Lima Tahun Pernikahan
5. #5. Kembali Menganggur

26. INT. RUMAH ARKA - KAMAR ARKA - MALAM

 

ARKA

Mulai minggu besok aku udah nggak kerja di Z-Time lagi. Aku resign.

TARI

Kamu resign dan nggak diskusi dulu sama aku?

ARKA

Ya buat apa? Keputusan aku udah bulet, kok.

 

TARI

Ya tapi kita baru aja napas lega Arka. Setelah 5 bulan kamu ngerasain kan nggak enaknya nganggur. Sekarang kamu udah dapet kerjaan di tempat yang kamu mau. Kamunya malah kabur gitu aja? Kamu yang dulu bilang kalo nggak kerja cuma itungan bulan? Ini kamu baru bentar banget di sana, Ka.

ARKA

Napas lega apaan? Aku bengek di sana tiap hari. Kamu tuh nggak tahu kesiksanya aku di sana kayak apa? Iya aku emang nggak mau yang cuma bentaran, tapi itu sebelum aku tau kalo bos aku itu psikopat!

TARI

Secapek-capeknya kerja, lebih capek nganggur, kan Ka? Jadi, mulai sekarang harus aku lagi yang kerja keras sendirian? Sambil ngurus Gea juga.

 

ARKA

Kamu ngerasa beban ngurus Gea? Bukannya kamu yang sering pulang malem banget? Gea sampe sering udah tidur pas kamu di rumah?

 

TARI

Oh, kamu tau itu aku itu kerja ya? Aku butuh ngerjain project lain di luar kerjaan utama aku, karena aku butuh tambahan uang buat ibu aku, buat adek aku.

Kalau nggak gitu gimana adek aku kuliah, gimana aku bisa ngasih uang ke ibu? Sekarang aku yang mesti kerja lebih keras lagi, kan? Aku kerja mati-matian juga buat keluarga kita, Ka.

Aku cuma pengen keluarga kita maju!

 

ARKA

Aku cuma pengen keluarga kita cukup!

 

TARI

Ya tapi bahkan untuk bisa nyampe ke taraf cukup itu kita nggak bisa begini-begini aja kan?

 

ARKA

Syukuri yang kita punya!

 

TARI

Salah kalau aku pengen kita berkembang. Salah kalau aku mau keuangan kita meningkat? Itu semua nggak ada hubungannya sama nggak bersyukur ya?

Kalo kita kayak gini terus gimana masa depan Gea. Aku pengen Gea nggak perlu ngerasain yang aku rasain. Kuliah susah karena nggak punya uang. Aku juga nggak mau nantinya kita tua malah bebanin Gea.

 

ARKA

Nggak usah terlalu dipikirin kalau bikin stres sendiri. Gea kuliah itu masih jauh banget. Kita hidup untuk hari ini. 

 

TARI 

Tapi kita hidup nggak cuma untuk hari ini doang. Mikir tuh yang panjang dikit kenapa sih? 

Aku tuh heran liat kamu yang sekarang. Arka yang aku kenal itu pekerja keras. Gigih. Dulu kamu bilang waktu kamu masih kuliah, kamu jadi tukang ojek, jualan kue di kampus buat nambah-nambah bayar kuliah kamu. Sekarang?

 

ARKA

Jangan tarik aku ke masa lalu. Aku bahkan nggak mau inget masa-masa pahit itu. Aku nggak mau ngulang semua itu. Menyedihkan tau gak saat itu.

 

TARI

Kamu yang sekarang. Itu jauh lebih menyedihkan.

Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar