang ibu adalah ‘takut jatuh'.

3. Menikah Dua Kali

Kwikku, Menikah Dua Kali

Seorang Benyamin Sueb ternyata pernah menikah dua kali. Istri yang pertama adalah Hj. Noni yang dinikahinya pada tahun 1959. Namun mereka sempat bercerai di tahun 1979, dan akhirnya rujuk di tahun yang sama. Dari pernikahan pertama, Bang Ben dan istri dikaruniai lima orang anak. Tidak berhenti sampai di sana, beliau kemudian menikahi Alfiah dan dikaruniai empat orang anak.

4. Namanya Jadi Sebuah Jalan

Kwikku, Namanya Jadi Sebuah Jalan

Benyamin Sueb menghabiskan seluruh usianya untuk mengabdi pada dunia kesenian Betawi. Ia juga yang telah mengharumkan nama Betawi hingga ke pelosok Nusantara. Berkat dedikasinya itulah akhirnya namanya diabadikan sebagai jalan di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

5. Film Benyamin Sueb

Kwikku, Film Benyamin Sueb

Selama masa hidupnya, Bang Ben telah bermain dalam 55 layar lebar. Debut aktingnya dimulai dari tahn 1970 dan berakhir di tahun 1992. Kabaya Saba Metropolitan merupakan film terakhirnya.

6. Benyamin Pencipta Ondel-ondel

Kwikku, Benyamin Pencipta Ondelondel

Boneka Betawi bertubuh besar dan kerap kali dipamerkan di waktu-waktu tertentu ternyata namanya diciptakan oleh Bang Ben, lho. Dulu orang menyebutnya sebagai barongan. Namun, saat lagu Ondel-ondel booming semua orang menyebut boneka tersebut dengan nama Ondel-ondel.


7. Punya Kakek Tokoh Masyarakat

Kwikku, Punya Kakek Tokoh Masyarakat

Benyamin Sueb memiliki seorang kakek bernama Haji Rofiun. Panggilan akrabnya Haji Un, tapi lambat laun disebut Jiung. Nah, kakek dari sang legenda ini merupakan orang terpandang di kawasan Kemayoran dan sekitarnya. Kong Jiung meninggal pada 1954 di usia 125 tahun.

8. Pernah Berperan Antagonis

Kwikku, Pernah Berperan Antagonis

Dalam sebagian besar film Benyamin, beliau selalu berperan sebagai seorang yang lucu. Bahkan guyonannya benar-benar bisa mengocok perut. Namun ternyata, beliau juga pernah berperan sebagai tokoh antagonis, lho. Dalam film Angkara Murka yang dirilis pada tahun 1972 Bang Ben memerankan tokoh Mat Kicer, seorang gembong perampok yang punya anak buah dan meresahkan warga.

9. Meraih Piala Citra

Kwikku, Meraih Piala Citra

Selama hidupnya, Bang Ben sudah meraih dua piala citra dari Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 1973 dalam film Intan Berduri dan FFI 1977 dalam film Si Doel Anak Modern.

Nah, kalau sudah pada tahu fakta tentang Benyamin Sueb, pemeran Pengki terdahulu. Jadi makin penasaran kan dengan akting Reza Rahadian di film Benyamin Biang Kerok? Tunggu tanggal mainnya pada 1 Maret 2018 nanti, ya! (ind)



0
0 none
Komentar