Jika Mentari Tak Kembali
4. Tak Bisa Lagi Kembali
Skrip ini masih diperiksa oleh kurator

INT. MOBIL — SORE

Mentari duduk di kursi penumpang, di sampingnya Putri sedang mengemudikan mobil. Mentari terlihat terus mengelus-elus perutnya, wajahnya sedikit berkeringat.

MENTARI

Tenang Put, gue kan udah gapernah telat dateng ke kampus lagi. Tapi gue tetep harus maksimalin nilai gue sampe akhir semester. Lagi pula gue udah terbiasa. Gue cuma harus kaya gini tiga bulan lagi biar utang gue ke Kevin bisa lunas. Gue juga ga mau kaya gini terus.

PUTRI

Tiga bulan? Berengsek si Kevin. Gini aja, Lo boleh pake duit gue dulu buat bayar utang lo ke dia. Lo harus berhenti secepatnya Tar.

MENTARI

Udah gausah Put. Gue makin ga enak kalo gini.

PUTRI

Tapi Gue ga mau lo kaya gini terus Tar. Bilang cepet berapa sisa utang lo?

MENTARI

Sekitar seratus lebih Put.

Ekspresi wajah Putri berubah kaget saat mendengar itu.

PUTRI

Seratus juta?!

MENTARI

Iya Put. Total biaya Rumah Sakit Bapa hampir 250 juta. Selain itu juga gue udah perhitungin buat nabungin sebagian biar setelah gue lepas dari Kevin, gue masih punya dana buat ngurus Bapa.

PUTRI

Kalo gue jual mobil ini mungkin bisa buat bantu lo Tar.

MENTARI

Jangan Put. Ini masalah gue. Gue ga mau bikin Lo repot karena masalah yang gue bikin.

Selama berbicara, Mentari selalu memegangi dan mengelus perutnya. Wajahnya pun sesekali terlihat menahan sakit. Putri yang melihat itu menjadi penasaran.

PUTRI

Lo sakit? Dari tadi gue liat lo megangin perut terus.

MENTARI

Iya nih gatau kenapa perut gue kaya sakit banget. Mual banget kerasanya.

PUTRI

Tuh kan, Lo terlalu sibuk sampe ga peduli kesehatan sendiri. Kita ke klinik ya Tar.

MENTARI

Gausah Put. Anter gue ke kost aja.

PUTRI

Udah gausah ngelawan deh. Liat tuh lo sampe keringetan gitu. Kalo lo tiba-tiba pingsan di kost kan malah makin repot. Ikutin gue aja ya.

Mentari hanya diam sambil terus menahan sakit yang terjadi pada perutnya.

INT. RUANGAN KLINIK — SORE

Mentari berbaring di tempat tidur, bajunya terbuka di bagian perutnya. Seorang Dokter sedang memeriksa perutnya menggunakan stetoskop.

DOKTER

Sudah berapa lama Ibu tidak menstruasi?

MENTARI

Sekitar satu bulan, mungkin lebih.

(berusaha mengingat)

DOKTER

Bu Mentari ini hamil.

MENTARI

Hah! Dokter jangan bercanda.

(Kaget)

Mentari menatap Putri dengan tatapan bingung. Mentari masih berbaring di tempat tidur, sementara itu Dokter mengambil alat USG lalu melakukan proses tes pada perut Mentari. Di sisi Mentari, Putri sontak memegangi kepalanya sendiri seakan tidak percaya.

DOKTER

Ibu Mentari hamil, usia kandungan Ibu sudah masuk minggu ke tujuh. Ibu bisa melihat di layar, janin nya terlihat sehat.

(menunjuk layar)

Mentari dan Putri menoleh ke arah layar yang menunjukan janin dalam perut Mentari. Wajah mentari berubah kaget setelah melihat itu.

MENTARI

Janin? Dok, ga mungkin saya hamil dok. Tolong periksa lagi, mungkin mesinnya salah, atau mungkin dokter yang salah.

(panik)

DOKTER

Tidak ada kesalahan Bu. 

Mentari menundukan kepalanya, sebelah tangannya memegangi kepalanya sendiri.

INT. KAMAR TIDUR — MALAM

Mentari terduduk di ujung tempat tidur sambil memegangi kepalanya sendiri. Di depannya, Putri juga terduduk diam sambil melihat pada Mentari. Wajah mereka berdua terlihat kebingungan.

MENTARI

Masalah apa lagi ini. Kok bisa bisanya dunia bisa sejahat ini sama gue. Bapa belom sadar, utang gue belom kebayar, beasiswa terancam di cabut dan sekarang gue hamil tapi gue sendiri gatau ini anak siapa.

(Kesal dan marah. menahan tangis)

PUTRI

Tar. Lo tenang dulu ya.

MENTARI

Tenang? gimana caranya gue bisa tenang sekarang? Gue hamil Put. Artinya gue gabisa lagi kerja buat bayar utang dengan kondisi kaya gini. Lucu ya, pelacur hamil tapi gatau bapanya siapa.

PUTRI

Jangan ngomong gitu Tar! Gue bakal bantu. Gue bisa jual mobil gue. Kalau di gabung sama tabungan gue mungkin bisa bantu buat bayar utang Lo tar.

MENTARI

Gue bilang jangan! Kalo lo sampe jual mobil lo, sampe ngorbanin tabungan lo. Gue akan makin ngerasa bersalah.

PUTRI

Terus lo mau gimana?

Mentari terdiam sejenak berusaha untuk berpikir.

MENTARI

Gue harus gugurin kandungan.

PUTRI

Udah gila ya lo? Itu sama aja kaya ngebunuh, aborsi itu kriminal. Mending lo ngerasa bersalah karena nyusahin gue dari pada lo harus ngerasa bersalah seumur hidup karena udah ngebunuh janin dalem perut Lo.

MENTARI

Percuma gue pertahanin. Lagi pula kalau pun lo bantu gue bayar utang ke Kevin, gue jadi utangnya sama lo. Terus kalau dia lahir ke dunia, siapa yang mau biayain dia sedangkan gue harus tetep cari uang buat bayar utang gue ke Lo. Terus beasiswa gue? Pasti di cabut kalo ketauan gue hamil apalagi ga ketauan siapa bapaknya.

PUTRI

Ya tapi ga dengan cara lo gugurin kandungan juga. Lo orang baik tar, gue gamau sampe lo ngerasa bersalah karena bunuh janin itu.

MENTARI

Kalau dia lahir ke dunia gue akan lebih ngerasa bersalah. Anak ga berdosa lahir dari janin seorang pelacur. Dia bahkan ga tau ayahnya siapa. Terus kalo dia lahir mau di kasih makan apa? Apa yang bisa di harepin dari orang miskin kaya Gue.

Mentari dan Putri saling bertatapan dan terdiam. Suasana didalam kamar itu hening seketika. Mentari yang sedari tadi menahan tangis akhirnya menangis.

MENTARI

Gue capek Put. Kenapa semua masalah ini bisa dateng terus terusan kaya gini. Gue pun gamau bunuh janin ini, tapi gue gapunya pilihan lain.

(menangis sesenggukan)

Putri menghampiri Mentari lalu memeluknya. Mentari pun menyandarkan kepalanya pada bahu Putri. Tangisannya semakin tak tertahan. Putri mengelus-elus rambut tari yang sedang ada dalam pelukannya. Mereka terdiam sejenak dalam posisi itu. 

PUTRI

Gimana kalo kita cari tau siapa ayah dari janin lo? Dengan gitu mungkin kita bisa minta tanggung jawab dari dia. Seenggaknya mungkin beban biaya anak lo nanti bisa lebih ringan.

MENTARI

Gimana caranya? Gue aja gak tau laki-laki mana yang bikin gue hamil.

PUTRI

Pasti ada caranya. Kita jangan ambil keputusan pas lagi emosi kaya gini. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, gue bakal bantu lo Tar.

Mentari menatap mata Putri lalu mengangguk seakan mulai ada harapan dari masalahnya itu.

MENTARI

Tapi kalo gue ga kerja...

PUTRI

Udah, kita pikirin itu nanti.

(memotong ucapan Mentari)

Mentari kembali membenamkan kepalanya pada bahu Putri.

INT. KAMAR KOST — PAGI

Mentari sedang bersiap-siap untuk pergi ke kampus. Ia sedang duduk di depan cermin sambil merias wajahnya dan menata rambutnya. Tak lama, terdengar suara ketukan dari pintu kamar. Mentari menoleh ke arah pintu dengan wajah agak bingung. Suara ketukan itu terdengar lagi, Mentari pun berjalan ke arah pintu lalu membuka pintu perlahan. Wajahnya mengintip sedikit melihat ternyata Putri yang ada di depan pintu. Putri membawa sebuah tas belanja di tangannya.

MENTARI

Tumben masih pagi kesini.

PUTRI

Mulai hari ini, Lo berangkat kuliah bareng gue.

(berjalan masuk ke kamar)

MENTARI

Gue bisa bernagkat sendiri kok.

PUTRI

Ga boleh, gue harus jagain Lo. Pokonya nurut aja oke. Ayo cepetan, nanti malah telat.

Mentari menatap Putri sejenak, Putri membalas dengan gerakan kepala mengisyaratkan Mentari agar bergegas. Mentari pun bergegas mengambil tasnya, namun Putri menahannya.

PUTRI

Sebentar. Lo gabisa pake baju kaya gini.

Putri memnerikan tas belanja yang sedari tadi di bawanya pada Mentari. Mentari membuka tas itu lalu mengeluarkan sebuah kemeja oversize.

PUTRI

Perut Lo suatu saat bakal tambah gede. Jadi mulai sekarang Lo harus biasain dengan style kaya gini biar orang ga curiga. Cepetan pake, jangan sampe kita telat.

Mentari memakai kemeja itu lalu mengancingkannya. Setelah itu Ia mengambil tasnya. Mereka berdua pun keluar dari kamar kost itu.

INT. MOBIL — MOMENT LATER

Mentari duduk di kursi penumpang di samping Putri yang sedang mengemudi. Mentari terus memegangi kemejanya sendiri sambil seseakali mengelusnya.

MENTARI

Makasih banyak Put. Udah care sama gue, sampe bawain baju kaya gini segala.

PUTRI

Kan udah dibilang, gue bakal bantu.

MENTARI

Sorry ya sebelumnya gue nutup diri dari Lo. Jujur malu Put kalo harus nyeritain kondisi gue saat ini.

PUTRI

Udah ah lupain aja. Oh iya, gue nemu cara buat cari tau siapa ayah dari janin lo. Tapi kita harus ke klinik lagi.

MENTARI

Gausah Put, gue udah tau caranya.

Mentari mengambil tasnya lalu mengeluarkan sebuah buku dan juga pulpen. Mentari membuka pulpen itu lalu menuliskan angka angka pada buku itu.

MENTARI

Dokter bilang kalo usia kandungan gue ini masuk minggu ke 7, artinya sekarang masih minggu ke 6. Terus, terakhir gue halangan itu hampir dua bulan yang lalu atau 8 minggu. Artinya ada jarak waktu dua minggu diantara tanggal menstruasi terakhir dan awal janin ini ada.

Mentari membuka ponselnya lalu membuka aplikasi kalender yang ada di ponselnya. Sementara itu Putri menatapnya dengan penuh penasaran.

MENTARI

Terakhir gue menstruasi itu tanggal 20 April. April ada 30 hari.

(menandai tanggal 20 April)

Artinya kemungkinan gue berhubungan ada antara 21 April sampe 4 Mei.

PUTRI

Sejak kapan lo kepikiran cara kaya gini?

(Heran)

MENTARI

Barusan.

Putri terlihat heran sekaligus takjub melihat Mentari saat itu.

EXT. ATAP GEDUNG KAMPUS — SIANG

Suasana siang hari itu tidak terlalu panas. Di Atap Gedung itu hanya ada Mentari dan Putri saja. Mereka berdua berdiri bersebelahan di tepian gedung itu sambil menghadap ke arah jalanan. Mentari fokus menulis sesuatu di sebuah buku yang dibawanya.

MENTARI

Gue tinggal cari tau siapa aja yang jadi konsumen gue di dua minggu itu.

Tiba-tiba Putri menghadapkan tubuhnya pada Mentari.

PUTRI

Sebentar. Gue masih penasaran. Tapi bukannya mereka itu kalo berhubungan sama Lo harus pake pengaman ya? Sorry Tar gue nanya gini. Gue cuma penasaran aja.

Mentari menyimpan pulpennya pada buku lalu mengalihkan pandangan pada Putri. Mentari menghela nafas sejenak.

MENTARI

Sebenernya emang harus pake pengaman. Cuma gue pengen bisa bayar utang ke Kevin lebih cepet, sama gue pengen punya tabungan juga. Jadi tanpa sepengetahuan Kevin, gue ngebiarin konsumen gue ga pake pengaman asal mereka berani bayar lebih. Ini salah gue juga sih.

PUTRI

Oke gue cukup tau aja. Lanjutin rencana rencana lo tadi sampe mana.

Mentari lanjut mengambil pulpennya kembali lalu menuliskan tanggal 21 April berurutan hingga 4 Mei secara berjarak. Namun mentari berhenti menulis lalu diam sejenak. Putri memperhatikan mentari heran.

MENTARI

Tapi kalo gue udah bikin list ini, cara gue cari mereka dan nanyain ke merekanya gimana ya?

PUTRI

Sekarang kan jamannya sosial media Tar. Kita bisa cari data sama tempat tinggal orang-orang itu di sosial media. Tapi masalahnya, Lo emang tau nama mereka?

Mentari terdiam dengan ekspresi berfikirnya sambil menatap Putri.

EXT. WARUNG FOTOKOPI — SIANG

Mentari dan Putri berdiri di depan Warung Fotokopi. Dihadapan mereka ada seorang penjaga fotokopi. Putri mengeluarkan sebuah flashdisk dari tasnya.

PUTRI

Bang, print. Nama filenya "Proposal skripsi marketing revisi beres jadi alhamdulillah"

Tukang foto kopi itu menatap Putri sejenak lalu pergi kedalam ruangan. Putri menoleh ke arah Mentari yang sedang menatapnya heran.

PUTRI

Proposal Lo mau sekalian di print juga?

MENTARI

Oh engga, punya gue udah kok.

PUTRI

Nah gitu dong, kalo lo rajin kan beasiswa lo pasti aman.

Putri mendekatkan wajahnya pada Mentari lalu berbisik.

PUTRI

Jadi Lo tau nama-nama konsumen Lo?

(berbisik)

MENTARI

Kesukaan semua cowo idung belang itu sama aja. Mereka seneng kalo lagi begituan tuh di puji, apalagi sampe di sebut namanya. Jadi tanpa gue minta, gue tau nama mereka.

(Berbisik)

Putri menatap Mentari dengan tatapan kaget dan senyuman yang sedikit aneh karena Mentari berbicara Se vulgar itu.

INT. KAMAR KOST — MALAM

Di Kamar Kost itu Mentari sedang berjalan mondar-mandir. Kedua tangannya di lipat di depan, kepalanya menunduk, wajahnya menunjukan dirinya sedang berusaha mengingat sesuatu. Di dekatnya, Putri sedang duduk menghadap laptop yang terbuka diatas meja.

PUTRI

Oke sekarang lo inget-inget tanggal 29 April Tar.

MENTARI

Hari Jum'at? Malem itu gue nerima lima tamu. Tapi yang bayar lebih cuma satu.

PUTRI

Nah siapa namanya? lo tau?

Seketika Mentari berhenti mondar-mandir lalu berusaha mengingat dengan keras.

MENTARI

Hendra, seinget gue namanya Hendra Subagja.

PUTRI

Yang ini Lo sampe tau nama lengkapnya?

MENTARI

Gue inget dia pake seragam. di seragamnya ada name tag.

PUTRI

Ga salah emang Lo dapet beasiswa, otak lo cerdas, ingatan lo bagus.

Putri mengetik nama Hendra Subagja pada kolom pencarian internet. Tak lama, di layar muncul beberapa artikel dan gambar seorang pria berseragam suatu partai politik. Mentari mendekatkan dirinya pada Putri berusaha melihat layar laptop juga.

MENTARI

Nah yang ini!

(Menunjuk pada salah satu foto di layar)

Putri lalu membuka beberapa artikel juga sosial media dari orang yang di maksud.

PUTRI

Gue kenal nih perumahan di foto ini. Wah di sosmednya sih harmonis banget sama keluarganya. Gue jadi kasian istri sama anaknya.

(Tertawa sinis)

MENTARI

Citra di media kan harus bagus Put. Bisa aja istrinya udah tau, cuma mereka pencitraan aja buat jaga nama baik suaminya. Kalo ga gitu, tar mereka cari duit dari mana.

PUTRI

Emang laki yang lo layanin itu kebanyakan udah berkeluarga gini?

MENTARI

Bukan kebanyakan, tapi semuanya. Kevin sengaja cuma ngasih gue ke konsumen VIP nya dia. Ya rata-rata udah berkeluarga.

Putri mengambil kertas dan bolpoin yang ada di dekatnya lalu menuliskan nama Hendra Subagja beserta dengan daerah perkiraan tempat kerjanya.

PUTRI

Sekarang lo inget-inget tanggal 30 April, hari Sabtu.

MENTARI

Seinget gue itu malem minggu, gue cuma nerima satu tamu. Dan VIP.

PUTRI

Oke lo tau namanya?

Mentari memejamkan mata sambil menundukan kepalanya berusaha mengingat dengan keras.

INT. LORONG APARTEMEN — MALAM (FLASHBACK)

Mentari dan Pak Bambang berdiri di depan pintu Kamar. Secara tiba-tiba tangan Pak Bambang menyentuh dagu Mentari lalu menghadapkan wajah Mentari ke arahnya yang sontak membuat ekspresi Mentari berubah risih.

PAK BAMBANG

Janganlah panggil Pak. Panggil Mas aja, Mas Bambang.

INT. KAMAR KOST — MALAM

MENTARI

Namanya Bambang. Tapi gue gatau nama panjangnya.

PUTRI

Yang namanya Bambang banyak Tar.

MENTARI

Waktu itu Kevin bener-bener nge treat dia beda dari yang lain. Pasti dia bukan orang sembarangan.

Putri fokus melihat ke arah layar laptopnya. Ia sedang mencari nama Bambang di mesin pencarian di laptopnya.

PUTRI

Nih, namanya Bambang. Dia anggota dewan.

(Menunjuk ke arah layar laptop)

Mentari menghampiri Putri lalu melihat ke arah layar laptop yang sedang menunjukan foto seorang pria.

MENTARI

Bukan. Ga se tua itu.

Putri membuka halaman lain dari browser laptopnya. Di halaman itu, termpampang sebuah foto pria muda.

PUTRI

Ini juga Bambang. Pewaris grup hotel yang terkenal itu.

MENTARI

Bukan dia juga.

Putri menjadi kebingungan. Sementara itu Mentari berjalan menjauh dari Putri lalu duduk di tepian kasur.

PUTRI

Kita fokus dulu aja ke nama-nama yang udah ada. Besok kita ketemu mereka. Sisanya kita cari tau lagi.


Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar