Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Baru Tahu! Sebelum Ada Dufan, Ini Taman Rekreasi Pertama di Jakarta

Baru Tahu Sebelum Ada Dufan Ini Taman Rekreasi Pertama di Jakarta

INDOZONE.ID - Senayan Park yang berada di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat, setelah pasca pandemi Covid-19 tampak makin ramai dikunjungi oleh anak muda Jakarta.

Senayan Park yang dibuka tahun 2020 lalu, dahulunya merupakan bekas Taman Ria Senayan yang dialih fungsikan sebagai pusat perbelanjaan.

Pada 1970, Taman Ria dibangun atas ide Rukun Ibu Ampera Pembangunan (RIA Pembangunan) yang dipimpin oleh Tien Soeharto.

senayan parkSenayan Park. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Pada masa itu, Tien Soeharto prihatin dengan kondisi kenakalan remaja yang sangat mengkhawatirkan. Lalu untuk menanggulanginya, dibuat lah tempat untuk mengalihkan remaja pada hal-hal yang positif.

Setelah diresmikan oleh Tien Soeharto, Taman Ria ini menjadi tempat rekreasi pertama yang ada di Jakarta jauh sebelum adanya Dufan di Ancol Jakarta Utara.

senayan parkSenayan Park. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Sekitar tahun 90-an, Taman Ria menjadi lokasi wisata strategis di pusat Kota Jakarta dengan berbagai wahananya yang menarik, seperti Kincir Ria, berupa roda besar yang berputar sehingga bisa melihat keindahan ibukota dengan lampu kelap kelipnya di malam hari dan wahana menegangkan seperti roller coaster.

Selain menjadi taman rekreasi populer pada jamannya, taman ini juga menjadi paru-paru kota karena dikelilingi pepohonan rimbun dan danau, Taman Ria juga menjadi tempat legendaris bagi kelompok lawak Srimulat yang rutin tampil di setiap akhir pekan.

Taman Ria juga menjadi inspirasi bagi raja dangdut Rhoma Irama dalam menciptakan lagu Terajana.Terselip kata-kata dalam lirik lagunya, "Pernah aku melihat musik di Taman Ria".

Kembali ke masa kini, Taman Ria yang sekarang menjadi Senayan Park diubah menjadi pusat perbelanjaan dengan luas 11 hektare dan danau seluas 6 hektare.

Banyak para remaja ibukota dan eksmud yang berkunjung ke Senayan Park untuk sekadar melepas penat di akhir pekan dengan berbelanja, nongkrong ataupun bermain wahana. 

Artikel menarik lainnya: 


Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z CreatorsZ Creators

Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar