Mama Muda Janda Kaya
14. Scene 27-28

27.FADE IN – INT. – RUMAH IBU PATI – PAGI

 

Cast : Serbia, Yuna, Ibu Pati,

 

Di depan pintu rumah yang terbuka, Ibu Pati berdiri menggandeng tangan Yuna. Serbia hendak berangkat kerja, menitipkan padanya.

 

 

SERBIA (sudah berpakaian seragam)

 

Umi berangkat yaa sayaaang. Assalammalaikum. Muach, muach.

(Mencium kening Yuna)

 

 

YUNA

 

Iya, Umi.

 

 

IBU PATI

 

Abinya Una mana? Kok enggak bareng? Bukannya lagi masuk pagi juga?

 

 

SERBIA

 

Hmmm, udah berangkat duluan tadi.

 

 

IBU PATI

 

Ohh...

(Menatap gelagat Serbia yang kikuk, seakan paham kalau Serbia sedang perang dingin dengan Karyadi)

 

 

SERBIA

 

Ya udah, Bu, Ebi berangkat dulu.

 

 

IBU PATI

 

Iya.

(Namun segera mengikuti Serbia sampai pagar depan)

Ibu minta uang, buat jajan Una.

 

 

SERBIA

(Menengok, lalu memberikan uang dua puluh ribu rupiah)

 

 

IBU PATI

 

Tambah sepuluh lagi.

 

 

SERBIA

 

Udah, Bu. Una jajannya berapa sih?

 

IBU PATI

 

Ckk, buat nambahin belanja.

 

 

SERBIA

 

Ebi juga buat makan, Bu.

 

 

IBU PATI

 

Udah sini cepetan. Ibu doain biar rejeki kamu banyak.

 

 

SERBIA

 

Haaaaahhh.

(Mengembuskan napas dengan raut cemberut, tapi tetap memberikan uang 10k)

 

Serbia berjalan – FLASH BACK

 

VO – WISNU

 

Di masa depan nanti, kita harus jadi orang kaya.

 

 

Serbia berjalan (Tatap mata dan sikapnya berubah)

 

Serbia berbelok jalan, menuju sebuah gang, kemudian berhenti di depan sebuah warung yang masih tutup. Ia pun mengambil ponsel dan menelpon seseorang.

 

 

 

***

 

 

 

 

28.FADE IN – EKS/INT. – Jalan raya dari dalam mobil – pukul 07.45

 

Cast : Nikita, Nikita (7 tahun yang lalu), ibu Nikita (43 tahun), seorang wanita tua, dua orang anak kecil, ekstras para pengguna jalan

 

Nikita sedang mengendarai mobil, menikmati pemandangan jalan.

 

VOICE OVER

 

(Nikita yang sedang berkata lantang)

Ya udah, anggaplah omongan orang itu selalu benar.

 

 

FLASH BACK – MONTAGE

 

Adegan Nikita berseteru dengan ibunya di pinggir jalan. Potongan adegan/Montage itu seiring dengan dialog mereka.

 

 

NIKITA – 7 TAHUN YANG LALU

 

Sekarang, kenapa? Mamah udah jijik sama Niki?

 

 

IBU NIKITA

 

Hidup kita memang susah, tapi mamah gak pernah mendidik kamu jadi pelacur!

 

MONTAGE Berubah menjadi ACT

 

NIKITA

 

Hahaha. Mamah selalu menuntut Niki masalah uang, tapi Mamah gak terima sama apa yang Niki lakukan untuk cari uang. Kalau Mamah mau anggap Niki bukan anak Mamah lagi, silahkan! Sekarang juga Niki akan pergi.

 

 

IBU NIKITA

 

(Menarik baju Nikita)

Kamu benar-benar anak kurang ajar! Bangsat kamu!

 

ACT

 

Saat berhadapan, Ibu Nikita melayangkan tangan ke wajah sang anak. Menamparnya. Tetapi Nikita langsung mengangkis.

 

 

NIKITA

 

Cukup, Mah! Gue udah dewasa, dan gue enggak butuh lagi sama elo!

(Berbalik badan dan berlalu)

 

 

CUT TO

Nikita sedang mengendarai mobil sambil menangis

 

Beberapa saat kemudian, dari dalam mobil tampak sebuah gerobak barang bekas yang terparkir di pinggir jalan, di depan sebuah gerbang besi yang tertutup. Seorang wanita tua sedang duduk di samping gerobak. Dua anaknya sedang bermain di trotoar.

 

 

NIKITA – BERBICARA SENDIRI

 

Allah... inilah aku kalo lagi dateng tua-nya.

(Menusap air mata)

Jika Engkau masih peduli dan sayang kepadaku, jadikanlah ini sebagai pahala bagiku.

(Kakinya menginjak pedal gas)

 

 

LS – Mobil yang melaju cepat menuju arah putar balik.

 

CU – Ban mobil yang berhenti di dekat gerobak

 

ACT – Nikita turun dari mobil. Wanita tua dan kedua anaknya merasa heran.

 

 

NIKITA

 

Permisi, Ibu.

 

 

WANITA TUA

 

Iya, Mbak, ada apa yaa?

 

 

NIKITA

 

Saya mau tanya, suami ibu ke mana yaa?

 

 

WANITA TUA

 

Ada urusan apa Mbak nanya-nanya suami saya?

 

 

NIKITA

 

Maaf, Bu, jangan salah paham dulu. Saya berniat baik kok.

 

 

WANITA TUA

 

Oh... suami saya sudah lama meninggal, Mbak.

 

 

NIKITA

 

Hmmm, berarti kedua anak ibu yatim yaa?

(Nikita melihat dua anak. Wanita tua mengangguk)

Jadi gini, Bu... Tolong Ibu dengarkan saya sebentar.

(Mengatur napas)

 

 

NIKITA – CONT’D

 

Di dalam diri saya ada dua hal yang selalu bertolak belakang. Pertama, saya senang sekali kalo melihat orang kesulitan masalah keuangan. Mereka yang mengais-ngais rejeki seperti anda ini, hahaha.

Tapi jika sudah malam, saya sering menangis kalo mengingatnya lagi, Ibu.

Saya hanya ingin mastikan, apakah saya masih pantas untuk berbuat baik?

Saya....

 

 

WANITA TUA

 

Itu adalah malaikat dan setan yang ada di dalam diri setiap orang, Mbak. Saya yakin Mbak ini aslinya adalah orang yang baik.

 

 

NIKITA

 

(Menatap wajahnya)

Hari ini saya memang berniat akan mengangkat dua orang anak yatim, dan kebetulan saya melihat Ibu. Jadi, saya putuskan untuk memberikan kebutuhan mereka sampai lulus SMA.

 

 

WANITA TUA

 

Allahu Akbar.

(Air matanya berlinang)

 

 

NIKITA

 

Bisa saya minta alamat rumah Ibu.

 

 

WANITA TUA

 

(Memandang takjub)

Mmm, Mbak ini siapa yaa?

 

 

NIKITA

 

Saya Nikita, Bu. Ibu punya nomor handphone?

 

 

WANITA TUA

 

(Menggeleng)

 

 

NIKITA

 

Oke.

(Mengeluarkan note dan pulpen dari dalam tas)

Silakan tulis tempat tinggal ibu di kertas ini. Saya akan cari waktu untuk datang.

 

 

WANITA TUA

 

(Menerima)

Saya enggak bisa baca tulis, Mbak.

 

 

NIKITA

 

Hari gini masih ada orang yang...

(Menghentikan ucapan dan menutup mulut)

 

VO – Dering ponsel

 

 

NIKITA

 

(Mengangkat panggilan Serbia)

Waalaikum salam

(Mendengar sejenak)

Hahaha, berubah pikiran kan lo.

 

 

NIKITA – CONT’D

 

Lagian... Emang lo mau kerja selamanya? Nanti gue doain, biar lo kerja di sana sampai umur 55 tahun. Mau gak lo?

 

 

NIKITA – CONT’D

 

Hahaha, ya udah, nanti gue sherlok.

 

 

ACT – Wanita tua memberikan kembali note dan pulpen.

 

 

NIKITA

 

Gini aja deh, Bu. Hmmm, hari terakhir di setiap bulan, ibu stay di sini seharian. Nanti saya akan datang ke sini.

 

 

WANITA TUA

 

Baik, Mbak.

 

 

NIKITA

 

Mungkin ini bisa jadi rejeki Ibu di hari ini

(Memberikan uang Rp.1.000.000)

 

 

WANITA TUA

 

(Terperangah dan menerima)

Terima kasih banyak, Mbak. Terima kasih.

(Seraya ingin memegang kedua tangan Nikita)

 

 

NIKITA

 

 (Langsung melepaskan tangan)

Baik, Bu. Saya masih ada urusan lain.

 

 

WANITA TUA

 

Terima kasih, Mbak.

                                       

                                                                                              

FADE OUT – Nikita bergegas naik mobil untuk menemui Serbia.

 

 

***

Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar