Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Makam Bathoro Katong Selalui Ramai Peziarah Saat Pileg hingga Pilpres, Kenapa?

Makam Bathoro Katong Selalui Ramai Peziarah Saat Pileg hingga Pilpres Kenapa

INDOZONE.ID - Grebeg Suro merupakan tradisi budaya tahunan masyarakat Ponorogo yang berwujud pesta rakyat. Ada banyak acara sosial dan budaya yang digelar seperti Festival Nasional Reog Ponorogo, Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka, dan Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel.

Secara historis, Grebeg Suro merupakan kebiasaan masyarakat di Kabupaten Ponorogo setiap pergantian tahun dalam kalender Jawa atau terkenal dengan sebutan malam 1 Suro.

Nah, selain pesta rakyat, saat Grebeg Suro pejabat daerah di Kabupaten Ponorogo wajib berziarah ke makam Bathoro Katong, seorang putra Raja Brawijaya ke V. 

Siapa Bathoro Katong?

Bathoro Katong sendiri adalah pendiri Kabupaten Ponorogo serta penyebar agama Islam di Bumi Reog. 

bathoro katongGapura makam Bathoro Katong (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Makamnya berada di dalam komplek permakaman yang ditandai dengan sebuah gapura besar. Untuk sampai ke makam, kamu harus masuk ke dalamnya dan melewati sebuah TK dan Madrasah Ibtidaiyah, serta Masjid Jami Bathoro Katong. Komplek permakaman berada di sisi timur masjid dan selalu terkunci.

bathoro katongKomplek makam Bathoro Katong (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Tim Z Creators, Pramita Kusumaningrum sempat berkunjung ke sana dan berbincang dengan sang juru kunci bernama Mukim Raharjo. Menurut Mukim, belum lama banyak pejabat datang ke makam ini.

"Ini tadi habis ada bupati dan pemerintah ke sini. Mereka ziarah makam. Kan (satu) Suro," ujar Mukim sembari bercerita.

makam bathoro katongPeziarah di makam Bathoro Katong (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Selain momen Grebeg Suro, rupanya makam Bhatoro Katong juga selalu ramai peziarah yang ingin meminta “restu”. Para peziarahnya bukan cuma orang biasa. Para politikus dari tingkat kabupaten hingga orang dekat atau tim sukses calon presiden juga sering datang ke makam Bathoro Katong. 

bathoro katongMakam Bathoro Katong yang dikeramatkan (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Misalnya jelang pemilu legislatif, pemilihan bupati, hingga gubernur. Calon legislatif atau utusannya datang ke makam Bathoro Katong untuk meminta kemenangan. 

"Untuk pilpres memang belum ada langsung. Tetapi orang-orang dekat atau tim sukses pasti ke sini," terang Mukim. 

Terlebih, pada calon Bupati Ponorogo. Mereka seolah wajib melakukan ziarah ke makam Bathoro Katong. 

Terkait mitos kenaikan pangkat atau bisa mengabulkan keinginan, Mukmin menjelaskan bahwa kepercayaan itu ada sejak lama dan terus dipercaya sampai sekarang.

"Jadi memang faktanya jika berdoa dengan baik bakal dikabulkan. Insya Allah doa yg diterima oleh Allah juga beliau (Eyang Bathoro Katong) bukan doa kita. Itu sudah fakta dan menjadi kenyataan. Insya Allah asal tujuannya baik," jelasnya. 

makam bathoro katongArea makam Bathoro Katong (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Mukim menambahkan, peziarah yang datang dengan membawa bunga sebagiknya hanya membawa mawar, kenangan dan kanthil, namun lebih baik lagi hanya membawa bunga melati saja. 

"Jangan bunga pandan ya. Dalam mendirikan Kabupaten Ponorogo saat itu perang dengan Suryo Ngalam kalah. Karena Suryo Ngalam sembunyi di pohon pandan," pungkasnya.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z CreatorsZ Creators


Sumber: indozone.id
0
0 none
Re-Kwik
Bagikan
Komentar