Lima Tahun Pernikahan
12. #12. Bertahan atau Berpisah?

70. INT. RUMAH IBU TARI - RUANG TAMU - MALAM

Tari dan Gea berada di depan pintu rumah yang dibukakan oleh ibu Tari.

IBU TARI

Kamu berdua doang sama Gea? Arka mana?

 

Tari dan Gea masuk ke dalam rumah.

TARI

Dira lagi nggak di rumah?

IBU TARI

Dia izin nginep di kostan temennya. Katanya mau ngerjain tugas kampus bareng.

TARI

Aku sama Gea nginep sini ya Bu.

Tari dan Gea berjalan menuju kamar Dira.

  

71. INT. RUMAH IBU TARI - RUANG MAKAN - MALAM

Tari, ibu Tari, dan Gea selesai makan malam. Tari mencuci piring. Lalu mengajak Gea sikat gigi.

TARI

Gea, kita sikat gigi dulu, yu.

Tari mengantar Gea ke kamar mandi untuk sikat gigi, kemudian membawanya ke kamar tidur. Lalu Tari kembali ke ruang makan. Ibu Tari masih duduk di sana. Sudah tersedia dua teh di atas meja.

IBU TARI

Minum teh, Tar. 

 

Tari minum tehnya.

IBU TARI (CONT'D)

Kamu nggak lagi berantem sama Arka, kan?

TARI

Bu, selama dulu nikah sama Bapak, pernah kepikir mau pisah nggak sih Bu? 

IBU TARI 

Nggak.

TARI 

Emang bapak nggak pernah buat salah apa Bu? 20 tahun nikah kan, nggak mungkin nggak pernah ribut dong? 

IBU TARI 

Wah ya sering. Sering banget malah. Kalau sebulan nggak berantem sama sekali tuh kayaknya ada yang kurang gitu. Cuma ya kita berantemnya pelan biar kamu sama Dira nggak denger.

 

TARI

Seringnya berantem soal apa, Bu?

IBU TARI

Almarhum bapakmu itu terlalu baik sama semua orang. Apalagi sama perempuan. Seringnya ya ribut karena ibu cemburu. Biar gimana juga ya temen-temen kantor bapakmu kan wanita karier, cantik-cantik. Dan banyak perempuan yang salah nangkep kebaikan bapakmu. Banyak yang naksir jadinya. Ada yang sampe kirim-kirim bingkisan ke rumah segala pake ucapan yang bilang suka sama bapakmu.

 

TARI

Terus ibu gimana?

IBU TARI 

Ya awalnya ibu biasa kalau yang nggak gimana-gimana. Tapi abis perempuan itu ngasih bingkisan, eh dia nekat dateng ke rumah. Nawarin diri lagi jadi istri kedua.

TARI 

Terus bapak gimana?

IBU TARI

Ya bapakmu jelas-jelas nolaklah. Dia nggak ada niat sama sekali poligami. Padahal ibu saat itu udah siap-siap mau pindah ke rumah nenek kamu aja kalau emang bapakmu mau kawin lagi. Mending pisah daripada harus diduain.

TARI 

Selain soal itu, ada lagi nggak Bu yang bikin sering ribut?

IBU TARI 

Apa ya, seringnya sih soal duit. Saking bapakmu baik banget sama orang ya. Pernah ada orang mau pinjem duit eh dia kasih dong. Padahal saat itu kita juga lagi susah duit. Itu juga nggak dia pinjemin, tapi beneran dia kasih jadi ya orangnya nggak balikin juga. Katanya masa cuma segitu aja minjem sih nggak enak juga nagihnya. Gitu.

 

TARI

Tapi biar gimana juga ibu tahan, kan sama bapak. Apa cuma karena anak-anak?

 

IBU TARI

Jangan pernah jadiin anak-anak tameng untuk bertahan di hubungan yang jelas-jelas udah nggak bisa diselamatkan.

Hubungan ibu dan bapakmu itu nggak ada yang rusak karena semua masalah itu. Berantem iya. Ribut iya. Marah-marahan, kesel-keselan iya. Tapi nggak ada yang hancur.

Jadi ya kenapa nggak tetap bertahan kalau emang nggak ada yang rusak? Kalau sekadar ada yang berantakan aja kan tinggal diberesin?

Tari tampak termenung.

IBU TARI (CONT'D)

Ada anak, ataupun nggak ada anak. Ya kami akan bertahan. Ya karena nggak ada alasan besar juga untuk bubaran kok. Cinta ibu ke bapak itu kuat banget. Sama kayak cinta bapak ke ibu. 

Kamu kenapa nanya begitu. Emangnya mau pisah sama Arka?

TARI

Nggak taulah Bu. Banyak masalah aja. Dan makin ke sini aku ngerasa nggak sejalan aja sama Arka. Kadang aku ngerasa apa baiknya aku hidup berdua doang aja ya sama Gea?

IBU TARI 

Tari, Arka itu kan suami yang udah kamu pilih sendiri.

TARI

Ya mungkin Tari udah salah pilih, Bu

IBU TARI 

Kalau ada masalah diselesaikan, bukannya lari.

TARI

Sumber masalahnya itu di dia, Bu. Cuma dia yang bisa nyelesainnya sendiri.

IBU TARI

Gea bukannya lengket banget sama bapaknya? Kamu yakin mau pisahin mereka?

 

TARI

Ibu sendiri tadi yang bilang kalau hubungan udah rusak jangan tahan cuma karena alasan anak.

 

IBU TARI

Itu, kan kalau benar-benar rusak. Emangnya kamu yakin betul hubungan kamu sama Arka udah hancur lebur dan nggak bisa diselamatkan sama sekali? Apa Arka mukulin kamu? Mukulin Gea? Apa dia selingkuh?

 

TARI

(menggeleng)

Ya emang dia nggak begitu, tapi dia nelantarin aku sama Gea. Dia nggak mau kerja serabutan sejak di PHK. Pas udah kerja lagi di tempat yang bagus, dia malah keluar gitu aja. Aku capek Bu jadi tulang punggung, ngurus anak, ngurus rumah. Apa bedanya aku sama single parent? Entah kenapa makin lama aku sama dia, aku ngerasa kita makin beda. Beda jauh. Aku makin nggak kenal dia, Bu.

IBU TARI 

Dulu ya waktu bapak kamu resign dari kantor demi buka usaha sendiri. Nggak lama kantornya kebakaran. Ludes semua. Dia jatuh banget saat itu. Yang ibu lakukan. Bukan makin jeblosin dia ke jurang. Tapi ibu bantu angkat. Biar dia nggak terpuruk sama kemalangannya itu.  

Suami punya salah kan wajar, Tari. Lagian, nikah itu proses belajar seumur hidup.

 

TARI

Iya, tapi kalau diulang-ulang salahnya namanya bebal.

72. INT. RUMAH IBU TARI - RUANG TAMU - PAGI

Ibu Tari mengirim pesan Whatsapp ke Arka.

TEKS DARI IBU TARI

Tari sama Gea ada di rumah ibu.

73. INT. RUMAH IBU TARI - RUANG TAMU - SORE

Suara ketukan di pintu masuk. Tari sedang membacakan buku untuk Gea di sofa. Mendegar ketukan, Tari meletakkan buku di meja dan membukakan pintu. Terlihat Arka tersenyum ketika pintu terbuka. Gea berlari memeluk Arka.

GEA

(senang)

Papaaa...! Kok baru jemput Gea sekarang, sih? Gea kangen banget sama papa.

ARKA

Papa juga kangen banget sama anak papa yang paling cantik ini.

Arka menggendong Gea. Masuk ke dalam rumah, duduk di sofa ruang tamu. Membuka tas yang dia bawa dan memberikan selembar kertas ke Tari. Surat itu adalah surat kontrak Arka di kantor barunya.

ARKA

Aku hari ini baru aja tanda tangan kontrak. Jadi Head of Digital. Posisi yang lebih tinggi dari sebelumnya, gaji yang juga lebih besar. Aku belajar banyak hal selama kamu nggak ada, Tari. Aku perbaikin diri aku. Seperti yang selalu kamu bilang. Seperti yang selalu kamu ingetin. Kalau bukan karena kamu ada di samping aku selama ini, aku nggak akan sampai di titik sekarang ini.

Aku mau kamu terus di samping aku. 

 

Arka mengambil seikat bunga mawar dari dalam tasnya dan memberikannya pada Tari. Air mata perlahan mengalir di pipi Tari. Tari menerima bunga itu dan hanya diam sambil menatap Arka.

ARKA

(memeluk Tari)

Happy wedding anniversary yang keenam, istriku tersayang. Aku mau ada tahun-tahun ke depan lagi yang aku lalui bareng-bareng sama kamu juga sama Gea.

Aku sayang kamu Betari Senandika. Rasa sayang yang jauuuhhh lebih besar dari hari pertama aku nikahin kamu enam tahun yang lalu.

Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar