SUPERNOVA 1: Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh
Bentang Pustaka
Chapter #1
Keping 1 - Yang Ada Hanyalah ADA (Part 1)
Bagikan Chapter
  • Bookmark Paragraf ini
  • 1Senyawa amino yang terdapat antara lain pada darah dan otak, berfungsi sebagai hormon dan juga neuro-transmitter. Kekurangan serotonin berimplikasi kuat pada depresi dan beragam penyimpangan emosional. Sebaliknya, serotonin pun berperan penting dalam penciptaan rasa damai dan tenang. Obat-obatan rekreasional seperti LSD, Mescaline, Psilocybin, dan Ecstasy, bekerja langsung pada reseptor serotonin otak.

    2Teori tentang sistem deterministik, tetapi pergerakannya sangat sensitif terhadap kondisi-kondisi inisial sehingga tidak memungkinkan adanya prediksi jangka panjang.

    3Pengertian tentang atraktor secara sederhana kurang lebih dapat digambarkan melalui ayunan pendulum yang pada akhirnya akan berhenti di satu titik. Titik istirahat si pendulum itulah yang disebut para matematikawan sebagai titik atraktor atau titik baku. Lebih tepatnya, atraktor adalah region magnetis yang memiliki kekuatan dahsyat untuk menarik seluruh sistem ke dalam dirinya.

    4Secara etimologis, bifurkasi berarti tempat percabangan. Ilya Prigogine""salah seorang ilmuwan kontemporer yang menjadi pionir dalam penelusuran tentang sifat alamiah chaos dalam sistem""menempatkan bifurkasi sebagai konsep esensial. Bifurkasi dapat membawa sistem memfragmentasi dirinya menuju chaos, atau justru menstabilisasi sistem melalui perubahan yang dibawanya. Sesudah menjadi stabil, sistem yang telah melewati bifurkasi menjadi resisten terhadap perubahan hingga periode yang teramat panjang, sampai akhirnya muncul lagi titik-titik kritis yang mampu mengamplifikasi feedback dan menghadirkan bifurkasi baru.

    5Jaringan saraf dalam rongga abdomen, berlokasi tepat di depan aorta dan di belakang perut, terdiri atas ganglion yang mengirimkan impuls saraf. Beberapa pendapat mengatakan bahwa yang disebut "hati" atau pusat perasaan pada manusia sesungguhnya terdapat di solar plexus.

    6Ombak penyendiri yang mengarungi lautan dengan bentuk dan kecepatan konstan, tanpa pernah melebar dan terurai seperti ombak normal lainnya. Persamaan matematis yang digunakan untuk meneliti fenomena ombak soliton juga dimanfaatkan pada riset fusi nuklir dan superkonduktor.

    7Age, sex, location.

    8Dalam mitologi Hindu, Avatar berarti inkarnasi dari Yang Mahatunggal. Istilah ini juga biasa disinonimkan dengan konsep "Juru Selamat" dan sejenisnya.
    Chapter Sebelumnya
    Daftar Isi
    Kembali ke halaman awal
    Chapter Selanjutnya
    Chapter 2
    Keping 1 - Yang Ada Hanyalah ADA (Part 2)
    Komentar
    Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar