Sihir Marongge
3. Elden Menolak Percaya Sihir

INT. KAMAR TIDUR TAMU - RUMAH NARSIM - DESA MARONGGE

Tampilan layar laptop di atas kasur menunjukkan proses “hardware update” yang sedang berjalan. Sementara itu, Elden juga sedang “meremajakan perangkat keras”nya sendiri dalam celana boxer-nya. Ia tampak berkonsentrasi penuh dengan proses peluncuran proyektilnya. 

Tiba-tiba, JPRET!! Lampu mati. Layar laptop juga padam.

Terdengar UMPATAN Elden. “SHIT!”

Dalam keremangan, Elden terlihat melap tangannya dengan t-shirt yang teronggok di kasur. Membalut setengah badan bagian bawah dengan handuk. Lalu, membungkuk menekan tombol ON untuk menyalakan laptop. Tapi, laptop itu tidak juga menyala. Elden meremas rambutnya. Lalu, bangkit menendang tempat tidur.

SFX: Terdengar ADUHAN sakit Elden. “OUCH, OUCHH, OUCHHH!”

INT. KAMAR TIDUR TAMU - RUMAH NARSIM - DESA MARONGGE

OMELAN Ajeng terdengar perlahan hingga mencapai crescendo.

AJENG:

...Makanya, gue sering nyaranin elo...buat nulis di Google Drive... Biar kalau terjadi kegagalan hardware update kayak gini... Data riset lo aman! Udah...! Sekarang pake dulu laptop gue...! Untung gue bawa iPad!!

Elden berdecak, sambil serius mengotak-atik laptopnya yang dibongkar total.

ELDEN:

Tapi, itu gak akan nolong data gue yang ilang, Jeng...

AJENG:

Elo, kan punya back up file...?! 

ELDEN:

Ada di flashdisk. Tapi, ketinggalan di kostan temen gue di Lengkong! Dia juga lagi riset, kan sekarang di luar kota. Tau, kapan baliknya.

AJENG:

Eh, asli, lo ribet, ya? 

(garuk-garuk kepala)

ELDEN:

Elo yang ribet! Kalo kepala elo nggak dipenuhi dengan sugesti dan badan elo nggak clumsy, tuh air kopi nggak akan ngompol ke laptop gue!

AJENG:

Koq, jadi nyalahin gue, sih? Elo musti liat tanduk di kepala elo waktu ngeliat si Lila! Elo sendiri yang kasar, sampe nepis tangan gue segala!

ELDEN:

Itu nggak sengaja, Jeng! Gue cuman antusias ama temuan data itu! Kita lagi di tengah-tengah pendalaman Dinasti Sanjaya yang menurut elo Wisnuloka itu! Dan gue itu lagi seru-serunya baca tentang Pasukan Khusus yang diminta Raja Sanjaya untuk disiapkan Kerajaan Panjalu Ciamis di Gunung Sawal atas bantuan sahabat Bratasena yang bernama Rabbuyut Sawal. Gue lagi menyimpulkan kalau sebenernya, Islam itu udah jauh lebih lama masuk ke Indonesia daripada yang diakui sejarawan. Sebab, sebelumnya, nama Panjalu lebih dikenal dengan sebutan Kabuyutan Sawal... 
AJENG:
Nah, itu elo nyampe juga ke makalah yang gue bagi ke elo dulu itu?
ELDEN:
Eh, ini penemuan gue sendiri, enak aja...
AJENG:
Lha, gue di Jakarta udah pernah ngungkit soal penamaan mitos-mitos Yunani yang mirip ama makalah kita!
ELDEN:
Emang apa hubungannya ama Kabuyutan Sawal?
AJENG:
Boeitia itu menurut gue, nama yang dipake sama buyut-buyut kita untuk mereka nama wilayah kuno Sunda, yaitu Kabuyutan Sawal. Dari Ciamis ini, Kerajaan Pakuan yang pindah itu yang terbelah jadi Sunda dan Galuh. Batasannya, ya Panjalu ini. Kristen itu udah lahir sejak jaman 2000 tabun yang lalu. Apa yang malaikat lakukan untuk menyambut Islam di Dunia menurut elo?
ELDEN:
Wuih, jauh banget pikiran lo, Jeng! Koq, elo bisa punya pikiran ke sana?
AJENG:
Hipotesa gue jelas, kan gue percaya 1001 persen kalau Munding Wangi itu adalah Shurabi yang mengeluarkan aroma wangi. Shurabi itu inkarnasi paling rendah dari Krishna yang elo sendiri setuju, dewa tersebut adalah Yesus dalam pandangan Hindu. Karena, kata elo, kresna dalam bahasa Jawa artinya sama dengan ajaran Yesus, yaitu cinta kasih.
ELDEN:
Ya, terus?
AJENG:
Elo pernah denger apa aja kesamaan karakter Yesus dengan Krisna. Artinya, ajaran Krisna yang dibawakan yang masuk ke Nusantara itu catatan yang sama dibuat malaikat di Eropa. Gue, kan udah sebutin, kalau Boetia itu Kabuyutan, Minyans itu keturunan dari Mandiminyak, Thessaly itu Salakanagara, Hades itu Gunung Hade. Kesemuanya memiliki karakter yang sama, yaitu penuh dengan mistis. Itu adalah dunia kita sebagai orang timur zaman dulu, bro. Kenapa dalam bahasa Arab, Timur itu itu disebut dengan sharq, mirip dengan shirik atau sihir? Karena emanı banyak sihir.
ELDEN:
Nah, itu gue nggak suka kalo elo udah belok ke tema sihir. Udah, gue tidur ah!
AJENG:
Lha, Ini emang rancangan semesta! Kita nggak tahu apa yang ada di alam gaia, setelah mati. Apalagi di jaman nirleka, yang belum ada baca tulis. Semuanya, pastinya misterius bagi mereka.
ELDEN:
Cukup! Gue mau yidur! Elo ngomong situ deh ama tembok! Bukannya, tembok punya kuping? Itu misteri yang mesti elo pecahkan!
AJENG:
Ya, iyalah punya kuping! Gue mau bukan wall Fesbuk!

EXT. WARUNG MA ASAH - DESA MARONGGE - SORE

Lila sedang menggoreng nasi untuk dua porsi pesanan Elden dan Ajeng.

SFX: Terdengar suara ketikan laptop.

ELDEN: (V.O.)

(bergumam sambil mengetik)

Sebelumnya, nama Panjalu lebih dikenal dengan sebutan Kabuyutan Sawal... 
(berhenti mengetik)

Elden tertegun, lalu menoleh pada Ajeng yang sedang duduk membaca buku “Sejarah Perang Bubat” sambil mengetuk-ngetuk pensil ke kepala. Kepala Ajeng mendongak dari balik buku.

AJENG:

Kenapa? Koq, kusut?

ELDEN:

Gue jadi kepikiran ama omongan elo! 

AJENG:

Omongan yang mana? Omongan gue banyak!

ELDEN:

Soal Skenario Semesta yang elo bilang nggak bisa dipenggal itu.

AJENG:

Kenapa?

ELDEN:

Apa memang ada semacam rancangan Semesta dari para karuhun Majapahit dalam upaya menebus kesalahan sejarah terhadap Kerajaan Sunda?

AJENG:

Apa yang bikin elo berubah pikiran kayak gitu? Gue sih, setuju, tapi penasaran aja ama motif elo.

ELDEN:

Kenapa Roro Rubiah yang memimpin Prajurit Estri Mangkunegaran, menjuluki dirinya sendiri dengan nama Raden Ayu Matah Ati? Ini hint untuk menantang intelektual para penelusur sejarah! Gue yakin, itu bukan semata-mata karena dia putri kesayangan Kyai Matah, guru spiritual Pangeran Sambernyawa. 

AJENG:

Elaborate, please?

ELDEN:

Tapi, karena ada sejarah luka yang harus dibuka, diklarifikasi dan dituntaskan! Sekarang, elo pikir aja, bukankah julukan Matah Ati ini relatable ama cerita patah hati yang dialami Mbah Gabug? Ini kertas yang sama dari buku sejarah Perang Bubat yang menjadi bibit permusuhan dan sakit hati antara suku Jawa dengan suku Sunda itu, Jeng!

AJENG:

Nah, tuh, kan? Elo dapet benang merahnya! 

ELDEN:

Sekarang gue sampe pada kesimpulan akan adanya unsur genetika yang kuat yang ditumpahkan oleh Semesta ke kampung ini, sehingga walaupun keempat Putri karuhun Marongge itu nggak punya keturunan, tapi pesona mereka memancar kepada warga dan para peziarah di kampung ini. 

AJENG:

(berbisik)
Nah... Elo mulai kepikiran ama si anak tukang warung itu, ya? Awas, jangan-jangan elo kena pelet, lagi...

ELDEN:

Yah, elo, Jeeeng... Elo, kan bilang sendiri, tuh cewek emang cantik...
(berbisik)
Jadi, apa salahnya kalo gue sedikit aja ngelirik dia? 

AJENG:

Elo tuh bukan cuman ngelirik. Tapi ngiler, man!
(suaranya mulai kencang)

Lila menoleh pada mereka. Memasang telinga untuk menguping percakapan mereka.

ELDEN:

Heh, Jeng Putri! Elo pikir selera gue serendah itu? Gue nggak minat ama orang udik! She’s out of my league... Come on...

(menggendikkan bahu)

Kening Lila merengut.

ELDEN:
Dan gue, walau nggak mempraktekkan ibadah keyakinan gue, tapi nggak terjerumus ke dalam paham musyrik.

AJENG:

Besok lusa, kalo elo tiba-tiba ngebet ama dia, itu artinya elo kena pelet...
(berbisik)

ELDEN:

Gue nggak tahu apa-apa soal pelet, jadi, gue nggak relate ama dunia kayak gituan. Camkan, nih... Kalo kita nggak percaya ama ilmu kayak gituan, usaha mereka bakal mental dengan sendirinya dari kita.

AJENG:

Pelet itu artinya pemikat... Makanan ternak yang dicetak ke dalam bentuk butiran pil, kayak buat mancing ikan, itu disebut pelet. Elo boleh aja apatis, tapi sekalinya umpan itu elo caplok, elo dijamin bakal tergila-gila ama dia...

ELDEN:

Hey, Jeeeng... Nggak semuanya butuh penjelasan...! The art of knowing is knowing what to ignore. Kalo elo menyerap semua informasi yang elo terima, elo bisa disibukkan sama hal remeh-temeh yang nggak ada manfaatnya! Elo kayak bukan orang berpendidikan aja, koq bisa kejebak ke dalam waham kayak gitu?

AJENG:

Koq, jadi gua yang waham, sih?

ELDEN:

Keyakinan elo berdasarkan penilaian realitas yang salah. Nggak konsisten ama tingkat intelektual yang elo klaim sejauh ini!

AJENG:

Heh! Banyak hal-hal gaib yang jadi gerbang sains! Elo mau bilang kalo pembuktian ilmiah yang kita peroleh semua bersumber dari syak wasangka? Elo nggak percaya ama keajaiban?

ELDEN:

I believe in miracle! Not magic!
(mendengus)

AJENG:

Teknologi apa pun yang cukup maju tidak dapat dibedakan dari sihir!
(menjentikkan jari sambil tersenyum menang)

ELDEN:

Gue bukan Don Quixote! 
(ketus)
Technology IS miracle! Not magic!
(menekankan kata “is”)

AJENG:

Fisika itu ilmu yang dipakai untuk sihir! Kenapa dalam kasus santet bisa masuk paku atau rambut? Semua bisa dijelaskan melalui proses materialisasi energi. Asap rokok bisa mengalirkan entitas yang diisikan lewat jampi-jampi dan bikin elo kelepek-kelepek!

ELDEN:

(merengut kesal)

Berenti ngasih sugesti soal gue bakal kena pelet cewek kampung sini! Lo bikin tesis yang panjang, deh soal pelet, entar gue pake kertasnya buat bungkus tahu goreng!

AJENG:

Jangan sompral kalo ngomong... Entar kena batunya sendiri, tau rasa, lo.

(menimpuk Elden dengan pensil biru 2B)

Gue cuman concern ama elo... Jangan sampe skripsi lo terjegal sama urusan hormon elo di sini...

ELDEN:

Jangan khawatir... Gua nggak ada syur apa-apa ama tuh cewek! 
(geram)
Gue mendingan ama elo, yang biar tukang ngompol di celana, tapi punya intelijensia yang tinggi!

AJENG:

Nah, tuh elu ngakuin sekarang kalo IQ gue lebih tinggi dari elo?!

(mencibir)

ELDEN:

Gue nggak bilang IQ elo lebih tinggi! Elo ngada-ngada aja buat ngelak dari statement gue.

AJENG:

Ahhh, elo itu gombal! Gua nggak ada kemistri ama casanova kayak elo!
(melengos dengan raut malas lalu melirik wajah si El dengan ujung mata)

ELDEN:

Oh, elo mungkir, nih? Gue berani taruhan elo lebih tertarik ama penampilan fisik gue daripada otak encer gue!
(menyisirkan jari tangan ke rambutnya)

AJENG:

Udah casanova, demen taruhan lagi.
(bergidik)

ELDEN:

Daripada elo yang punya spekulasi buruk! Baca perkiraan cuaca aja elo ngaco!

(balik nimpuk Ajeng pake pensil biru 2B)

Elden dan Ajeng menengok ke arah Lila yang menyuguhkan dua piring nasi goreng. Ajeng melirik Elden dengan sudut matanya.

P.O.V ELDEN: Liontin batu berwarna ungu muda yang berda di belahan dada putih Lila.

CUT TO BLACK.


Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Rapih
4 bulan 3 minggu lalu