Jika Mentari Tak Kembali
6. Mencoba Jalan Lain
Skrip ini masih diperiksa oleh kurator

EXT. NASI GORENG KAKI LIMA — MALAM

Suasana di nasi goreng kaki lima itu cukup ramai, semua kursi yang di sediakan disana terisi penuh oleh pembeli. Terdengar suara dentingan alat masak dari salah satu penjual nasi goreng yang sedang menuangkan nasi goreng ke dalam piring. Di dekatnya, Putri berdiri menunggu pesanannya. Tak lama penjual itu memberikan dua piring nasi goreng kepada Putri, Putri pun menyerahkan uang pada Penjual itu. 

PUTRI

Makasih ya Mas. Kembaliannya ambil aja. 

PENJUAL NASI GORENG

Makasih Mbak.

Putri lalu berjalan sambil kedua tangannya membawa dua piring nasi goreng ke arah mobil yang terparkir dekat gerobak penjual itu. Di mobil itu, Mentari sedang duduk di dalam mobil dengan pintu terbuka, kakinya menjulur keluar mobil. Putri memberikan sepiring nasi goreng pada Mentari. 

PUTRI

Makan dulu, abisin tuh. Gara-gara hal ginian lo jadi lupa makan. 

Mentari tak menjawab dan hanya mulai memakan nasi goreng itu. 

PUTRI

Inget, lo tuh lagi hamil...

MENTARI

Ssst!!

(Melotot pada Putri)

PUTRI

(berbisik)

Lo tuh lagi hamil, harus jaga kesehatan. Oh iya, gimana tadi ngobrol sama Pak Hendra?

Bersamaan dengan perkataan Putri, Terdengar suara telepon dari ponsel Mentari. Mentari pun merogoh kantong celananya lalu mengeluarkan ponselnya. Di layar ponsel itu tertulis “Kevin”. Mentari mengabaikannya lalu menyimpan ponselnya lagi. 

PUTRI

Siapa? Kok ga diangkat?

MENTARI

Kevin. Gue masih bingung harus alesan apa ke dia. 

PUTRI

Bilang aja lo harus ngurus bokap lo. 

MENTARI

Mana bisa, dia kan yang biayain pengobatannya, dia pasti tau kondisi Bapa. 

PUTRI

Iya sih...Gimana kalo bilang aja lo sakit. 

Tak lama ponsel Mentari kembali berdering. Di layar ponsel itu tertulis “Kevin”. Mentari menatap Putri. Ia pun lalu mengangkat telepon itu. 

MENTARI

Ada apa? 

KEVIN (O.S.)

Dimana lo? Udah jam berapa ini? Cepetan sini!

MENTARI

Gue gabisa hari ini lagi ga enak badan. 

KEVIN (O.S.)

Mulai berani cari alesan ya sekarang. 

MENTARI

Udah ya, nanti gue kabarin lagi. 

Mentari menutup teleponnya lalu lanjut fokus pada nasi gorengnya namun hanya di mainkan dan tidak dimakan. 

PUTRI

Abisin, jangan di mainin doang. 

Mentari hanya diam. 

INT. RUANG KELAS — PAGI

Mentari dan Putri berjalan bersama menuju Ruang Kelas. Saat sampai di Pintu Kelas, mereka di hampiri oleh Kevin yang berjalan dari arah kursi paling belakang kelas itu. Dengan cepat Kevin menarik tangan Mentari. 

KEVIN

Sini lo!

(Berbisik)

Kevin menarik tangan Mentari berjalan menyusuri lorong yang masih terlihat sepi karena saat itu masih terlalu pagi untuk Mahasiswa datang ke Kampus.

EXT. BELAKANG GEDUNG — CONTINOUS

Kevin berhenti berjalan di belakang Gedung. Disana tidak ada siapa siapa kecuali mereka berdua. Mentari terlihat marah.

MENTARI

Apaan sih? Gue kan udah bilang gue gabisa datang.

KEVIN

Bukan soal itu. Salah satu client laporan kalo lo datengin mereka terus pake marah-marah segala. Apa sih yang ada di otak Lo? 

Mentari menjadi kebingungan karena ucapan Kevin tersebut. 

MENTARI

Emm, soal itu...

KEVIN

Inget! Urusan lo sama mereka itu cuma didalem kamar. Diluar itu, lo ga ada urusan sama mereka, diluar lo ga kenal mereka. Emang ada kepentingan apa lo sampe harus datengin client? Kurang duit yang gue kasih?

MENTARI

Iya gue yang salah. Ga seharusnya gue kaya gitu. 

KEVIN

Pokoknya gue gamau denger laporan kaya gitu lagi. Bahkan Gue sama Lo ga seharusnya ngobrol disini. Ini pun terpaksa karena lo akhir-akhir ini kabur-kaburan terus. Gue ga peduli alesan lo kabur-kaburan, tapi inget, lo masih harus lunasin utang Lo. Makin lo males-malesan, makin lama juga lo harus kerja sama gue. 

Kevin pun menatap tajam Mentari lalu pergi dari sana meninggalkan Mentari sendirian. 

EXT. LORONG KAMPUS — MOMENT LATER

Mentari berjalan perlahan menyusuri lorong kampus sambil memegangi perutnya. Wajahnya terlihat seperti sedang menahan rasa mual. Dari kejauhan, Putri menghampiri Mentari. 

PUTRI

(Berbisik)

Dia ngomong apa barusan? 

MENTARI

Bukan apa-apa kok. 

Mentari masih memegangi perutnya sambil menahan rasa mual. Putri yang melihat itu menjadi cemas. 

PUTRI

Lo sakit Tar?

Tiba-tiba Mentari terlihat seakan akan muntah dan mulai berjalan agak cepat menuju Toilet Wanita yang ada di depat situ. Putri yang melihat itu pun mengikuti Mentari masuk. 

INT. TOILET WANITA — CONTINOUS

Mentari berjalan cepat sambil memegangi mulutnya menuju ke arah wastafel yang ada di dalam Toilet. Sesampainya di wastafel itu, Mentari pun muntah mengeluarkan rasa mual yang sedari tadi ditahannya. Putri yang mengikutinya pun menghampiri lalu mengusapi punggung Mentari. Wajahnya cemas melihat Mentari. 

PUTRI

Lo sakit Tar? Kita ke Klinik ya?

Mentari hanya menjawab dengan lambaian tangannya menandakan penolakan. Putri lalu lanjut mengusapi punggung Mentari. Tak lama Mentari menegakan badannya lalu menghadap cermin yang ada di wastafel itu. 

MENTARI

Gue gapapa, Morning sickness gini udah biasa. Dari bulan ke 3 udah gini.

Putri menatap Mentari lewat cermin dengan ekspresi khawatir. 

INT. RUANG KELAS — MOMENT LATER

Suasana kelas saat itu penuh oleh Mahasiswa yang sedang fokus memperhatikan Bu Ajeng yang sedang mengajar di depan Kelas. Sementara itu, Di barisan tengah paling kiri Kelas, Mentari duduk disana bersebelahan dengan Putri. Mentari duduk dengan kaki sebelah diangkat ke atas kaki satunya. Ia memijat kakinya itu dengan tangan kirinya, sedangkan tangan kanannya sedang menulis materi yang di jelaskan oleh Bu Ajeng. Sesekali, saat Mentari sedang berhenti menulis, tangan kanannya beralih mengelus perutnya sendiri yang sudah terlihat membesar secara perlahan. Putri melihat hal itu lalu menunjukan ekspresi kasihan pada Mentari. 

INT. KANTIN — SIANG

Suasana Kantin saat itu cukup ramai. Dari arah salah satu kedai, Putri sedang berjalan membawa semangkuk mie ayam ditangannya. Ia berjalan ke arah meja yang diduduki Mentari. Putri pun sampai di meja itu lalu duduk dan menyimpan mie ayam yang di bawanya di meja. Fokusnya beralih melihat ke arah Mentari yang sedang memainkan ponsel sambil memakan buah buahan. Ekspresi Putri heran melihat Mentari yang makan buah buahan. Ia pun lanjut mengaduk mie ayam sambil wajahnya masih heran melihat tingkah Mentari. 

INT. PERPUSTAKAAN — SIANG

Putri sedang mengetik sambil membaca buku di sebuah meja yang ada di Perpustakaan. Suasana disana sepi, hanya ada mereka berdua dan seorang wanita yang duduk di ujung Perpustakaan. Tak lama, Mentari datang menghampiri meja yang diduduki oleh putri sambil membawa beberapa buku. Mentari duduk lalu menyimpan buku yang dibawanya di atas meja. Mentari lanjut mengambil satu buku dengan sampul bergambar bayi dari tumpukan buku itu lalu membacanya. 

PUTRI

Lo ga ikut ngerjain juga?

MENTARI

Nanti aja di kost, gue ga bawa laptop. 

Mentari menjawab namun matanya fokus membaca buku yang ada ditangannya. 

PUTRI

Beda ya, sekarang lo bacanya gituan.

MENTARI

Biar nanti kedepannya ga kaget. 

Putri lanjut fokus mengetik pada Laptopnya. Sementara itu Putri juga fokus dengan buku bacaannya. 

PUTRI

Tar, kapan kita mau lanjut gerak lagi jalanin rencana?

MENTARI

Nanti lagi deh Put, gue cape mikirin itu terus. 

PUTRI

Tapi kalo ga cepet-cepet, keburu perutnya makin gede. Liat tuh, sekarnag aja udah mulai keliatan gede. 

MENTARI

Gue tau. Tapi, jangan buru-buru juga. Kita juga belom punya rencana pasti kan. Jangan kaya sebelomnya kita tanpa rencana. 

PUTRI

Gue cuma khawatir Tar.

MENTARI

Gue malah kepikiran buat cari kerjaan sampingan. Jadi waiters atau tukang cuci piring gitu. Gue harus cari duit juga buat lunasin utang gue. 

PUTRI

Lo yakin? Liat tuh perut lo udah segede itu, kalo sampe kecapean bahaya Tar. 

MENTARI

Tapi kalo gue diem terus kaya gini, ga akan ada solusi juga. 

PUTRI

Udah gue bilang kan, gue bisa gadein mobil gue dulu buat bayar utang lo. Nanti lo tinggal bayar ke gue. Dari pada lo terus di kejar Kevin kan. 

MENTARI

Lo udah banyak bantu gue Put, gue ga mau ngerepotin. Gue juga belom tau kan nanti bayarnya gimana. 

PUTRI

Kan yang penting urusan lo sama Kevin selesai dulu aja. 

MENTARI

Udah gausah Put. Biarin gue mikirin cara ngurus masalah yang gue buat sendiri. 

PUTRI

Terserah lo deh. Seenggaknya Gue udah nawarin solusi. 

Mentari hanya diam dan lanjut fokus pada buku yang di bacanya. Tak lama Mentari melihat ke arah jam tangannya lalu lanjut merapikan barang dan bukunya. 

MENTARI

Put, gue harus cabut duluan jenguk Bapa.

PUTRI

Yaudah ayo gue anter. 

MENTARI

Udah gausah, Lo beresin aja dulu itu. 

(menunjuk ke arah laptop)

Putri menutup laptopnya lalu memasukan nya ke dalam tas dan membereskan bawang bawaan lainnya. 

PUTRI

Bisa di lanjut nanti kok. Lagian pusing ngerjain mulu. 

Putri berdiri lalu mengambil tasnya dan beberapa buku yang ada di meja. Mentari pun ikut berdiri lalu mereka berjalan menjauh dari meja itu. 

INT. RUANG ICU — SORE

Mentari dan Putri berdiri di depan pintu Ruangan ICU. 

MENTARI

Lo tunggu di sini ya. Ga lama.

Putri menganggukan kepala dan Mentari pun menutup pintu Ruangan itu. Mentari berjalan masuk ke arah tempat tidur ayahnya. Ia lanjut duduk di kursi yang ada di sebelah tempat tidur ayahnya. Ia melihat ayahnya masih tidak sadarkan diri. Mentari memegang tangan ayahnya yang terpasang infus, matanya menatap wajah ayahnya. 

MENTARI

Bapa. Mentari mau cerita. Harusnya kabar ini jadi berita bahagia buat Bapa. Tapi gara-gara Mentari ngambil jalan yang salah, kabar ini malah jadi kabar buruk. Mentari hamil Pa. Bapa bakal punya cucu. 

Mentari mulai meneteskan air mata, tangannya yang tadi memegangi tangan ayahnya mulai beralih menghapus air mata nya yang mulai turun. 

MENTARI

Bener kan Pa? Harusnya ini jadi kabar baik. Tapi kalo caranya kaya gini, ini jadi kabar buruk. Ini semua salah Tari Pa. Tapi Tari mutusin buat ga gugurin janinnya, Tari gamau makin ngerasa bersalah karena bunuh janin ini. Maafin Tari Pa. 

Mentari membenamkan wajahnya ke tangan ayahnya lalu menangis tersedu sedu. 

EXT. HALAMAN RUMAH SAKIT — MOMENT LATER

Mentari dan Putri berjalan perlahan menyusuri jalan setapak di Halaman Rumah Sakit. Sisi kiri dan kanan jalan setapak itu di penuhi oleh pepohonan. Beberapa orang sedang beraktifitas disana. 

MENTARI

Gue udah bikin rencana buat kedepannya. 

PUTRI

Jadi lo udah mau lanjut nyari lagi?

MENTARI

Gue nanti bakal cari cara buat bikin janji sama orang orang itu biar ga ada lagi kasus kita di usir Satpam. 

PUTRI

Gimana tuh caranya?

MENTARI

Nanti gue pikirin. Pokoknya kita mulai gerak pas udah ada kepastian bisa ketemu sama target kita. Sambil nunggu itu, gue mau cari kerja sampingan. 

PUTRI

Jadi lo juga belum tau harus gerak lagi kapan?

MENTARI

Belum. Soalnya kita gaboleh sembarangan kaya sebelumnya. Kalo gapunya rencana bagus, malah ga akan ada hasil. 

PUTRI

Terus lo mau nunggu sambil cari kerjaan sampingan? Mau kerja apa?

MENTARI

Ya apa aja yang ada Put. Sekedar jadi waiters atau tukang cuci piring juga gue ambil. Seenggaknya gue punya penghasilan. 

Mentari berhenti berjalan lalu menghampiri seekor kucing yang ada di sampingnya. Mentari berusaha berjongkok namun agak kesulitan karena perutnya. Akhirnya mentari duduk berlutut menghadap kucing itu. Ia mengelusi kucing itu. Lalu, mentari mengeluarkan susu kotak yang ada di dalam tasnya. Mentari membukanya dan menuangkannya pada tangannya dan memberikannya pada kucing itu. Kucing itu pun minum dari tangan Mentari. 

PUTRI

Lo tetep harus jaga kesehatan Tar. Kalo lo emang mau kerja, pikirin juga fisik lo. 

MENTARI

Iya Put gue tau.

Mentari lanjut fokus memberi susu pada kucing itu.

Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar