FIGURAN
4. Babak Belur

24. INT. LOKASI SUTING FILM ACTION - SORE

Terlihat set film dengan sutradara, crew, dan pemain standby.

 

TIMO

Kamera?

 

KAMERAMEN

Roll!

 

TIMO

Action!

  

Aldo memukuli Oji. Ia tergeletak di lantai, ditendangi oleh para figuran.

 

TIMO

Lebih keras! Totalitas!

 

Para figuran semakin semangat menendangi Oji.


Cut To 


25. INT. LOKASI SUTING FILM ACTION - SORE

Oji menekan pinggangnya dengan bungkusan es batu.

ALDO

Keren, bro! Om Soni nggak salah milih lo!

 

OJI

(Meringis)

Makasih, Bang.

 

ALDO

Kalau nggak ada figuran yang kuat kaya lo, aktor kaya aku ini ngga bisa total.

 

OJI

(Mengangguk, menahan nyeri)

 

ALDO

Elo punya ilmu kebal, bro?

 

OJI

Nggak, bang. Kalau punya, nggak bakal biru gini juga.

 

ALDO

Oh, iya. Biasa itu bro, namanya film action. Aku dulu sampai muntah-muntah!

 

OJI

Adegan dipukulin, Bang?

 

ALDO

Mabuk darat! Jalan ke lokasi bulak-belok. Pusing aku!

 

SONI

Mas Oji, jangan lupa besok jam delapan udah standby.

 

ALDO

Beneran jam delapan, Om? Tadi saya nyampe sini jam tujuh pagi, baru digebukin jam empat sore.

 

SONI

(Menepuk bahu Oji)

Mas Oji. Itu hal biasa buat figuran. Saya dulu tiga hari sebelum scene sudah di lokasi.

 

ALDO

Betul itu, Bro! Kita harus mau nunggu, lah. Terlambat itu haram hukumnya buat figuran. Peribahasanya, lebih baik terlalu cepat satu abad dari pada telat satu frame! Satu frame, bro! Seperdualima detik!

 

OJI

(Ngangguk).

Iya, bang.

 

SONI

(Menyodorkan amplop)

Nih, honor buat hari ini. Tanda tangan di sini.

 

OJI

(Menerima amplop dan menandatangan)

Makasih, Om.

 

SONI

(Mengangguk)

Sampai jumpa besok.


Cut To Black


26. INT. ANGKOT - SORE

Oji duduk di dalam angkot menuju rumah. Ia mengeluarkan amplop dari saku, lalu membukanya.


Cut To


27. INT. KAMAR OJI - MALAM

Oji ngasih uang lima puluh ribu ke Bang Yoyo.

OJI

Makasih Bang Yoyo.

 

BANG YOYO

Sama-sama, Ji. Balik, Mak!

 

EMAK

Iya, Yo. Makasih!

(Melihat Bang Yoyo sampai hilang)

Jadi inget bapak lu. Kalau minta panggilin si Yoyo buat ngurut berarti buku laku banyak.

(Melihat badan Oji dari belakang, merautkan prihatin)

Diurut lima puluh ribu. Ongkos bulak-balik dua puluh ribu. Sisa tiga puluh ribu. Emang segitu honor babak belur di negara kite?

 

OJI

Yah, namanya juga mengawali karir, Mak.

 

EMAK

Mengawali karir sih mengawali karir. Kalau badan lu ancur mau gimana ngelanjutin karir? Udah, mending lu nggak usah ngelanjutin dah kalau cuma jadi sasaran amuk massa.

 

OJI

Ya elah, Mak. Itu tadi cuma salah nendang aja figuran yang laennya. Terlalu semangat. Lagi pula kan perannya bukan jadi penjahat, tapi korban dari orang jahat. Jadi Oji nggak melanggar aturan dari emak.

 

EMAK

Korban orang jahat kan harusnya jagoan! Di film-film kan gitu.

 

OJI

Ya jagoan beda lagi, Mak. Oji kan figuran, bukan jagoan.

 

EMAK

Besok dipukulin lagi?

 

OJI

Iya, Mak. Tapi nggak dikeroyok, kok!


Transisi Cross Disolve


28. INT. LOKASI SUTING FILM ACTION 

Terlihat set film, sutradara, crew, dan pemain stanby

TIMO

Kamera?

 

KAMERAMEN

Rolling!

 

TIMO

Action!

 

ALDO 

(Mendobrak pintu)

Nina!

 

Oji datang mencegat Aldo lalu berusaha memukulnya. 

OJI

(Memukul)

Ciyaaat! 

Aldo menangkis pukulan Oji, menendang perut lalu membantingnya.


Transisi Cross Disolve


29. EXT. BELAKANG SET FILM ACTIOIN - MALAM 

Terlihat Oji dan lima figuran lain duduk di belakang set. Soni datang mendekati para figuran, membagikan amplop.

FIGURAN 1

Makasih, Om.

 

FIGURAN 2

Makasih, Pak Soni.

 

SONI

Keren, Mas Oji!

(Memberi amplop) 

Nih! Jaga kesehatan. Kamu masih ada sekali main lagi.

 

OJI

Siap, Om. Makasih.

 

Soni pergi menjauh.

Oji melihat Figuran 1 & Figuran 2 sedang mengobrol dan menggeser duduknya untuk mendekat. 

OJI

Dapet berapa, bro?

 

FIGURAN 1

Tiga ratus, bro. Elo?

 

OJI

Di bawah lo.

 

FIGURAN 1

Film pertama?

 

OJI

Iya. Elo udah sering?

 

FIGURAN 1

Lumayan, bro. Tiga tahun. Gue juga segitu kok bro di tahun pertama.

 

OJI

Oh.

 

FIGURAN 2

Kalau mau dapat lebih, jangan cuma main satu film bro.

 

FIGURAN 1

Coba aja minta film lain ke Pak Soni, bro. Kali aja ada lagi yang cocok sama rate lo.

 

OJI

Oh, siap, bro. Tengkyu infonya.

 

Figuran 1 & Figuran 2 kembali berbincang.


Cut To Black 

  

30. INT. PENDOPO RUMAH SONI - MALAM 

Terlihat pendopo dengan penerangan temaram.

Soni berhenti mengetik dengan laptopnya, lalu berpaling ke Oji.

Suara printer mulai berbunyi.

 

SONI

Sori, Mas Oji, saya mesti atur jadwal anak-anak dulu soalnya.

 

OJI

Nggak apa, Om. Saya maklum.

 

SONI

Jadi gimana?

 

OJI

Saya mau minta peran lain, Om.

 

SONI

Peran lain? Kamu nggak kuat di film sekarang?

 

OJI

Kuat, Om. Butuh tambahan.

 

SONI

(Berpikir, mengingat-ngingat)

Kamu yakin kuat ambil peran lain?

 

OJI

Asal bukan action lagi, Om. Setidaknya, jangan dipukulin lagi. Masa di film satu dipukulin, di film satu lagi dipukulin juga. Udah kaya samsak saya.

 

SONI

(Tersenyum tipis menghargai usaha melucu Oji)

Hmmm … Bukan, sih. Oke maksud Om bukan kuat, tapi berani. Apa kamu berani?

 

OJI

(Raut tegang penasaran)

Emang jadi apa, Om?

 

SONI

(Raut serius)

Ada satu film horror yang lagu on going. Butuh figuran. Anak-anak nggak ada yang mau ambil.

 

OJI

Kenapa, Om? Honornya kecil?

 

SONI

Bukan, bukan. Lima kali lipat dari bayaran kamu sekarang.

 

OJI

(Raut tergiur)

Saya ambil, Om!

 

SONI

Kamu yakin? Ini agak beda, loh. Selain karena horror, scene yang bakal kamu mainin agak sulit.

 

OJI

Memang jadi apa, Om?

 

SONI

Mmm. Jadi setan.


Cut To Black


Suka
Bagikan
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar