Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Alami Perkembangan Pesat, 3 Gereja Ini Berubah Fungsi Jadi Masjid

Alami Perkembangan Pesat 3 Gereja Ini Berubah Fungsi Jadi Masjid

INDOZONE.ID - Gereja menjadi bangunan yang dijadikan sebagai tempat ibadah umat nasrani. Setiap negara memiliki bangunan gereja yang kental akan filosofi dan nilai-nilai sejarah di dalamnya.

Perubahan dari masa ke masa membuat gereja akhirnya dialihfungsikan pada aktivitas lainnya. Beberapa gereja tua di sejumlah negara kini telah beralih menjadi masjid.

Salah satu alasan terbesar yang membuat perubahan ini terjadi akibat perkembangan umat Islam di suatu wilayah atau negara tersebut. Seperti yang terjadi pada sejumlah gereja tua yang ada di Eropa yang kini difungsikan sebagai masjid.

Namun, pengalihfungsian ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Ada beberapa faktor yang menguatkan perubahan itu terjadi. Misalnya, gereja sudah lama tidak dipakai sehingga menjadikan gereja sebagai bangunan yang terbengkalai.

Berikut ini deretan gereja yang berubah fungsi menjadi masjid yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/7/2020).

1. Masjid Jamme

masjidMasjid Jamme. (Travel.sygic)

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1743 ini dulunya merupakan gereja umat kristen protestan kemudian berubah menjadi kapel bagi kaum Metodis. Sekitar tahun 1976 barulah dialihfungsikan menjadi Masjid Jamme Brick Lane.

Menurut sejarah, masjid ini menjadi peradaban umat muslim di Inggris, kala itu imigran asal Bangladesh mendatangi kota London dan mendirikan komunitas muslim di sana. Bangunan masjid ini menjadi salah satu pusat kegiatan umat muslim di dataran Eropa khususnya London.

Hingga kini, Masjid Jamme sering menggelar berbagai macam kegiatan madrasah, diskusi, konferensi hingga aktivitas lainnya. Masjid ini juga dilengkapi dengan Mosque's Mother Tongue School. Terdapat empat kelas yang mengajarkan Alquran dan kajian Islam lainnya.

2. Masjid Hagia Sophia

masjidMasjid Hagia Sophia. (Theprint)

Aksi demonstrasi secara besar-besaran mendorong pemerintah Turki untuk mengubah museum Hagia Sophia menjadi masjid. Di masa lampau, Hagia Sophia merupakan katedral agung bagi seluruh umat kristiani.

Hagia Sophia dibangun pada abad ke-6 di masa Kekaisaran Bizantium untuk mendirikan gereja Ortodok Konstantinopel hingga Kekaisaran Ottoman di tahun 1453.

Kemudian pada masa Perang Dunia ke 1, Ottoman jatuh. Kemal Ataturk yang kala itu menjadi pemimpin sekuler Turki langsung mengubah Hagia Sophia menjadi museum.

Namun, perkembangan dan penyebaran Islam yang semakin meluas akhirnya Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan mengubah Hagia Sophia sebagi masjid. Hingga ini ada sekitar 3.000 masjid yang tersebar di seluruh wilayah Istanbul.

3. Didsbury Mosque

masjidDidsbury Mosque. (Machestereveningnews)

Manchester menjadi salah satu kota yang paling maju di Inggris, di sana ada sebuah bangunan gereja tua yang masih berdiri kokoh tanpa adanya salib pada menaranya. Karena di masa ini, gereka tersebut telah dialihfungsikan sebagai masjid.

Minimnya jumlah umat kristiani di wilayah tersebut mendorong umat muslim yang berada di Distrik Didsbury bersikukuh menjadikan bangunan ini sebagai masjid. Beberapa interior seperti patung telah dipindahkan dan diganti dengan karpet berwarna hijau.

Bagian dalam gereja juga telah dipasangkan mihrab, mimbar dan petunjuk arah kiblat. Tak hanya itu, umat muslim di sana juga menambahkan ruang wudhu dan mengubah beberapa ruang keuskupan menjadi sebuah kantor dan madrasah. 

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Komentar