MY LOVE 3
5. ACT II NO. 21

21. INT. 14 WALL STREET MANHATTAN NY 10005 USA – MEETING ROOM – SIANG JAM 01.00PM.

Roy menyalami Pak Hakim yang baru saja tiba dan mempersilahkannya untuk duduk di kursi di hadapannya dan memulai presentasinya dengan membawa maket perencanaan hotel Samuel Property di New York City.

 

ROY

Silahkan Pak Hakim untuk memulai presentasinya.

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Terimakasih kepada Bapak Roy atas kehadirannya pada hari ini meeting tentang apa itu hotel, sebelum memutuskan untuk membeli hotel ada baiknya Bapak Roy untuk mengetahui secara detail apa itu hotel.

 

ROY

Silahkan dilanjutkan.

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

(mengeluarkan slide gambar hotel bintang 7 Burj al-arab).
Menurut kesimpulan saya hotel itu adalah:
Pertama menggunakan sebuah bangunan fisik, kedua menyediakan jasa penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya, ketiga dibuka untuk umum, keempat dikelolah secara komersial.
Disamping itu seringkali disediakan sarana penunjang lainnya seperti: fasilitas bisnis, olah raga, musik, dll.


ROY

Bagaimana dengan sejarah perhotelan di New York City?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

(mengeluarkan slide The Tremont House).
Tahun 1794 di New York ada sebuah hotel yang dinamai City Hotel yang mempunyai kapasitas 73 kamar, Dan pada tahun 1829 dibangun sebuah hotel dengan nama “The Tremont House” yang dianggap sebagian para ahli sebagai awal mulanya perkembangan perhotelan modern di dunia. Hotel tersebut yang pertama memperkenalkan dan membagi jenis kamar Single dan Double, yang dilengkapi dengan kunci pada setiap kamarnya masing-masing, pelayanan oleh bellboy, air minum disetiap bagian kamar hotel, serta menyediakan masakan khas perancis di hotel tersebut. The Tremont House ini pun menjadi terkenal dan menjadi tempat persinggahan yang ramai di kunjungi. Yang perlu sangat di sadari bahwa usaha perhotelan adalah industri penjualan dan penyedia jasa untuk umum dan dikelola secara komersial.

 

ROY

Lanjutkan.

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

The Tremont House merupakan hotel yang pertama kali membagi dan memberikan pendidikan serta menyeleksi karyawannya untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan dalam memberikan pelayanan yang menarik kepada pengunjung atau tamunya. Pada saat itu hotel ini belum sama sekali menyediakan layanan kamar mandi dan pendingin ataupun penghangat ruangan untuk setiap kamarnya. Sekarang hal ini menjadi suatu keharusan. Setelah beroperasi 20 tahun lebih hotel ini kemudian ditutup untuk dikembangkan dan diperbaharui. Tidak di ungkiri lagi bahwa keberhasilan The Tremont House telah mendorong munculnya hotel-hotel baru di dunia yang kemudian saling bersaing untuk meningkatkan mutu hotel, baik pelayanan maupun fasilitas-fasilitas yang ada di hotel tersebut. Pada permulaan abad ke 20 mulai terjadi perubahan yang cukup signifikan di dunia industri perhotelan yaitu mulai dibagi dan munculnya hotel kelas menengah, mahal bagi para pembisnis, dan wisatawan yang betul-betul membutuhkannya, yang membuat hotel ini pun berkembang dengan ciri-ciri yang lebih mengutamakan kepraktisan.
Tercatat Ellswort M. Statler, orang yang sangat berjasa dalam menemukan ide-ide baru seperti cermin di ruang kamar, penyediaan koran pagi dll. Dalam waktu 40 tahun berikutnya, hotel-hotel milik Ellswort M. Statler menjadi salah satu contoh dalam perkembangan dan pembangunan konstruksi perhotelan di seluruh dunia.
Industri perhotelan pernah mengalami puncak kejayaannya, selama ataupun setelah perang dunia ke dua, banyak orang melakukan perjalanan, ataupun pindah tempat tinggal, mengungsi, orang-orang yang sedang cuti untuk berlibur, membuka kegiatan bisnis yang baru dll. Yang membuat mereka semuanya memerlukan jasa perhotelan untuk menginap ataupun beristirahat.
Pada masa meningkatnya industri perhotelan, hotel-hotel membagi jenis menurut penggunaan jasa dan lokasi hotel itu dibangun. Dulu terdapat dua jenis hotel yaitu, City Hotel yang merupakan hotel yang terletak di pusat kota yang digunakan oleh kebanyakan para pebisnis dan resort hotel yang difungsikan untuk para wisatawan yang bertujuan berwisata seperti ke pegunungan, pantai, danau, pulau dll. Di tahun 1950-an, di benua Eropa dan Amerika Serikat, dengan adanya persaingan yang semakin ketat, para investor hotel mulai sadar bahwa harus meningkatkan manajemen usaha mereka dan meningkatkan penjualan agar mereka dapat bersaing dalam industri perhotelan, seperti menyebar dan membuka cabang di Asia termasuk Indonesia.

 

ROY

Bagaimana dengan pengelompokan hotel itu sendiri?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Hotel dapat dikelompokan menjadi beberapa kategori, dengan rincian sebagai berikut:
Berdasarkan kelas ada hotel melati, hotel bintang satu, hotel bintang dua, hotel bintang tiga, hotel bintang empat, hotel bintang limaBerdasarkan kelas B.

 

ROY

Berdasarkan plan?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Full American Plan, Modified American Plan, European Plan dan Continental Plan.

 

ROY

Berdasarkan ukuran?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Small Hotel, Medium Hotel, Large Hotel.

 

ROY

Berdasarkan lokasi?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Resort hotel dan city hotel.

 

ROY

Berdasarkan area?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Suburb Hotel, County Hotel, Motel, Inn, Downtown Hotel, Airport Hotel.

 

ROY

Berdasarkan maksud kunjungan tamu?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Business Hotel, Tourism Hotel, Sport Hotel, Pilgrim Hotel, Cure Hotel dan Casino Hotel.

 

ROY

Berdasarkan lamanya tamu menginap?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Transit Hotel, Semi Residential Hotel dan Residential Hotel.

 

ROY

Kriteria jenis tamu?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Family Hotel.

 

ROY

Bentuk bangunan?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Cottage, Pondok Wisata dan Motel.

 

ROY

Wujud Fisik?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Produk Nyata dan Produk Tidak Nyata.

 

ROY

Bagaimana tingkatan hotel berdasarkan kelas atau bintang??? Persyaratanya?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Pertama bintang satu persyaratanya ada tiga yaitu: jumlah kamar standar minimal 15 kamar, kamar mandi di dalam, luas kamar standar minimal 20m2 Kedua bintang dua persyaratanya ada lima yaitu: jumlah kamar standar minimal 20 kamar, kamar suit minimal 1 kamar, kamar mandi dalam, luas kamar standard minimal 22m2, luas kamar suit minimal 44m2. Ketiga bintang tiga persyaratannya ada lima yaitu: jumlah kamar standar minimal 30 kamar, kamar suit minimal 2 kamar, kamar mandi dalam, luas kamar standar minimal 24m2, luas kamar suit minimal 48m2. Keempat bintang empat persyaratannya ada lima yaitu: jumlah kamar standar minimal 50, kamar suite minimal 3 kamar, kamar mandi dalam, luas kamar standar minimal 48 m2. Kelima bintang lima persyaratannya ada lima yaitu: jumlah kamar standar minimal 100 kamar, kamar suit minimal 4 kamar, kamar mandi dalam, luas kamar standar minimal 26 m2, luas kamar suit minimal 52 m2.

 

ROY

Bagaimana dengan Standar Organisasi Ruangnya?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Secara umum organisasi ruang pada bangunan hotel terbagi menjadi lima zona/area berdasarkan kehadiran publik dan unit hunian hotel. Zona-zona tersebut antara lain: Zona Publik, Zona Semi Publik, Zona Semi Privat, Zona Private, Zona Pelengkap.

 

ROY

Bagaimana dengan persyaratan kesehatan lingkungan dan bangunan hotel umum ?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Hotel selalu dalam keadaan bersih, Lingkungan dan konstruksi terawat, bangunan hotel harus kuat; utuhdan dapat mencegah penularan penyakit serta kecelakaan.
Mengenai tata ruang; pembagian ruang hotel harus ditata dan dipergunakan sesuai dengan fungsinya serta memenuhi persyaratan kesehatan.
Mengenai konstruksinya terdiri dari: Lantai, Dinding, Ventilasi, Atap, Langit-langit, Pintu, Pencahayaan.
Mengenai persyaratan kesehatan kamar atau ruang hotel umumnya adalah pertama selalu dalam keadaan bersih, tersedia tempat sampah yang cukup, bebas dari gangguan serangga dan tikus, udara di dalam kamar harus; tidak berbau, tidak berdebu/berasap (kadar debu kurang dari 0,26 mg/m3, mempunyai suhu 18 – 28 C, mempunyai kelembaban 40-70%, tidak terdapat kuman alpha streptococcous haemoliticus dan kuman pathogen, kadar gas beracun tidak melebihi nilai ambang batas.

 

ROY

Ada lagi?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Yang khusus pertama kamar tidur: dinding, pintu dan jendela kamar tidur yang tembus pandang harus dilengkapi dengan tirai yang tidak tembus sinar dari luar. Kedua Ruang istirahat karyawan harus; terpisah antara wanita dan pria, ada loker, ada kamar mandi, jamban dan peturasaan yang terpisah antara pria dan wanita. Ketiga ruang pengelolaan makanan dan minuman harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Keempat ruang cuci. Kelima gudang untuk menyimpan bahan makanan, bahan berbahaya, alat kantor, alat rumah tangga dll harus terpisah.

 

ROY

Bagaimana dengan persyaratan kesehatan fasilitas hotel ?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Pertama penyediaan air harus sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku mengenai ketersediaan, kapasitas, kesinambungan dan pendistribusian dengan menggunakan sistem perpipaan dan mengalir dengan tekanan positif serta terhindar dari cemaran silang.
Kedua pembuangan limbah; SPAL harus menggunakan sistem tertutup, kedap air dan air dapat mengalir dengan lancar, tiap air limbah harus diolah sehingga mutu effluent sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. Keempat toilet dan kamar mandi; harus tersedia jamban, peturasan dan tempat cuci tangan, harus selalu bersih, lantai terbuat dari bahan yang kuat, kedap air, tidak licin, dan mudah dibersihkan, dilengkapi dengan penahan bau, letaknya tidak berhubungan langsung dengan tempat pengelolaan makanan, kamar tamu, kamar tidur. Toilet wanita harus terpisah dengan toilet pria. Toilet tenaga kerja harus terpisah dengan toilet pengunjung. Tersedia kaca rias, tempat sampah, asbak, tissue, gantungan baju, pengharum ruangan, ember dan alat pengering tangan. Harus dilengkapi dengan tanda-tanda sanitasi yang berisi pesan mengenai kebersihan/kesehatan. Setiap kamar tidur harus dilengkapi dengan kamar mandi dan jamban.
Keempat tempat sampah; harus terbuat dari bahan yang kuat, ringan, tahan karat, kedap air dan mempunyai permukaan yang halus bagian dalamnya. Mempunyai tutup yang mudah dibuka atau ditutup tanpa mengotori tangan, mudah diisi dan dikosongkan. Jumlah volume tempat sampah disesuaikan dengan produksi sampah yang dihasilkan pad setiap tempat kegiatan. Sampah dari setiap ruang harus dibuang setiap hari. Harus tersedia TPS. TPS harus terletak di tempat yang mudah dijangkau oleh kendaraan pengangkut sampah dan minimal setiap 3 kali 24 jam harus dikosongkan.
Kelima peralatan pencegah masuknya serangga; sarana penyimpanan air harus tertutup dan bebas jentik nyamuk, pada titik tembus pipa dengan dinding harus rapat, setiap bangunan hotel harus dilengkapi dengan alat yang dapat mencegah masuknya serangga dan tikus.

 

ROY

Bagaimana dengan city hotel bisa di jelaskan?


KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

City Hotel merupakan hotel yang berada di pusat kota, dimana sebagian besar tamunya yang menginap adalah para pebisnis yang memiliki kegiatan berbisnis di kota tersebut.

 

ROY

Bagaimana dengan prinsip perencanaan ruang-ruang City Hotel?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Ada entrance, lobby, kamar tidur, restoran dan bar, ruang pertemuan, koridor dan tangga, sirkulasi, elevator.

 

ROY

Bagaimana dengan jenis-jenis kamar city hotel?


KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Ada single room, double room, twin room, triple room, Junior suite room, suite room dan presidential room.

 

ROY

Bagaimana pembedaan jenis kamar pada hotel international?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Standard room, superior room, deluxe room, suite room.

 

ROY

Bagaimana dengan jenis kamar berdasarkan letaknya?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Ada connecting roon, adjoining room, adjecent room, duplex room, cabana room.

 

ROY

Apa persyaratan umum kriteria hotel bintang lima?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Persyaratan fisik secara umum adalah lokasi, arsitektur, jumlah kamar, ruangan umum, fasilitas parkir, tempat pintu masuk, lobby lounge, front office, toilet umum, taman.
Persyaratan fisik secara akomodasi adalah kamar tidur, kamar mandi.
Persyaratan fisik secara makanan dan minum adalah ruang makan, bar.
Persyaratan fisik secara fasilitas penunjang adalah Ruang perkantoran untuk pengusaha hotel, ruang lena, kamar pelayanan, ruang laundry, dry cleaning, ruang penyimpanan perabot, ruang pemeliharaan dan perbaikan perabot, dapur, tempat penyimpanan makanan dan minuman, ruang penerimaan bahan makanan, pembuangan sampah.
Persyaratan fisik secara fasilitas karyawan adalah tersedia pintu masuk khusus, fasilitas mandi, kamar ganti pakaian/loker, ruang makan.
Persyaratan fisisk secara instalasi teknik adalah air, listrik, sistem pendingin dan pemanasan, komunikasi, elevator, pengamanan, saluran pembuangan air dan kotoran ini semua harus memenuhi persyaratan atau peraturan instasi pemerintah yang berlaku.

 

ROY

Bagaimana dengan persyaratan pelayanan?


KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Untuk pelayanan secara umum adanya pelayanan penjagaan keamanan, tersedia pelayanan P3K.
Kalau secara akomodasi ada penitipan barang berharga, penukaran mata uang asing, pengiriman surat & benda-benda pos, pemberian informasi, tersedia pelayanan air panas selama 24 jam.
Kalau secara makanan dan minuman ada ruang makan dan bar.
Kalau secara instalasi teknik ada car call dan baging, telephone 24 jam.
Kalau secara personil ada pemimpin hotel, kepala bagian, kepala bagian teknik, bahasa asing.

 

ROY

Terus bagaimana dengan fasilitas instalasi dan pelayanan tambahan?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Oh itu. Ada kolam renang, Olah raga dan rekreasi, sauna dan pijit, penyediaan ruangan, fasilitas tambahan lainnya seperti untuk konferensi, banquet hall, ruang bar ke dua, ruang makan kedua. Pelayanan tambahan dianjurkan adanya acara hiburan dan instalasi tambahan seperti TV di setiap kamar tidur dan telephone.

 

ROY

Ini maket perencanaan Hotel kita nanti setelah dibangun jadinya akan seperti ini?

 

KEPALA BAGIAN DEVELOPER SAMUEL PROPERTY

Betul Pak, ini maket hotel bintang lima.


ROY

Ok. Pak Hakim saya kira cukup untuk meeting kita pada hari ini saya akan hubungi Bapak lagi setelah kita mendapatkan hotel yang menjadi inceran kita.
Meeting Roy dan Pak Hakim Kepala bagian Develover Samuel Property telah usai. Sekarang Roy harus balik lagi ke Apartement Lady untuk melaporkan hasil meetingnya dengan Pak Hakim kepada Lady.


Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar