Aruna Dalam Rumah
Kategori
Drama
Bagian
9
Suka
0
Favorit
QR Code
Bagikan
Pengenalan
Daftar Bagian
Blurb
Aruna memutuskan untuk pulang ke rumahnya. Ia kira, rumah bisa menjadi tempatnya menyelesaikan skripsi dengan tenang. Tidak ada adik beda satu tahunnya yang selalu membuat kamar berantakan, sehingga ia bisa fokus mengerjakan skripsi di kamar yang bersih. Namun, sejak kepulangannya ke rumah, bukan hanya kamar yang harus ia bersihkan, tapi seluruh isi rumah. Waktu yang seharusnya bisa ia gunakan untuk mengerjakan skripsi, tersita oleh pekerjaan rumah yang seakan tiada henti. Ada lebih banyak yang harus ia bersihkan di rumah dari pada di kamar kos dulu. Ia mulai khawatir dengan skripsinya, terlebih saat ada wabah virus covid-19 yang melanda dunia. Masalah ekonomi dan jarak antara rumah-kampus membuat ia semakin sulit menyelesaikan skripsinya. Apakah pulang ke rumah merupakan keputusan yang salah diambil oleh Aruna?
Premis
Seorang mahasiswi yang berusaha menyelesaikan skripsi di tengah perannya sebagai anak perempuan pertama dan pandemi corona.
Pengenalan Tokoh
Aruna: Memiliki sifat halus/perasa, penakut, dan ceria di hadapan teman-temannya tapi berusaha kuat dan dewasa di depan keluarganya karena merasa itu adalah tuntutan menjadi anak pertama. Aruna juga seorang mahasiswi yang sedang menyelesaikan skripsi, ia tidak terlalu pintar tapi mau berusaha.

Batari: Adik Aruna yang berbeda umur 1 tahun dengannya. memiliki sifat sedikit keras, cuek, santai, dan lebih berani dari Aruna. Karena sifat cueknya, ia tidak menyadari perasaan Aruna yang sesungguhnya di balik sikap rajin Aruna.

Kana: Adik bungsu Aruna berumur 5 tahun. memiliki sifat ceria, aktif, senang bermain, dan selalu butuh teman untuk bermain. Ia sangat dekat dengan Aruna. Meski baru berumur 5 tahun, Kana memiliki inisiatif yang tinggi dan perhatian akibat sering menonton kartun.

Ibu Hanna: Ibu dari Aruna, Batari, dan Kana. pemilik dari toko roti Ibu Hanna. memiliki sifat polos dan mudah terbawa perasaan. Ia juga sedikit lebih keras terhadap anak pertamanya akibat didikan orang tuanya terhadap dirinya dulu. Ibu Hanna juga memiliki pemikiran yang masih tradisional, tapi berusaha menyesuaikan dengan keadaan jaman sekarang meski kadang masih sulit dilakukannya.

Pak Bardi Bakh: Ayah dari Aruna, Batari, dan Kana. seorang pekerja kantoran yang sibuk, dan seorang Ayah yang kurang interaksi dengan anak-anaknya. memiliki sifat keras dan egois, merasa paling benar karena dia seorang kepala keluarga.

Adnan: Sahabat Aruna sejak di bangku kuliah semester 1. memiliki sifat pintar, peka, dan bijak. Ia pendiam dan kaku di antara orang asing, tapi cukup humoris dan perhatian terhadap sahabat-sahabatnya, khususnya Aruna karena ia memiliki perasaan lebih terhadap Aruna.

Ara: Sahabat Aruna sejak di bangku kuliah semester 1. memiliki sifat cuek, berani, dan apa adanya. Ia juga peka dan peduli terhadap sahabat-sahabatnya, juga pendukung nomor 1 terhadap hubungan Adnan dan Aruna.

Adit: Kekasih Batari. memiliki sifat humoris, santai, bijak, dewasa, dan mengayomi. Ia lebih terlihat seperti kakak untuk Batari meski mereka seumuran.

Sinopsis
Aruna adalah seorang mahasiswi tingkat akhir yang tinggal bersama adiknya, Batari, di sebuah kamar kos dekat kampus. Sudah cukup lama Aruna menahan kekesalannya pada Batari yang tidak bisa menjaga kamar kos tetap rapi dan bersih. Oleh karena itu, alasan mengerjakan skripsi dari rumah dipilihnya untuk bisa berpisah dengan Batari. Aruna pun pulang ke rumahnya yang memiliki jarak satu jam perjalanan kereta api lokal ekonomi dari kampus. Namun, sesampainya di rumah, ia tetap tidak bisa mengerjakan skripsi dengan tenang. Sebagai anak pertama dan memiliki adik bungsu berumur 5 tahun bernama Kana, Aruna harus bisa membantu Ibunya, Hanna, mengurus rumah dan adiknya, karena Hanna juga disibukkan dengan toko roti yang selalu ramai tiap harinya. Bukan hanya waktunya yang tersita oleh pekerjaan rumah, skripsi Aruna juga terhambat karena pandemi covid-19 membuatnya tidak bisa bertemu dengan dosen pembimbing dan tidak bisa juga pergi ke kampus lantaran aktivitas kereta api dihentikan. Kondisi pandemi juga membuat Batari pulang ke rumah. Selain itu, Pak Bardi, ayah Aruna, Batari, dan Kana, yang biasa sibuk bekerja di kantor dari pagi sampai sore, juga harus bekerja dari rumah. Dengan semua anggota keluarga berkumpul di rumah, mental Aruna semakin terasa terganggu karena pekerjaan rumah jadi lebih banyak sementara ia mengerjakannya seorang diri. Ia juga merasa tidak bisa meminta bantuan Batari mengingat bagaimana kesehariannya di kosan dulu. Lama-kelamaan, apa yang dipendamnya selama ini menjadi penyakit untuk mental dan fisiknya. Aruna jatuh sakit, tapi perhatian yang didapat dari keluarganya hanya sekadar kata-kata. Bahkan, belum sampai ia sembuh, pak Bardi dengan keras melampiaskan rasa lelahnya pada Kana, yang membuat Aruna merasa marah dan tidak adil. Selain karena Kana masih kecil dan ia merasakan sendiri bagaimana rasanya mengurus anak kecil, amarah Aruna juga meledak karena selama berbulan-bulan ia menyimpan rasa lelahnya tanpa bisa melampiaskannya di rumah. Aruna hanya bisa melampiaskan semua kekesalan dan rasa lelahnya pada Adnan, sahabat yang selalu ada untuknya. Begitu juga saat hubungannya dengan Pak Bardi merenggang, Adnan adalah orang yang berhasil memberi kekuatan pada Aruna untuk bertemu dan bicara dengan Pak Bardi. Selain Adnan, Batari yang selama ini dihindarinya ternyata menjadi orang yang membantu Aruna meluapkan semua perasaan yang telah dipendamnya. Komunikasi adalah kunci yang harus dipegang semua anggota rumah, agar bisa saling mengerti satu sama lain.
Artikel Untukmu
WINNER Beri Bocoran Album Comeback Melalui Sebuah Poster Bergambar Cahaya
Setelah mengumumkan akan comeback dalam waktu dekat, akhirnya WINNER merilis teaser pertama. Pada 7 Oktober, YG Entertainment meluncurkan poster bertuliskan coming soon untuk boy group asuhannya itu. Nah, gambar poster yang diluncurkan yakni berupa dua ga
Jangan Dekat-Dekat! Para Karakter Ini Suka Bawa Sial, Awas Hidupmu Jadi Berantakan
Ada keberuntungan, ada kesialan. Siapa pun ingin beruntung dan tidak ingin mengalami sial. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak dekat-dekat dengan para karakter berikut ini jika tidak ingin bernasib sial.
Anime Ishuzoku Reviewers Siap Tayang 4 Januari 2020 dengan Total 12 Episode, Simak Staff dan Pemainnya
Manga yang ditulis oleh Amahara dan digambar oleh masha dengan judul Ishuzoku Reviewers(Interspecies Reviewers) diketahui telah mendapatkan adaptasi anime oleh studio Passione. Menurut website resmi dari anime ini, penayangannya akan dijadwalkan sebanyak
Fakta-Fakta Yang Belum Kamu Tahu Tentang Gaara Sang Kazekage Ke-5,
Awal kemunculannya adalah sebagai pembunuh berdarah dingin, siapa sangka anak berambut merah ini bisa menjadi Kazekage.
Sudah Cakep Sejak Kecil, Berikut Ini Paras Cantik dan Tampan Personel BBB
Grup musik BBB memang sudah jarang manggung, tapi mereka juga sering habiskan waktu bersama